fbpx

Pernah tidak, Anda melihat kotak sepatu yang bentuknya lucu menggemaskan sampai tak ingin dibuang? Kalau pernah, Anda tidak sendiri. Beberapa merek sepatu dan sandal memang memiliki desain kardus sepatu yang sangat unik.

Membuat kardus sepatu yang unik dapat menjadi salah satu cara untuk menjadikan produk Anda lebih menarik. Terlebih lagi, visual produk memang sudah terbukti ampuh dalam memastikan pemasaran lebih berkesan bagi pembeli.

Kardus yang unik juga dapat menjadi cara untuk menekankan karakter tertentu agar produk Anda mudah diingat. Ada beberapa hal yang tak boleh Anda lupakan saat akan membuat kardus sepatu custom. Simak apa saja dan ikuti 5 langkahnya di bawah ini yuk!

Membuat Desain

Untuk tahap yang pertama, Anda harus banyak mencari ide dan inspirasi dari berbagai merek terlebih dahulu. Semakin banyak Anda tahu, semakin mudah bagi Anda untuk membuat desain yang paling sesuai dengan karakter Anda. Anda juga akan belajar menentukan warna dan typography yang cocok untuk membuat kesan tertentu. Baru setelahnya, eksekusi desain dapat dilakukan dengan maksimal. 

Menentukan Letak Logo

Logo adalah elemen yang fundamental dalam urusan bisnis. Karena melalui logo, Anda berusaha untuk menyuarakan identitas bisnis Anda dengan sederhana dan keberadaannya menjadi sangat berpengaruh. Penempatan logo yang disarankan biasanya di bagian tutup kardus atau bagian bawah sisi kardus. Kedua tempat tersebut tidak akan mudah tertutup oleh elemen lain seperti tag dan semacamnya. 

Memilih Bahan Kardus 

Saat anda membuat desain kardus sepatu, perhatikan bahan kardusnya

Ada banyak pilihan kertas untuk membuat kardus; corrugated box, hardbox, dan cardboard box contohnya. Akan tetapi, kegunaan kertas ini pun akan berbeda untuk setiap benda. Ingat untuk mengukur terlebih dahulu berat sepatu karena beberapa sepatu memiliki berat yang memungkinkan kertas untuk mudah jebol. 

Menentukan Ukuran yang Sesuai

sebelum membuat desain kardus sepatu, pastikan terlebih dahulu ukurannya

Sepatu memiliki ukuran yang bervariasi. Menentukan desain kardus sepatu yang ukurannya sesuai akan berpengaruh pada penghematan budget lho! Hal ini karena Anda dapat meletakkan sepatu berbagai ukuran pada kardus yang sama. Anda hanya perlu memberikan kertas tambahan di bagian dalam jika masih tersisa banyak ruang di kardus.

Dilansir dari Uline, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengukur kardus sepatu. Sebelumnya, siapkan penggaris atau meteran terlebih dahulu ya!

Panjang Kardus

Hal pertama yang harus diukur adalah panjang. Untuk kotak yang memiliki penutup seperti kardus sepatu, mulai dengan mengukur sisi yang terpanjang. 

Lebar Kardus

Lanjutkan dengan mengukur untuk lebar. Perhatikan bagian depan saat sepatu disimpan, bagian inilah yang akan Anda ukur untuk lebar kardus. 

Tinggi Kardus

Bagian tinggi ada pada dasar kardus sampai ke bagian atas yaitu sebelum tutup kardus. Jadi tutup tidak masuk ke dalam hitungan tinggi, Anda hanya mengukur bagian dasar ke atas saja.

Memilih Percetakan yang Tepat

Jika seluruh tahap sudah dilakukan, sebaiknya Anda segera menghubungi percetakan yang terpercaya. Percetakan akan membantu Anda memutuskan pilihan bahan yang terbaik, serta memberikan solusi atas desain dan semacamnya.