Cipta Grafika

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
Istiana (customer service)

(+62) 877 0088 0463

jualan online

Jualan online dapat menjangkau lebih banyak orang. Dengan berjualan secara online, pelanggan bisa datang dari siapa saja dan di mana saja. Melansir dari Shopify, ada banyak hal yang perlu dilakukan antara mencari ide dan menghasilkan uang penuh waktu dari bisnis online. Oleh karena itu, berikut ini adalah lima tips jualan online yang bisa Anda gunakan agar jualan online Anda laris. 

 

Tips Jualan Online Biar Laris

Riset Kompetitor

Berjualan secara online pun perlu melakukan riset. Dengan melakukan riset kompetitor, Anda dapat mengetahui apa yang membedakan produk Anda dengan kompetitor. Mengapa perlu mengetahui pembeda? Banyak pengusaha di bidang yang sama. Jika Anda tidak memiliki pembeda, tidak ada alasan bagi customer untuk memilih produk Anda di antara ratusan bahkan ribuan penjual produk yang sama. 

Riset kompetitor bisa membuat Anda tahu strategi serta audiens dari kompetitor, sehingga Anda bisa menerapkannya di bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dari kompetitor Anda. Hal ini nantinya bisa Anda jadikan sebagai kelebihan pada produk Anda. Dengan mengetahui kekurangan dari kompetitor Anda, Anda juga bisa mengevaluasi ide yang sudah ada. Ide ini bisa Anda perbaiki lagi sehingga nantinya produk Anda bisa menjawab kekurangan dari produk kompetitor tanpa menghilangkan kelebihannya. Ide ini nantinya bisa Anda masukkan ke dalam rencana bisnis Anda. 

 

Cari Tahu Target Market

Berjualan online memang bisa menjual produk kepada siapa saja dan dimana saja, tetapi mempunyai target market kepada siapa Anda ingin menjual produk Anda pun penting. Berjualan tanpa memiliki target market seperti orang yang tersesat tidak tahu arah. Dengan memiliki target market Anda akan tahu perencanaan bisnis Anda kedepannya bagaimana. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui target market seperti survei pelanggan dengan menggunakan Google form atau menggunakan buyer persona. 

 

Baca juga: Tips Agar Produk Mahal Tetap Laku!

 

Buka Toko Online

Masyarakat saat ini lebih memilih berbelanja online dibandingkan dengan datang langsung ke toko. Berbelanja secara online lebih mudah, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tak lengkap rasanya jika berjualan online tanpa memiliki toko online itu sendiri. Saat ini membuka toko online tidak melulu tentang website. Anda bisa membuka toko online di e-commerce yang menyediakan sebuah platform untuk melakukan transaksi jual beli. Membuat akun toko di e-commerce sangat mudah dan yang terpenting adalah GRATIS. Jika Anda ingin tahu lebih lengkapnya Anda bisa membacanya di artikel ini

 

Promosi

Saat Anda berjualan online, promosi yang akan Anda lakukan pun online. Anda bisa melakukan promosi di media sosial untuk menjangkau audiens lebih jauh dengan memposting konten-konten yang berkaitan dengan produk Anda. Anda bisa mengunggah konten gratis ataupun mengiklankan agar semakin banyak audiens yang terjaring. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi dengan Key Opinion Leader (KOL) atau dengan hire influencer yang audiensnya sesuai dengan target market Anda. Selain itu Anda juga bisa menggunakan mengoptimasi Search Engine Optimization (SEO) jika Anda punya blog khusus untuk membahas produk Anda.

 

Improve Service

Untuk membuat pelanggan tetap setia dengan produk Anda, pelayanan harus terus lebih baik dari waktu ke waktu. Selain pelayanan kepada pelanggan, tingkatkan juga skala bisnis Anda dalam rangka untuk terus tetap berinovasi agar pelanggan tidak pindah ke kompetitor.

 

Baca juga: Biar Produkmu Cepat Laku, Ini Dia Cara Berjualan yang Tepat!

 

Berjualan online memang terlihat mudah karena bisa Anda lakukan saat berada di rumah, tetapi berjualan online tetap perlu untuk memperhatikan banyak hal. Berjualan online tidak sekedar memasang produk di situs jual beli online lalu tinggal menunggu pembeli untuk checkout produk Anda. Tetapi, berjualan online pun perlu strategi yang tepat agar produk yang Anda jual laris serta pelanggan akan kembali lagi, lagi, dan lagi pada produk Anda.

Tagged

2 Responses

  1. […] Baca juga: 5 Tips Ini Bisa Bikin Jualan Online Kamu Laris! […]

  2. […] Baca juga: 5 Tips Ini Bisa Bikin Jualan Online Kamu Laris! […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist