fbpx

Belanja adalah hal yang menyenangkan dan mampu menyegarkan pikiran. Anda mungkin pernah melihat seseorang yang berbelanja dengan menenteng produk paper bag, nah bisa saja orang tersebut adalah shopaholic.  Dari berbelanja, Anda dapat memiliki produk yang sudah lama diidam-idamkan, membandingkan satu merek dengan merek yang lain, dan memutuskan satu pilihan yang paling tepat.

Bicara soal berbelanja, saat ini penggunaan kemasan belanja dengan paper bag sudah marak digunakan. Menggunakan paper bag jauh lebih baik dibandingkan plastik. Faktor lingkungan serta kekuatan dari paper bag dalam menahan beban menjadi pertimbangan kenapa penggunaan paper bag diperlukan saat ini.  Karena kepopuleran paper bag untuk belanja, produsen kantong kertas semakin bertambah belakangan ini.

Baca juga: 2 Perbedaan Cardboard dan Corrugated Box untuk Pengemasan Produk

Produk paper bag lebih disukai karena beberapa hal seperti: 

Mudah Terurai

Anda tentu tahu bahwa penggunaan plastik sebaiknya dikurangi karena berdampak pada isu lingkungan yang cukup mengkhawatirkan. Kantong kertas atau paper bag menjadi solusi yang menjawab permasalahan ini karena bahannya yang mudah terurai (biodegradable) ketika selesai digunakan. Paper bag masih mungkin untuk didaur ulang atau digunakan kembali jika belum rusak sepenuhnya. 

Sumber dan Bahannya yang Cukup Murah

Untuk membuat paper bag, bahan utamanya adalah kertas dari pulp dan tidak sulit untuk mendapatkan bahan ini. Beberapa  paper bag bisa dihancurkan untuk dibuat kembali yang baru. Hal ini jauh lebih mudah dan minim sampah dibandingkan plastik yang kemungkinan besar menumpuk menjadi sampah. 

Mudah Dibawa

Paper bag mudah untuk dibawa ke mana-mana karena sama seperti plastik, kedua sisinya dapat memiliki dua lubang sehingga bisa Anda bawa dengan mudah. selain itu, bahan dari paper bag sama ringannya dengan plastik yang akan memudahkan Anda untuk memakainya berkali-kali saat belanja.

Lebih Stylish atau Bergaya

produk paper bag lebih stylish dari pl;astik

Paper bag sudah tersedia di berbagai percetakan dengan desain yang beragam dan custom. Kebebasan untuk menentukan warna, bahan, dan desain menjadikan paper bag jauh lebih bergaya dari plastik. Dengan desain yang stylish, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain di luar belanja seperti membawa bingkisan hadiah untuk orang lain. 

Kapabilitas dan Ruang yang Besar

produk paper bag mampu membawa berbagai barang

Pada umumnya, ukuran paper bag lebih besar dari plastik. Ukuran yang besar ini juga akan membuka lebih banyak ruang untuk meletakkan barang di dalamnya, sebut saja sayuran dan buah, buku, makanan, atau baju. 

Membuka Pekerjaan pada UMKM dan Industri Kecil 

Di Indonesia, bisnis UMKM sedang berkembang cukup pesat dengan karyawan yang biasanya adalah orang-orang yang sangat membutuhkan seperti korban PHK. Paper bag tidak memerlukan skill khusus dalam pembuatannya sehingga sangat mungkin untuk dilakukan secara handmade (buatan tangan). Hal ini dapat menjadi peluang yang besar untuk bisnis UMKM. Dengan menggunakan produk mereka, Anda juga sedang membantu perekonomian di Indonesia.  

Penggunaan produk paper bag yang semakin banyak bukan hanya karena faktor tampilan saja tetapi juga dikarenakan dampak pada lingkungan yang tidak merusak. Percetakan pun sudah menyediakan beragam jenisnya sehingga Anda bisa membuat paper bag yang dipersonalisasi.