fbpx

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak keluarga dan rumah tangga mulai mempertimbangkan untuk hidup dengan cara yang lebih berkelanjutan. Dari memilih makanan organik hingga mencari produk yang berbahan dasar dari alam, banyak yang beralih ke gaya hidup yang lebih sadar lingkungan. Menjalankan hidup ramah lingkungan membantu kita ikut berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan mengurangi tekanan pada sumber daya alam yang terancam.  

Jika Anda juga sedang mempertimbangkan cara untuk menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, mulailah dari rumah Anda. Melalui penerapan gaya hidup ini, Anda dapat menghemat uang dengan berbagai cara. Ada berbagai solusi yang akan membantu Anda mengubah rumah Anda menjadi lingkungan yang lebih ramah lingkungan. Ssst, gaya hidup ini menyelamatkan dompet juga lho!

Awasi Penggunaan Air

Peduli lingkungan berarti Anda harus serius dalam menghemat air. Anda bisa mulai dengan memperbaiki kebocoran yang ada di sekitar rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menghemat air. Pertimbangkan beberapa perubahan gaya hidup saja, seperti:

  • Gunakan filter air pada keran dapur untuk air minum segar dan bawa selalu botol isi ulang saat Anda keluar dan sekitar
  • Gunakan keran seperlunya dengan tidak membuka keran saat menyikat gigi atau mencuci wajah
  • Kurangi waktu mandi dan gunakan air sisa yang masih bersih untuk menyiram tanaman dan membersihkan ruangan 

Beli Produk Daur Ulang 

Sumber: Greendiary

Sebagai konsumen, sebaiknya perhatikan barang yang ingin Anda beli. Daripada membeli banyak barang yang tidak Anda butuhkan, pertimbangkan apa yang benar-benar Anda butuhkan. Jika Anda perlu membeli barang, carilah produk yang dibuat dengan konsep berkelanjutan (sustainability). Produk ini biasanya mudah didaur ulang sehingga akan meminimalisir sampah. Pertimbangkan untuk membeli barang-barang berikut: 

  • Kertas daur ulang untuk printer rumah Anda
  • Kertas toilet daur ulang¬†
  • Buku bekas berkualitas
  • Barang-barang rumah tangga dan pakaian di toko barang bekas
  • Hindari penggunaan produk sekali pakai seperti sedotan, dan alat makan plastik

Buat Kompos Anda Sendiri

Hampir setiap hari, kita tidak pernah kehabisan stok sisa-sisa dapur atau sisa makanan. Tahukah Anda bahwa Anda bisa mengubah potongan sampah ini menjadi kompos Anda sendiri? Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah sampah yang bisa Anda gunakan untuk kompos dari sampah dapur. 

Pengomposan memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Membantu tanah mempertahankan kelembapan, artinya Anda tidak perlu menyiram kebun Anda setiap saat
  • Menghindari penyakit tanaman dan mengurangi wabah hama
  • Memperkaya unsur tanah
  • Mengurangi kebutuhan penggunaan pupuk kimia
  • Mendorong produksi bakteri dan jamur yang menguntungkan bagi tanah
  • Mengurangi emisi metana di tempat pembuangan sampah

Buatlah kompos Anda sendiri dengan menempatkan tempat sampah kompos di taman Anda atau di sudut halaman Anda. Mulailah dengan menempatkan semua sisa makanan Anda di tempat sampah atau menguburnya di tanah. Selamat mencoba!

Pilih Makanan dan Produk Anda dengan Hati-hati

Dalam menjaga jejak kaki kita di planet ini, penting untuk memperhatikan di dan ke mana kita sebagai konsumen membelanjakan uang. Contoh sederhananya, pertimbangkan untuk menggunakan wadah yang bukan sekali pakai untuk menyimpan makanan Anda, karena  kantong plastik bisa berakhir di laut.

Saat Anda berbelanja, carilah produk dengan kemasan plastik yang lebih sedikit. Jangan lupa untuk membawa tas belanja sendiri untuk membantu mengurangi banyak sampah plastik.

Dengan membuat pilihan-pilihan di atas, Anda akan membantu berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat. Anda juga secara tidak sengaja akan menghemat uang untuk berbagai biaya rumah tangga, mulai dari biaya air dan bahan makanan.

Acuan: Green Journal