fbpx

Di Indonesia sedang marak penggunaan corrugated box untuk pengemasan produk. Beberapa orang cenderung mengacu pada corrugated box untuk berbagai kemasan yang terlihat serupa seperti makanan. Namun, tahukah anda bahwa sebetulnya corrugated box tidak bisa dijadikan acuan untuk semua jenis kemasan?

Pada faktanya, box untuk pengemasan makanan sering menggunakan cardboard box. Serupa tapi tak sama, sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara box yang biasa digunakan untuk makanan dan barang dengan beban berat. Agar lebih paham, simak ulasan singkat mengenai perbedaan Cardboard box dan Corrugated Box untuk pengemasan makanan yang Cipta Grafika rangkum berikut:

Memilih Pengemasan Produk yang Sesuai

Saat akan  membuat suatu produk, tentu anda ingin memaksimalkan tampilannya agar sesuai dengan keinginan dan minat customer, bukan? Pengemasan produk pun menjadi penting karena akan memengaruhi pandangan customer terhadap produk dan perusahaan secara keseluruhan. Hal ini patut menjadi pertimbangan yang besar sebelum memutuskan packaging yang tepat untuk produk anda.

Selain itu, setiap bahan umumnya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Memilih bahan kemasan yang sesuai akan membantu untuk melindungi produk anda dengan baik saat berpindah tangan. Banyak perusahaan melengkapi pengemasan produk dengan seals dan locks untuk lebih memastikan keselamatan produknya.

Cardboard Box

Pengemasan produk dengan cardboax biasanya dipakai untuk kardus sereal

Sumber: Belfastlive

Dari segi berat, cardboard box memiliki berat yang cenderung ringan karena bahan penyusunnya. Cardboard box mengacu pada bahan kertas yang tebal atau serat kertas yang berat. Bahan semacam ini bisa anda temukan dengan mudah pada kotak sereal atau kartu ucapan.

Karena lapisan yang menyusunnya berbeda, cardboard box menjadi lebih ringan dari corrugated box.  Lapisan untuk membuat cardboard cenderung lebih tipis dan ringan serta memiliki berbagai macam ketebalan dan kekuatan.

Biasanya cardboard sering dipakai untuk barang yang tidak memiliki beban yang besar seperti kotak makanan, kotak buku, kotak mainan, kotak snack, kotak baju, dan lain sebagainya. Proses pembuatannya pun terbilang mudah karena dapat dicetak dengan digital printing.

Ketebalan bahannya bisa disesuaikan dan anda bisa berkreasi dengan warna yang diinginkan. Selain itu, tambahan finishing dan sticker juga bisa anda berikan untuk meninggalkan kesan yang sesuai dengan citra dari produk dan perusahaan.

Corrugated Box (Kardus)

Anda pasti pernah melihat kotak besar berwarna coklat yang biasa dikenal dengan kardus. Nah, istilah lain dari corrugated box adalah kardus. Dari segi bentuk, corrugated box lebih tebal dari cardboard box. Meskipun sekilas terlihat serupa, susunan bentuknya sangat berbeda.

Pada corrugated box, susunannya terdiri dari 3 lapisan yang berupa lapisan luar, lapisan dalam, serta lapisan tengah yang berlekuk dan membentuk ruang. Susunan yang terdiri dari 3 lapisan dalam bentuk berbeda menjadikan corrugated box jauh lebih kuat dari cardboard box.

Jika anda membutuhkan  pengemasan yang kuat untuk produk dengan beban berat seperti barang komputer, mesin cuci, atau kulkas, corrugated box akan menjadi pilihan yang tepat. Bahan ini juga sering digunakan untuk melakukan shipping ke berbagai tempat karena daya tahannya yang lebih besar saat membawa beban berat. 

Sekarang anda sudah lebih paham dengan 2 macam box untuk pengemasan produk yaitu corrugated box atau cardboard box. Pastikan untuk menentukan finishing yang sesuai bersama Cipta Grafika agar produk anda meninggalkan kesan yang akan selalu diingat oleh customer.