Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

menulis jurnal untuk kesehatan

Aktivitas menulis jurnal memberikan banyak manfaat untuk Anda, termasuk untuk kesehatan mental Anda. Saat masih kecil, apakah Anda pernah menulis diary? Hal ini sama dengan menulis jurnal. Tidak ada salahnya Anda memulai kembali kebiasaan kecil Anda ini di masa dewasa sekarang. Dengan menulis jurnal, Anda bisa mengekspresikan perasaan Anda dan menangani stress. 

Journaling atau menulis jurnal sendiri adalah sebuah kegiatan menuangkan ide, perasaan, pikiran, serta emosi pada sebuah tulisan, ketikan, maupun, gambar. Selain itu, Anda juga menuliskan impian atau tujuan Anda di masa depan. Berikut ini adalah 7 manfaat menulis jurnal untuk kesehatan mental.

 

7 Manfaat Menulis Jurnal Untuk Kesehatan Mental

1. Mengelola Emosi

Melansir dari klikdokter, dengan melakukan journaling Anda bisa menyalurkan emosi yang terpendam. Dengan begitu kamu bisa menyadari kehadiran emosi-emosi itu, sehingga setelah melakukan journaling Anda jadi tahu apa yang Anda rasakan saat ini. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mencari tahu penyebab dan mencari jalan keluar sehingga Anda dapat mengelola perubahan emosi yang Anda rasakan. 

 

2. Mengenal Diri Sendiri

Dengan melakukan journaling, Anda bisa lebih mengenal diri sendiri. Dengan menuangkan ide, perasaan, pikiran, serta emosi Anda, membuat Anda akan lebih paham tentang kesukaan, hobi, bahkan impian Anda. Selain itu, Anda juga akan lebih paham tentang hal-hal apa yang tidak Anda sukai. Menurut GoodDoctor, Dengan menulis secara rutin seseorang karena memiliki perspektif baru yang nantinya akan membuat orang itu lebih memahami perspektif orang lain. 

 

Baca juga: Jenis Stiker Transparan, Pengertian, dan Metode Cetaknya

 

3. Mendorong Keterbukaan

Melansir dari Halodoc, saat menulis peristiwa yang membuat stress dapat mendorong seseorang untuk mencari dukungan sosial yang perlahan-lahan akan membuat orang tersebut lebih terbuka untuk mengungkapkan emosinya. Hal ini dapat membantu penyembuhan diri secara emosional. 

 

4. Mengekspresikan Perasaan

Cobalah menulis jurnal untuk mengekspresikan perasaan Anda dengan cara yang sehat. Melansir dari Alodokter, dengan menulis jurnal Anda akan lebih terlatih untuk melihat, merasakan, dan mengetahui jenis perasaan apa yang timbul pada diri Anda. Hal ini bisa terjadi karena ketika Anda menulis jurnal, Anda tidak menutupi dan tidak berpura-pura dengan apa yang Anda rasakan. 

 

5. Memperkuat Memori

Saat Anda menulis, secara tidak langsung Anda akan mengingat tentang tulisan apa yang ditulis. Dengan begitu, menulis journal juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga otak agar tetap dalam kondisi baik. Menurut klikdokter, selain untuk memperkuat memori, menulis jurnal juga bisa meningkatkan kapasitas memori kerja yang membuat tingkat proses kognitif bertambah. 

 

6. Dapat Memecahkan Masalah

Dilansir dari GoodDoctor, saat menulis jurnal otak kanan yang akan bekerja dan memegang peran penting dalam intuisi dan kreativitas. Hal ini yang membuat adanya solusi-solusi spontan atau solusi tak terduga yang muncul untuk sebuah masalah yang belum terpecahkan. 

 

7. Membantu Dengan Merenung

Saat sedang stress dan dipenuhi dengan emosi-emosi negatif, kita tidak bisa mengambil keputusan, menilai, serta melihat situasi secara objektif. Halodoc mengatakan bahwa dengan menulis jurnal dapat membantu Anda untuk menciptakan ruang dan jarak untuk merenungkan apa yang terjadi. Dengan begitu Anda bisa memutuskan, menilai, serta melihat situasi lebih objektif. 

 

8. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan menulis jurnal segala peristiwa yang Anda alami, Anda bisa menilik kembali tentang apa saja yang telah Anda lakukan dan apa saja yang sudah kamu capai selama ini. Hal ini bisa membuat Anda lebih merasa percaya diri. Klikdokter berkata bahwa dengan mengekspresikan isi kepala Anda dengan menulis jurnal, Anda bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi Anda.

 

Baca juga: Acara Baby Shower: Pengertian, Persiapan, dan Manfaatnya

 

Tips Memulai Menulis Jurnal

Untuk Anda yang belum pernah menulis jurnal dan ingin mencoba memulai untuk menulis jurnal, berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai menulis jurnal.

  1. Pilih metode menulis jurnal sesuai dengan kenyamanan Anda. Anda bisa memilih menulis, mengetik, merekam suara, menggambar, atau menulis jurnal dengan cara scrapbook.
  2. Mulai dari ungkapkan perasaanmu. Misalnya perasaan yang Anda rasakan di hari itu. 
  3. Jangan pikirkan ejaan, susunan kalimat, dan hal lainnya yang bersifat teori karena ini adalah menulis jurnal untuk mengekspresikan perasaan, emosi, ide, dan pikiran Anda. 
  4. Tulis apa pun yang ingin Anda tulis. Anda bisa memulai dari hal terkecil, seperti tentang peristiwa yang hari itu Anda lewati. 
  5. Tidak perlu menceritakan isi jurnal Anda kepada siapapun.
  6. Coba lakukan hal ini secara rutin hingga menjadi sebuah kebiasaan.
  7. Meski begitu, akan ada hari dimana Anda sedang tidak ingin menulis jurnal. Hal ini tidak apa-apa, terima saja. Istirahatlah jika Anda memerlukannya. 
  8. Jangan anggap menulis jurnal sebagai cara untuk memecahkan masalah. Tetapi, Anda bisa menganggap hal ini sebagai cara untuk mengenal diri sendiri. 

 

Baca juga: Branding Low Budget? Bisa! Pakai Stiker Label Aja!

 

Menurut klikdokter, melakukan journaling lebih baik dengan ditulis tangan daripada diketik karena dalam kegiatan menulis ada proses terapeutik yang akan menyalurkan emosi lebih baik. Jika Anda ingin mempunyai jurnal yang berbeda dari yang dan hanya Anda yang punya, Anda bisa memesan jurnal custom di . 

Yuk, mulai menulis jurnal dari sekarang!

Tagged

One Response

  1. […] Baca juga: Ini Manfaat Menulis Jurnal Setiap Hari untuk Kesehatan! […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist