fbpx

Setelah sebelumnya memahami perbedaan antara photobook dan album photo, sekarang Anda tentu penasaran hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk membuat layout photobook yang bisa dipersonalisasi. Photobook yang dipersonalisasi akan mencirikan momen serta karakter khas Anda kepada orang yang melihatnya.

Siapa saja pasti memiliki keinginan untuk mengabadikan momen berharga di hidupnya, dan photobook custom adalah pilihan yang tepat saat Anda memiliki desain yang diinginkan. Dengan photobook, momen yang ingin Anda ingat akan terjaga dengan baik. Selain itu, photobook juga bisa menjadi objek portofolio untuk klien Anda.

Lalu, langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk membuat layout photobook custom? Berikut kami rangkum 4 langkah membuat layout photobook untuk Anda:

1. Menentukan Foto atau Momen

menantukan foto adalah tahap pertama yang harus dilakukan saat membuat layout photobook custom

Langkah yang paling utama saat akan membuat photobook tentu adalah menentukan foto apa saja yang Anda inginkan. Anda mungkin ingin mengabadikan momen bersama teman-teman Anda saat berlibur bersama atau momen dengan orang spesial yang sangat berarti.

Menentukan foto yang diinginkan dalam photobook akan mempermudah Anda memperkirakan segala hal yang dibutuhkan seperti budget dan ukuran yang sesuai. 

2. Membuat Caption 

Setelah menentukan foto momen yang diinginkan di dalam satu folder, anda perlu menyiapkan caption atau kutipan di dalamnya. Caption pada photobook memiliki fungsi yang cukup besar dalam membuat momen terasa lebih hidup.

Caption yang mendukung sangat penting untuk layout photobook Anda

Anda bisa menambahkan bait puisi atau lirik lagu yang Anda sukai dan sesuai dengan momennya. Menambahkan cerita atau tulisan prosa Anda sendiri pun akan sangat berperan dalam menjadikan photobook lebih bercerita.

3. Menentukan Tema Photobook

Tema akan membuat photobook Anda menjadi lebih menarik dan tak membosankan. Tak seperti album photo yang cenderung monoton, layout photobook custom bisa memiliki beragam bentuk dan warna yang mampu membangkitkan ingatan pada momen tertentu.

Memutuskan tema untuk photobook cukup mudah, Anda bisa mencoba 3 dari tema photobook yang paling banyak digunakan.

Tema untuk Layout Photobook

– Modern Rustic

Modern rustic didominasi oleh warna-warna alam atau earth tone yang memiliki kesan minimalis dan simple. Tema ini hampir selalu cocok untuk segala macam momen Anda yang ingin dicetak dengan photobook.

– Vintage

Tema vintage akan meninggalkan kesan yang hangat dan nostalgic. Anda pasti memiliki momen yang sangat Anda sukai, bukan? Cobalah untuk menggunakan tema vintage untuk mengingatkan momen yang dirindukan.

– Shabby chic

Tema shabby chic sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat photobook dengan kesan segar dan feminin. Anda juga bisa memadupadankan tema ini dengan tema yang lain menggunakan warna yang senada.

4. Merancang Desain Layout Photobook

Sama halnya seperti menentukan foto yang akan dicetak, merancang desain untuk photobook juga adalah hal yang tak boleh Anda lewatkan. Beberapa orang menyukai susunan foto yang acak namun tetap memperhatikan estetika. 

Anda mungkin lebih menyukai desain yang minimalis dengan konsep foto yang seperti buku cerita. Semua hal ini dapat Anda wujudkan melalui rancangan desain yang tepat. 

5. Memilih Ukuran 

Berikutnya, memilih ukuran yang paling sesuai. Photobook yang dicetak dalam bentuk terlalu besar akan menyulitkan saat Anda ingin membawanya ke mana-mana. 

Sebagai contoh saat akan menunjukkan momen bersama teman di suatu tempat, photobook yang terlalu besar menjadi tidak travel friendly. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mendiskusikan ukuran yang pas dengan tim percetakan karena mereka sudah berpengalaman dengan berbagai layout photobook custom. 

6. Segera Hubungi Percetakan 

Tahap terakhir yang harus Anda lakukan adalah menghubungi atau mendatangi langsung percetakan terdekat dan terbaik di dekat Anda. Seperti percetakan Cipta Grafika yang berpengalaman lebih dari 20 tahun. 

Selain berpengalaman, Cipta Grafika memiliki berbagai cabang sehingga lebih mudah untuk Anda saat akan berkonsultasi secara langsung. Pastikan Anda mencetak di tempat yang sudah menangani berbagai keinginan klien agar hasil photobook sesuai dengan keinginan Anda.