Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
gramatur kertas - upklyak

Gramatur kertas sangat penting untuk diketahui dalam dunia percetakan. Percetakan tidak bisa lepas hubungannya dengan kertas karena menjadi media yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu, mengetahui gramatur kertas sangat penting agar tidak ada kesalahan cetak dan hasil cetak tidak mengecewakan. Lalu, apa itu gramatur kertas? Apa saja jenis-jenis gramatur kertas?

 

Pengertian Gramatur Kertas

Istilah yang digunakan untuk menunjukkan berat sebuah kertas disebut gramatur. Satuan yang digunakan untuk mengukur adalah g/m2 yang dibaca gram per square meter. Adanya gramatur pada kertas, membuat Anda dapat membedakan kertas yang sama jenisnya menjadi lebih mudah. Semakin besar angka gramatur atau GSM akan semakin tebal pula kertas tersebut.

 

Jenis-Jenis Gramatur Kertas

60, 70, 80, 100 gsm

Kertas yang memiliki gramatur di angka 60, 70, 80, dan 100 gsm biasanya adalah jenis kertas HVS dan HPL . Kertas HPL adalah kertas yang mirip dengan HVS hanya saja kertas HPL memiliki banyak pilihan warna yaitu kuning, biru, hijau, dan merah muda. 

Jenis kertas dengan ketebalan kertas sebesar ini biasanya digunakan untuk cetak amplop, dokumen, dan produk lainnya yang tidak membutuhkan kertas dengan gsm yang besar. Selain itu, untuk kertas HVS dengan 60 gsm biasanya digunakan sebagai lembar jawaban untuk ujian sekolah. 

 

120-160 gsm

Kertas yang mempunyai gramasi di antara 120-160 gsm ada lima jenis yaitu art paper, matte paper, concorde, coronado, dan brief card. Art paper dan matte paper memiliki gramasi kertas di antara 120 gsm dan 150 gsm. Kertas concorde dan coronado hanya mempunyai satu jenis gramasi yaitu kertas coronado di 118 gsm dan kertas concorde di 120 gsm. Untuk jenis kertas brief card memiliki gramasi 150 gsm dan 160 gsm. Lima jenis kertas ini biasanya digunakan untuk majalah, brosur, dan lainnya. 

 

Baca: Pakai Merchandise Ini Buat Promosi, Yuk!

 

190-260 gsm

Ada 6 jenis kertas yang termasuk dalam jenis gramasi 190-260 gsm yaitu art paper, art carton, concorde, coronado, blues card, dan brief card. Art paper dan art carton memiliki gramasi kertas 210 gsm, 230 gsm, dan 260 gsm. Kertas concorde, coronado, blues card, dan brief card hanya memiliki satu gramasi kertas di jenis ini yaitu kertas concorde 220 gsm, coronado 216 gsm, blues card 250 gsm, dan brief card 210 gsm. Kertas-kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak map, undangan, sertifikat, poster, kartu nama, dan cover buku.

 

270-310 gsm

Kertas coronado dan art carton masuk ke dalam jenis gramasi 270-310 gsm. Kertas coronado mempunyai gramasi 270 gsm dan art carton 310 gsm. Dua jenis kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak undangan, poster, kartu nama, dan cover buku.

 

350-500 gsm

Art carton, ivory, dan duplex yang memiliki gramasi cukup besar di angka 350-500 gsm sehingga biasanya digunakan untuk kebutuhan packaging. Dengan gramasi 350-500 gsm membuat kertas yang masuk dalam jenis ini mempunyai karakteristik yang kaku dan kokoh. 

 

Baca: Jenis Bahan Kalender! Supaya Kamu Ga Salah Pilih Bahan

 

Setelah ini Anda tidak perlu bingung lagi mengenai ketebalan kertas yang cocok untuk produk cetak yang Anda inginkan. Ketebalan kertas yang Cipta Grafika pakai di setiap produknya sudah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya. Yuk, pesan kebutuhan produk cetak Anda di Cipta Grafika!

Tagged

3 Responses

  1. […] tulisan maupun gambar secara massal dengan melibatkan pembubuhan tinta pada media cetak seperti kertas dengan menggunakan mesin cetak.  Penggambaran proses cetak bisa digambarkan dengan tinta yang […]

  2. […] alasan pembagian kupon. Bahan untuk mencetak kupon biasanya menggunakan bahan HVS atau art paper. Gramasi yang biasa digunakan sekitar 70-120 gsm. Untuk ukuran kupon biasanya bervariasi tergantung […]

  3. […] kertas atau gramasi kertas art paper memiliki banyak variasi sehingga bisa memenuhi berbagai kebutuhan cetak seperti […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist