fbpx

Ada banyak cara untuk mengapresiasi orang lain, baik dengan memberi hadiah, membuatkan makanan kesukaan, atau dengan membuat thank you card. Jika sudah bosan dengan yang pertama dan kedua, mungkin sudah saatnya Anda mencoba cara ketiga sebagai alternatif untuk berterima kasih.

Mengirimkan thank you card atau tulisan yang berisi kata-kata puitis kepada orang terdekat Anda adalah cara yang unik dan manis untuk mengucapkan rasa apresiasi Anda. Selain membuatnya di percetakan, Anda pun bisa membuat thank you card ala DIY lho di rumah! Berikut inspirasinya untuk Anda!

Manfaat Mencetak atau Membuat Thank You Card

Singkatnya, thank you card adalah kartu ucapan terima kasih yang sering diberikan oleh atasan di perusahaan pada karyawan-karyawannya sebagai bentuk penghargaan atau pujian. Namun, tidak terbatas pada itu saja, thank you card pun bisa Anda berikan kepada orang-orang yang Anda apresiasi kebaikannya. 

Kartu thank you card juga sering ditemukan pada merchandise dari undangan pernikahan. Biasanya kartu ini akan disematkan dengan ucapan terimakasih dari kedua mempelai.

Jika Anda  berencana membuat versi DIY atau mencetaknya di percetakan, isi dan desain thank you card bisa Anda buat sesuka hati. Anda bisa meniru inspirasi thank you card dari 5 ide di bawah ini.

Baca juga: 6 Alasan Paper Bag Lebih Disukai

Rustic Thank You Card

Membuat thank you card dengan tema rustic
Sumber: Parents

Kartu ucapan terima kasih dengan tema rustic biasanya didominasi oleh warna alam (earth tone) yang natural dan terkesan hangat. Anda bisa berkreasi sesuka Anda dengan menambahkan tali rami atau bunga-bungaan kering untuk menambah kesan alami.

Thank You Card Monokrom

thank you card monokrom

Terdiri dari dua komposisi warna yang bertolak belakang yaitu hitam dan putih, menjadikan kartu monokrom terkesan minimalis, sederhana, namun modern. Kesan ini bisa Anda ubah dengan menyesuaikan tulisan serta ornamen tambahan sebagai sentuhan akhir, misalnya dengan pita berwarna emas atau glitter yang akan membuat kartu Anda terlihat eksklusif.

Thank You Card dengan Cat Air

thank you card dengan watercolor atau cat air
Sumber: Gathered

Kartu yang dibuat dengan cat air memiliki kesan yang ceria dan kreatif. Anda bisa mengkreasikan cat air dengan berbagai pilihan warna seperti pastel atau bold, tinggal menyesuaikan dengan karakter orang yang Anda tuju saja.

Jika Anda cukup baik dalam melukis, Anda bisa membuat background untuk surat seperti bunga, langit senja, atau hutan pinus. Tanpa perlu ornamen lain, kartu Anda sudah terlihat sempurna. 

Thank You Card Washi Tape

Pernah dengar washi tape? Untuk Anda yang belum tahu, washi tape adalah gulungan pita beragam motif yang bahannya fleksibel dan disertai dengan lem untuk merekatkan. Hampir mirip dengan selotip, namun tersedia dalam berbagai motif sehingga dapat Anda jadikan hiasan untuk menghias kartu ucapan terima kasih dan lainnya dengan mudah.

Thank You Card Origami 

Sumber: Folksy

Thank you card dapat dihias dengan origami yang Anda bentuk jadi apa saja. Salah satu idenya adalah dengan membuat kartu ucapan terima kasih bersama hiasan origami burung bangau.

Burung bangau yang di Jepang dikenal dengan ‘tsuru’ melambangkan harapan untuk berumur panjang dan kedamaian. Akan sangat cocok dengan thank you card berisi harapan dan do’a untuk orang yang dituju. 

5 ide di atas bisa Anda buat di rumah jika ditujukan untuk beberapa orang saja, contohnya teman terdekat dan saudara. Nah, jika Anda adalah pemilik bisnis atau usaha dengan cukup banyak orang yang terlibat, maka Anda bisa membuat thank you card custom di percetakan.

Percetakan seperti Cipta Grafika menyediakan printing berbagai kartu untuk perusahaan, misalnya kartu nama, kartu ucapan selamat, dan kartu ucapan terima kasih (thank you card). Urusan Anda jadi lebih mudah karena Anda tidak harus membuat sendiri ratusan bahkan ribuan kartu untuk orang yang terlibat dengan bisnis Anda.