Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

branding bisnis

Branding sangat penting bagi perusahaan karena ketika sebuah perusahaan memiliki branding yang kuat akan sangat mudah mengidentifikasi mereka. Dengan kata lain sebuah branding bisa juga menjadi sebuah ciri khas dari sebuah brand. Pentingnya untuk membangun branding sekarang ini adalah untuk bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya. Saat branding sudah cukup kuat, Anda tidak perlu takut untuk kehilangan banyak customer karena brand yang mereka kenal adalah brand Anda. 

 

Branding Adalah

Branding adalah sebuah bentuk pemasaran dengan cara menciptakan sebuah perspektif dari masyarakat tentang brand melalui sebuah rancangan nama, logo, desain, dan lainnya dengan tujuan untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah brand. Sedangkan, brand selalu berkaitan dengan identitas baik personal, produk, maupun tempat. Hal-hal yang masuk ke dalam brand adalah nama desain, simbol, dan karakteristik dari sebuah produk/jasa dan membuat mereka menjadi beda dari yang lain. Untuk sebuah perusahaan, ini tidak hanya tentang sebuah merek tapi juga sebuah image perusahaan dan juga kredibilitas perusahaan secara menyeluruh. 

 

Unsur-unsur Branding

1. Nama 

Nama untuk merek sebuah produk/jasa sangat penting untuk branding karena sebagai identitas untuk memudahkan masyarakat untuk mengenali produk/jasa Anda. 

 

2. Visi dan Misi

Memiliki sebuah visi dan misi sangat penting untuk sebuah perusahaan karena dua hal ini merupakan fondasi dari brand Anda. Anda bisa mengartikan visi sebagai tujuan jangka panjang brand Anda serta misi sebagai solusi untuk masalah yang ingin Anda pecahkan melalui brand Anda.

 

3. Logo

Buat logo yang dapat membekas di ingatan target pasar Anda tanpa menghilangkan identitas perusahaan. Anda perlu ingat bahwa logo adalah sebuah wajah dari sebuah brand. 

 

4. Kata-kata

Menggunakan kata-kata yang cerdas bisa meninggalkan kesan mendalam. Gunakan kata yang memiliki unsur ceria, positif, unik, dan beda dari yang lain.

 

Baca juga: Kenalan Dengan Sensory Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnismu!

 

Manfaat Branding Pada Bisnis

Branding sangat penting bagi perusahaan karena memberikan banyak manfaat pada perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat branding untuk sebuah perusahaan. 

  • Dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand.
  • Bisa menjadi pembeda dari brand lainnya.
  • Memberikan sebuah daya tarik untuk konsumen.
  • Menjadi sebuah peluang untuk sebuah perusahaan untuk membuat diferensiasi produk.

 

Tujuan Branding Pada Bisnis

Selain manfaat, memiliki branding pada bisnis juga mempunyai tujuan. Tujuan dari branding pada sebuah bisnis adalah sebagai berikut.

  • Untuk membedakan brand Anda dengan kompetitor lainnya.
  • Membangun citra untuk brand Anda sehingga mudah diingat.
  • Untuk membentuk persepsi masyarakat yang baik terhadap brand Anda.
  • Membangun rasa percaya masyarakat terhadap brand Anda.
  • Untuk membuat pelanggan loyal dengan brand Anda.

 

Baca juga: Pengaruh Packaging Terhadap Nilai Jual Produk

 

Jenis Branding Bisnis

1. Product Branding

Product branding adalah pemberian identitas pada sebuah produk agar masyarakat lebih memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing. Jenis branding ini lebih mendorong konsumen untuk memilih produk Anda daripada pesaing. Elemen penting dari product branding adalah produk itu sendiri. 

 

2. Personal Branding

Personal branding adalah cara seseorang untuk mempromosikan dirinya kepada orang lain sehingga dapat membentuk sebuah persepsi yang nantinya akan berguna untuk kepentingan karir masa depan maupun di masyarakat. Dengan memiliki personal branding, Anda bisa membangun koneksi dan bisa membuat orang lain percaya dengan kemampuan Anda karena kredibilitas Anda.  

 

3. Corporate Branding

Corporate branding adalah sebuah identitas atau citra perusahaan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah perusahaan. jenis branding ini menggunakan merek atau nama perusahaan dalam upaya pemasarannya. Aspek-aspek yang perlu Anda perhatikan dalam corporate branding adalah logo, tagline, visi dan misi, website, iklan, kredibilitas, pelayanan, marketing, dan lainnya. 

 

4. Destination Branding

Destination branding adalah sebuah identitas yang menggunakan nama sebuah tempat pada sebuah produk dan jasa. Jenis branding bertujuan untuk  mengenalkan produk/jasa ketika sebuah nama tempat disebutkan oleh seseorang. Biasanya untuk mempromosikan wilayah untuk kebutuhan pariwisata atau bisnis. 

 

5. Cultural Branding

Jenis branding lainnya adalah cultural branding. Cultural branding adalah pemberian identitas yang disesuaikan dengan keadaaan budaya, reputasi, kebiasaan, dan lokasi di daerah tertentu.  

 

6. Geographical Branding

Geographical branding adalah sebuah branding yang menonjolkan keindahan atau keunikan dari suatu wilayah. Biasanya digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. 

 

7. Co-Branding

Co-branding adalah sebuah kolaborasi dari dua atau lebih brand untuk lebih menarik minat dari seluruh bisnis yang terlibat. Dengan begitu jangkauan konsumen menjadi lebih luas. 

 

8. Digital Branding

Digital branding adalah sebuah cara untuk membingkai branding secara digital bisa melalui website, media sosial, dan lainnya. Di era digital saat ini penting sekali untuk melakukan digital branding apalagi untuk Anda yang berbisnis online. hal ini karena digital branding adalah identitas merek baik produk/jasa secara online. 

 

Baca juga: 5 Tips Ini Bisa Bikin Jualan Online Kamu Laris!

 

Branding pada bisnis sangat penting karena dapat memberikan berbagai manfaat pada bisnis. Jangan lupakan juga tentang unsur-unsur apa saja yang ada pada branding serta jenis branding apa yang ingin Anda tunjukkan pada banyak orang. Dengan adanya branding yang kuat pada sebuah bisnis atau perusahaan dapat membuat brand dapat dengan mudah untuk diidentifikasi.

Jadi, jangan lupakan branding pada bisnis Anda!

Tagged

One Response

  1. […] agar penggunaannya bisa untuk apa saja, misalnya kartu nama, banner, kop surat, dan lainnya. Contoh brand yang menggunakan logotype adalah Lego dan […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist