Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

tips produktif saat puasa

Sebagai orang yang sudah memiliki banyak tanggung jawab harus bisa tetap bekerja dalam keadaan apa pun, salah satunya adalah saat puasa. Bekerja pada saat puasa rasanya tidak akan sama dengan biasanya. Pada saat puasa, Anda tidak hanya diharuskan bekerja dalam keadaan puasa menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu dan emosi. Tentunya, kita tidak bisa membohongi diri jika bekerja saat berpuasa akan mempengaruhi stamina dan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Cipta Grafika akan memberikan beberapa tips produktif saat puasa.

 

6 Tips Produktif Saat Puasa

1. Atur Jadwal

Pada saat bulan puasa jadwal tidur akan berubah karena adanya perubahan dalam jam tidur dan bangun. Saat bulan puasa, sebagai muslim perlu untuk bangun pada dini hari untuk melaksanakan sahur. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengatur waktu tidur Anda agar waktu tidur tercukupi. Hal ini perlu untuk dilakukan apalagi untuk Anda yang suka tidur larut malam. Ini dilakukan agar tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk istirahat. 

 

2. Maksimalkan Waktu

Waktu antara sahur dan salat subuh cukup dekat, sehingga sayang jika digunakan untuk tidur kembali. Anda bisa memaksimalkan waktu antara imsak dan sahur dengan memeriksa kembali jadwal apa yang perlu Anda lakukan pada hari itu. Hal yang urgensinya paling tinggi bisa Anda taruh paling awal agar lebih cepat selesai. Setelah salat subuh Anda bisa langsung melakukan aktivitas harian karena dengan begitu Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dari pada biasanya.

 

Baca juga: Ini Manfaat Menulis Jurnal Setiap Hari untuk Kesehatan!

 

3. Porsi Makan Cukup

Pada saat bulan puasa Anda perlu  untuk mencukupi nutrisi asupan hingga porsinya. Porsi makan saat puasa bukan berarti harus banyak, yang terpenting adalah tercukupi tidak lebih dan tidak kurang. Anda bisa memastikan kalau gizi yang ada pada satu porsi makan seimbang. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan asupan suplemen dan vitamin untuk menunjang kebutuhan gizi sehari-hari. 

 

4. Terhidrasi

Saat tubuh kurang terhidrasi akan menurunkan konsentrasi. Secara ideal, rata-rata tubuh manusia memerlukan 8 gelas air untuk satu hari. Biasanya, ketika seseorang mengalami dehidrasi akan membuat dia susah untuk berkonsentrasi karena kelelahan serta kekurangan cairan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memastikan bahwa tubuh Anda sudah cukup terhidrasi saat puasa. Anda bisa melakukan metode 2-2-4, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas air saat malam hari. 

 

5. Power Nap

Selain pada bulan puasa biasanya Anda akan makan siang untuk mengisi kembali energi untuk kembali bekerja. Tetapi, saat bulan puasa hal ini tidak bisa dilakukan untuk  sementara. Saat break istirahat bisa Anda gunakan untuk power nap. Melansir dari hellosehat, power nap adalah tidur siang dengan panjang waktu yang optimal sekitar 20-30 menit yang dapat memberikan manfaat tidur siang secara optimal. 

 

6. Kerjakan yang Penting Dulu

Anda bisa melakukan pekerjaan yang urgensinya lebih penting di pagi hari. Hal ini dikarenakan saat pagi hari Anda masih bisa berkonsentrasi secara optimal. Menjelang siang hingga sore konsentrasi Anda akan mulai menurun. Apa lagi menuju jam buka puasa yang biasanya akan lebih memikirkan akan buka puasa dengan apa dan siapa. Hal inilah yang mendasari mengapa Anda perlu untuk mengatur pekerjaan yang paling penting di awal. 

 

Baca juga: Ini Dia Cara Membuat Terms and Conditions

 

Itu adalah 6 tips produktif saat puasa yang bisa Anda lakukan. Saat bulan puasa bukan menjadi alasan Anda untuk tidak menjadi produktif. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengatur waktu dengan baik karena jam bekerja saat puasa akan sedikit berbeda. 

Tagged

3 Responses

  1. […] Saat bulan Ramadhan kita diharuskan berpuasa di satu bulan penuh. Hal ini membuat para pengusaha yang bergerak di bidang F&B dan biasanya berjualan di pagi hari mungkin tidak akan mendapatkan hasil seperti biasanya. Apalagi untuk UMKM yang memang biasanya berjualan di pagi hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa memulai jualan alternatif lain yang bisa kamu mulai pada bulan puasa ini. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jualan saat Ramadhan atau bulan Puasa. […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist