Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
bentuk kalender

Menjelang tahun baru, kebutuhan kalender meningkat baik untuk kebutuhan pribadi, kantor, hingga kebutuhan merchandise. Saat memesan kalender tentunya desain, bentuk, serta ukuran menjadi hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut bisa menjadi faktor keputusan konsumen untuk membeli kalender untuk keperluan promosi, branding, maupun pribadi. Kalender tidak hanya berfungsi sebagai penanggalan tetapi juga bisa berfungsi sebagai media promosi. 

 

Pengertian Kalender

Sistem nama pada periode tertentu seperti hari dan tanggal disebut dengan kalender. Sedangkan menurut KBBI kalender adalah daftar hari dan bulan dalam setahun. Kalender bisa menjadi patokan Anda dalam mengatur jadwal harian Anda. Selain menjadi acuan penjadwalan, kalender juga bisa menjadi dekorasi meja kamar, promosi, hingga merchandise. Agar kalender lebih terlihat menarik, Anda bisa menambahkan logo serta ilustrasi atau gambar dari produk atau jasa yang Anda jual. 

Macam – Macam Kalender Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Harga, desain, hingga bentuk kalender merupakan faktor yang dipertimbangkan masyarakat saat memutuskan untuk membeli atau mencetak kalender. Harga kalender dipengaruhi oleh desain serta bentuk yang dipilih. Sebelum Anda mencetak atau membeli kalender, Anda perlu mengetahui macam-macam bentuk kalender di bawah ini.

1. Kalender Duduk atau Meja

kalender meja
Kalender Meja/Duduk

Seperti namanya yaitu kalender duduk atau meja, jenis kalender ini memiliki bentuk limas segitiga yang bisa ‘duduk’ di meja. Ukuran kalender ini biasanya tidak begitu besar karena akan diletakkan di meja. Kalender meja ini biasa digunakan sebagai kalender  promosi dengan menggunakan logo, foto produk, atau foto lainnya yang berhubungan dengan perusahaan atau brand Anda. Bahan yang biasanya digunakan sebagai kertas kalender adalah art carton 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, atau kertas BW. Bahan tersebut akan membuat kalender meja lebih kokoh karena menggunakan kertas yang tebal. 

Baca juga: Kalender 2024: Tanggal Merah, Hari Libur, dan Cuti Bersama

2. Kalender Dinding 

a. Kalender Dinding Per Bulan 

kalender dinding per bulan
Kalender Dinding Per Bulan

Variasi kalender dinding ada dalam berbagai ukuran serta isi dari kalender tersebut. Salah satunya adalah kalender dinding per bulan. Maksudnya adalah kalender jenis ini setiap lembarannya berisi tanggalan selama satu bulan dan dipasang di dinding. Oleh karena itu, jenis kalender ini memiliki 12 lembar halaman lebih jika dihitung dengan cover bagian depannya. Jenis kalender ini biasanya akan di desain menggunakan foto-foto menarik sehingga bisa dijadikan media promosi. 

b. Kalender Dinding Beberapa Bulan

kalender dinding beberapa bulan
Kalender Dinding Beberapa Bulan

Dalam satu lembar kalender dinding ini berisi beberapa bulan. Biasanya dalam satu lembar kalender dinding ini ada 3 atau 4 bulan. Sehingga dalam satu kalender terdapat 3-4 lembar kertas yang setiap lembarnya berisi 3-4 bulan. Banyak juga perusahaan yang memilih menggunakan jenis kalender dinding yang setiap halamannya berisi beberapa bulan.  Jenis kalender biasanya menggunakan finishing jepit kaleng untuk memudahkan kalender untuk digantung. 

c. Kalender Dinding 1 Tahun

Kalender Dinding 1 Tahun

Selain kalender dinding yang satu halaman berisi satu bulan, 3 bulan, atau 4 bulan, ada juga kalender dinding yang memuat 12 bulan dalam satu halaman. Bentuk kalender ini yang paling diminati karena bentuknya yang simpel, ringkas, dan juga harganya yang terjangkau. 

3. Kalender Poster

Kalender Poster

Bentuk dan tampilannya mirip dengan kalender dinding 1 tahun. Dalam satu halaman kalender poster memuat penanggalan dalam satu tahun. Hal yang membedakan adalah di bagian finishing. Jika kalender dinding menggunakan finishing spiral atau jepit kaleng, sedangkan kalender poster menggunakan selotip untuk menempelkannya misalnya pada dinding atau lemari.

Baca juga: 6 Jenis Kalender yang Ada di Indonesia!

Ketiga kalender di atas adalah bentuk kalender yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan bentuk kalender yang bermacam-macam, misalnya kalender yang ada pada buku agenda atau bentuk lainnya. Sebuah kalender juga bisa menjadi media promosi, oleh karena itu, untuk pemesanan kalender custom baik ukuran, desain, finishing, serta bentuk kalender, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp dengan klik link ini atau klik tombol di bawah ini

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist