fbpx

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis kecil atau UMKM, mungkin pernah bertanya-tanya cara apa yang paling mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengiklankan produk. Anda dapat mencoba produk cetak sebagai promotional item yang cukup berpengaruh, di mana produk ini juga sering digunakan oleh perusahaan besar lainnya. Maksimalkan bisnis Anda dengan memanfaatkan berbagai jenis produk percetakan sebagai ide promosi.

Apa saja Jenis Produk Percetakan yang Bisa Anda Buat?

1. Selebaran untuk Mengumumkan Acara dan Promo Spesial

Ketika sedang launching produk baru, Anda tentu harus memastikan masyarakat tahu tentang produk Anda. Selain mempostingnya di media sosial, selebaran adalah cara yang tepat dan mudah dijangkau oleh berbagai kalangan, termasuk usia muda sampai dengan dewasa. 

jenis produk percetakan paling jitu adalah selebaran promo dan diskon
Sumber: Cakwein

Pastikan juga Anda mencantumkan berbagai info penting di dalamnya. Kapan acara akan dilaksanakan, jam saat launching produk, tempat, serta logo dan akun sosmed bisnis Anda untuk mendatangkan lebih banyak konsumen.

2. Penawaran Diskon dan Kesepakatan

Buat konsumen kembali membeli produk Anda dengan menawarkan diskon untuk pembelian pertama. Anda pun bisa membuat kesepakatan untuk diskon tertentu yang bisa konsumen dapatkan setelah orderan berulang dalam beberapa waktu. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan.

3. Cetak Gambar Produk Terbaik 

Produk dengan visual dan kualitas yang baik selalu menarik hati para konsumen. Cetaklah gambar terbaik dari produk Anda dengan caption yang mendukung. Biasanya ukuran yang sering dipilih adalah seukuran pembatas buku namun sedikit lebih besar. Terdapat 3 patokan ukuran yaitu 3.5 cm x 14 cm, 4 cm x 14.5 cm, dan 5 cm x 15 cm, Anda tinggal memilih yang paling tepat agar gambar dapat terlihat dengan jelas.

4. Brosur Lipat Tiga sebagai Resume Bisnis

Untuk jasa yang mengandalkan kemampuan atau skill tertentu, Anda bisa membuat portofolio bisnis dengan brosur lipat tiga. Karena dapat memuat cukup banyak informasi, Anda dapat menyertakan testimoni dalam bentuk statistik serta penghargaan dalam infografik yang menarik. 

5. Booklet untuk Portofolio Lengkap

Para pekerja profesional yang kreatif akan membuat kesepakatan bersama klien dengan membawa portofolio sebagai bukti kualitasnya. Portofolio dapat Anda cetak dalam ukuran yang memudahkan untuk dibawa ke mana-mana dan booklet atau zine adalah pilihan yang tepat. 

Jika Anda suka dengan bentuk yang bebas dan punya seni tersendiri, Anda bisa mencoba membuat zine sebagai portofolio kreatif. Sebaliknya, jika yang Anda inginkan adalah bentuk yang lebih rapih dan formal, booklet akan mewujudkannya. 

UMKM dan bisnis yang sedang berkembang dapat menggunakan 5 produk cetak di atas untuk promosi. Anda juga mungkin tidak ingin melupakan media sosial dan merchandise untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, namun produk cetak dapat menjadi penolong yang terbaik untuk menekan budget. Selamat menentukan!

Baca juga: 4 Ide Membuat Pembatas Buku untuk Promosi dan Hadiah