fbpx

Beberapa waktu belakangan, berbagai kegiatan yang melibatkan catat mencatat mulai dilakukan tanpa menggunakan kertas atau paperless. Dokumen dan berbagai berkas penting lainnya sekarang sudah beralih menjadi bentuk digital dan disimpan secara daring atau online. Tak terkecuali undangan yang sudah beralih menjadi undangan pernikahan digital atau e-invitation. 

undangan pernikahan digital minim budget

Undangan pernikahan digital bukan hanya eco-friendly dengan mengurangi pemakaian kertas dalam keseharian saja. Lebih jauh dari itu, sebenarnya ada banyak manfaat dari undangan digital yang lain.

Di masa sekarang, paperless bahkan menjadi trend untuk mengundang orang pada acara tertentu. Undangan digital atau e-invitation mungkin masih cukup baru, namun sudah banyak orang yang memilih untuk menggunakannya lho! Jika Anda berencana untuk merayakan sesuatu dalam waktu dekat, Anda mungkin perlu mencoba undangan digital.

Baca juga: Buat Resepsi Berkesan dengan 8 Souvenir untuk Nikahan Berikut

Keuntungan dari Undangan Pernikahan Digital

undangan pernikahan digital

Tak jauh berbeda dengan undangan pada umumnya, undangan digital hanyalah berbeda dari bentuknya saja. Jika undangan yang biasa kita temukan ada bentuk fisiknya, undangan digital akan disebar secara digital pula. Misalnya, file undangan dan link website dapat Anda bagikan melalui grup chat atau media sosial, sehingga fisiknya tak akan bisa kita sentuh. Selebihnya seperti isi dan keterangan lain tetap sama. Meskipun begitu, undangan digital punya banyak manfaat seperti berikut: 

Eco-friendly 

Namanya saja digital, sudah tentu undangan ini tak akan menggunakan kertas. Sebaliknya, e-invitation akan menggunakan platform digital untuk disebarkan. Keputusan ini tepat untuk Anda yang sedang menjalankan gaya hidup ramah lingkungan.  

Undangan digital akan lebih menghemat budget Anda dan mengurangi tumpukan sampah kertas. Bayangkan saja, jika acara yang akan Anda laksanakan mengundang setidaknya seratus orang, Anda sudah berhemat dari menggunakan ratusan kertas. 

Ramah Budget

Undangan digital lebih ramah budget karena Anda tak perlu terlibat dengan biaya percetakan undangan sampai ratusan lembar dan biaya pengiriman. Belum lagi, jika Anda ingin membuat thank you card, maka budget akan semakin besar. Jika membuat undangan digital, Anda hanya perlu satu file atau link, lalu menyebarkannya. Ampuh untuk meminimalisir budget!

Undangan Digital Lebih Praktis

 undangan pernikahan digital lebih praktis

Sumber: happywedding.app

Karena hanya mengandalkan platform digital, Anda tak perlu bersusah payah mencatat berbagai nama tamu undangan dan mengantarnya ke berbagai rumah. Anda hanya perlu kontak dari tamu undangan Anda dan Anda dapat langsung menyebarkannya secara online. Tak perlu banyak tenaga, dan bisa hemat bensin! 

Flexible untuk Update Isi Undangan

Saat membuat undangan, kemungkinan untuk terjadi kesalahan bisa saja terjadi. Sebut saja ketika kekurangan informasi atau butuh menambahkan waktu untuk acara tertentu. Jika Anda ingin menambahkan informasi tertentu dalam undangan, Anda masih mungkin untuk mengubahnya. 

Dapat Menambahkan Link Tertentu

Keuntungan lainnya menggunakan undangan digital adalah Anda dapat menambahkan link lain yang merujuk pada media sosial atau blog tempat Anda menulis. Jika Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang, cantumkan saja linknya di undangan. Jangan lupa untuk menerapkan trik tertentu agar tak terlihat seperti sedang promosi. Dengan begitu, tamu undangan tetap bisa melihat poin penting pada e-invitation Anda.