fbpx

Salah satu fakta yang terkadang tidak kita sadari, amplop lebih mungkin untuk dibuka jika menyertakan warna-warna serta desain yang tidak monoton. Membuat amplop terlihat berkarakter dengan warna akan memberikan pengaruh yang cukup kuat bagi siapa saja yang menerima amplop Anda. Selain itu, menentukan ukuran amplop perusahaan juga sangat penting lho!

Begini, ukuran amplop yang sesuai akan memudahkan Anda untuk menggunakannya kapan saja tanpa perlu menggantinya sering-sering. Lebih hemat, kan? Anda  bisa menggunakannya untuk keperluan yang beragam. Desain yang sesuai pun akan menambah nilai tambah yang menarik bagi orang lain. 

Berbagai Ukuran Amplop Perusahaan

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai ukuran amplop di luar sana. Ada yang berukuran sangat kecil, biasanya digunakan untuk angpau atau undangan ulang tahun anak. Ada pula yang seukuran laptop dan biasa dipakai untuk membawa berkas-berkas yang tebal. Untuk memahami lebih jelas, Anda bisa melihat ukurannya pada gambar berikut: 

ukuran amplop perusahaan

Sumber: Ukurandansatuan

  • Amplop DL: Ukurannya 4, 33 x 8, 66 inci (110 x 220 mm), sesuai dengan ukuran 1/3 dari kertas A4
  • Amplop C7: Ukurannya 3,2 x 4,5 inci (81 x 114 mm), sesuai dengan kertas A7
  • Amplop C7/C6: Ukurannya 3,19 x 6, 4 inci (81 x 162 mm), sesuai dengan ⅓ dari kertas A5
  • Amplop C6: Ukurannya 4, 5 x 6,4 inci (114 x 162 mm), sesuai dengan kertas A6 
  • Amplop C6/C5: Ukurannya 4, 5 x 9 inci (114 x 229 mm), sesuai dengan ⅓ dari kertas  A4
  • Amplop C5: Ukurannya 6,4 x 9 inci (162 x 229 mm), sesuai dengan kertas A5 
  • Amplop C4: Ukurannya 9, 0 x 12, 8 inci (229 x 324 mm), sesuai dengan kertas A4
  • Amplop C3: Ukurannya 12, 8 x 18 inci (324 x 458 mm), sesuai dengan kertas A3
  • Amplop B6: Ukurannya 4,9 x 6,9 inci (125 x 176 mm), sesuai dengan kertas C6
  • Amplop B5: Ukurannya 6,9 x 9,8 inci ( 176 x 250 mm), sesuai dengan kertas C5 
  • Amplop B4: Ukurannya 8, 8 x 13, 9 inci (250 x 353 mm), sesuai dengan kertas C4
  • Amplop E4: Ukurannya 11 x 15, 75 inci (280 x 400 mm), sesuai dengan kertas B4

Tips Saat Menentukan Ukuran Amplop Perusahaan

Tentukan Kegunaan Amplop Anda

Sebelum membuat amplop, pastikan terlebih dahulu apa yang ingin Anda lakukan dengan amplop tersebut. Hal ini karena berbeda tujuan maka akan berbeda pula ukuran yang dibutuhkan. Karenanya, hal ini dapat menjadi petunjuk yang tepat saat Anda kebingungan dalam menentukan ukuran yang pas. 

Buat Desain yang Sesuai 

Desain dapat memengaruhi ukuran amplop Anda. Misalkan saja, Anda membuat desain yang diperuntukkan untuk ukuran yang besar, beberapa bagian yang seharusnya ada dapat terpangkas jika memilih ukuran yang terlalu kecil. Maka, buat desain seapik mungkin agar elemen yang Anda inginkan tertera pada amplop dapat tercetak jelas. 

Selain 2 hal di atas, Anda juga patut memperhatikan hal ini saat membuat amplop: 

Sertakan Logo untuk Identitas

Bagian depan adalah bagian pertama yang orang lain lihat. Bagian depan amplop yang polos dengan yang bergambar tentu akan memberikan kesan berbeda. Bukan hanya nilai estetika yang bisa Anda sematkan melalui desain, keberadaan logo juga penting. Logo akan menjadi identitas yang secara tidak langsung menunjukkan citra merek Anda pada masyarakat.

Pertimbangkan Penggunaan Kop

 

Sumber: Yunitysoft

Ada yang sama pentingnya seperti logo, yaitu kop amplop. Pada kop, ada bagian-bagian yang bisa Anda sertakan untuk memberikan identitas yang lebih jelas. Nama lengkap perusahaan, alamat, serta kontak dan logo dapat dicantumkan. Cara ini bisa menjadi ajang promosi untuk bisnis Anda. 

Tambahkan Karakter Khusus dengan Wax Seal 

tentukan ukuran amplop perusahaan dan tambah wax seal

Pernah dengar wax seal? Wax seal adalah semacam kancing perekat amplop. Karena terbuat dari lilin, Anda cukup menggunakan lem tembak yang merekatkan wax seal pada kertas amplop di bagian depan. Wax seal mampu memberikan kesan yang formal, amplop jadi semakin terlihat unik!