Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

branding low budget

Melansir dari yoast, branding adalah tentang bagaimana membuat orang-orang untuk terhubung dengan perusahaan dan juga produk Anda. Selain itu, dengan branding juga dapat membuat merek Anda lebih identik dengan layanan tertentu. Proyek branding sendiri merupakan sebuah proyek yang yang akan panjang dan cukup sulit dan kemungkinan berpotensi akan membebani pendapatan Anda. Oleh karena itu, biasanya kegiatan branding ini sering dikaitkan dengan banyaknya budget yang dikeluarkan dalam proses pemasaran serta promosi

Tetapi, branding tidak melulu mengeluarkan budget yang banyak, tetapi juga bisa dengan budget minim, lho. Tidak hanya brand besar, sebagai brand lokal atau UMKM pun branding penting sekali karena bisa menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah merek dan produk. Dengan memiliki branding yang kuat akan membuat merek Anda selalu ada di benak konsumen ketika memikirkan sebuah produk. Sebuah branding yang kuat adalah ketika sebuah merek dapat mencerminkan brand atau perusahaan tersebut serta dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata konsumen. 

Bagi pengusaha kecil seperti UMKM, biasanya tujuan utama mereka ketika memulai bisnis adalah agar dapat menetapkan nama merek brand mereka di bidangnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan budget minim. Salah satunya adalah dengan menggunakan stiker. Dalam sebuah stiker biasanya memuat banyak informasi. Misalnya seperti nama brand, logo, hingga tagline. Hanya dengan stiker Anda sudah bisa melakukan low budget branding. 

Meski begitu, agar lebih maksimal dalam hal branding, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar lebih bisa memaksimalkan branding dengan stiker. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

 

Baca juga: Psikologi Warna Untuk Branding Bisnis

 

Branding low budget

Komunikasikan Brand Value Anda

Anda perlu memikirkan tentang bagaimana Anda sebagai sebuah brand ingin berkomunikasi kepada banyak orang. Ketika Anda dapat mengkomunikasikan brand value dengan jelas dan konsisten, akan membuat pemasaran brand terasa lebih mudah bahkan dengan anggaran yang terbatas. Setelah tahu apa yang ingin Anda komunikasikan pada banyak orang, Anda bisa merangkainya menjadi sebuah tagline. Tindakan serta produk yang akan Anda jual harus berkaitan dengan tagline yang sudah Anda buat, bahkan sebenarnya harus berdasarkan dari tagline tersebut. Sebuah tagline sudah bisa merangkum bisnis Anda karena dapat mengkomunikasikan brand value Anda.

 

Logo

Logo menjadi satu bagian yang penting dalam sebuah branding. Anda perlu ingat bahwa saat Anda membuat desain logo, logo tersebut akan ada untuk waktu yang lama. Logo memang bisa diubah nantinya, tapi bukan berarti Anda tidak memikirkan logo dengan baik. Jangan gunakan prinsip ‘hanya’ menambahkan logo pada brand Anda. Tetapi, pikirkan bagaimana logo tersebut bisa lebih menonjol daripada logo lainnya. Yoast mengatakan, coba buat logo lalu cetak dan tempelkan di kulkas selama seminggu atau lebih. Jika merasa terganggu, buat ulang kembali logonya. Tidak merasa bahwa logo tersebut dengan brand value Anda? Buat ulang kembali logo tersebut.  Yoast juga menambahkan kalau mendesain logo adalah hal yang paling mahal yang dilakukan dalam branding dengan anggaran yang rendah.  

 

Nama Brand

Nama menjadi hal pertama yang Anda lihat pada sebuah produk. Oleh karena itu, penting untuk memiliki nama brand yang kuat dan mudah dikenali. Tidak harus selalu yang susah, ribet, dan asing karena yang penting adalah nama tersebut bisa diingat dan khas. Jadi, pilihlah nama untuk brand Anda dengan bijaksana. Nama  dari sebuah bisnis diharapkan dapat menyampaikan apa yang dilakukan bisnis Anda, manfaatnya, serta emosi apa yang ditimbulkan. Mau dalam format apapun nama untuk sebuah branding perlu menonjol, misalnya saat berukuran besar untuk billboard atau banner, atau berukuran kecil untuk foto profil media sosial. Nama yang Anda pilih harus mudah untuk diingat serta diketik sehingga mudah saat mencari secara online. Jika Anda ingin membuat website, nama domain pada situs web Anda usahakan harus sedekat mungkin dengan nama bisnis Anda. 

 

Baca juga: Biar Produkmu Cepat Laku, Ini Dia Cara Berjualan yang Tepat!

 

Tidak hanya branding untuk diri sendiri yang penting, tetapi branding untuk merek atau produk Anda juga penting. Tidak harus dengan biaya yang mahal, tetapi dengan low budget pun bisa misalnya dengan menggunakan stiker. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan hal-hal di atas agar bisa memaksimalkan penggunaan stiker. Anda bisa memesan stiker chromo, vinyl, hingga stiker transparan dari berbagai macam bahan, cutting, serta laminasi di website Cipta Grafika dimana saja dan kapanpun.

Yuk, order stiker sekarang agar bisa mulai branding!

Tagged

3 Responses

  1. […] Baca juga: Branding Low Budget? Bisa! Pakai Stiker Label Aja! […]

  2. […] kompetitor. Berikut ini adalah penjelasan tentang brand positioning, jenisnya, serta apa manfaatnya brand […]

  3. […] Baca juga: Branding Low Budget? Bisa! Pakai Stiker Label Aja! […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist