fbpx

Sebagian dari kita saat ini sedang mencoba mengurangi penggunaan sampah yang sulit terurai seperti plastik yang berakibat buruk bagi lingkungan. Hal ini dapat kita mulai dari hal kecil di sekitar seperti beralih dari plastik ke tas kertas dengan menggunakan dan membuat paper bag saat pergi berbelanja. 

Penggunaan paper bag yang lebih ramah lingkungan didukung oleh jenis bahan untuk membuatnya yaitu kertas. Jika Anda perhatikan dengan seksama, paper bag memiliki jenis dan tekstur bahan yang berbeda. Ada apa saja? Ini 4 kertas yang biasa digunakan untuk membuat paper bag.

Kertas Art Carton

Biasanya kertas karton sering digunakan untuk tas belanja pakaian

Kertas art carton memiliki karakteristik bahan yang halus, berwarna putih cerah, serta tekstur kedua bagian yang licin dan sedikit mengilap. Warna dasar jenis kertas art carton adalah putih cerah dan memiliki gramatur yang cukup tebal.

Ketebalan yang dimiliki kertas art carton bervariasi dari 190 gr, 210 gr, 260 gr, dan 310 gr. Dengan ketebalannya, kertas  ini tetap mudah ditekuk dan sangat cocok untuk dijadikan goodie bag. Desain apapun dapat Anda cetak pada art carton untuk menampilkan kesan yang diinginkan.

Kertas Art Paper

Secara bentuk dan tekstur, art paper memiliki tampilan yang hampir sama seperti art carton yaitu licin dan halus. Bagian luar dan dalam art paper juga memiliki permukaan yang licin, yang membedakan adalah beratnya yang lebih ringan dari art carton.

Gramatur jenis kertas art paper berkisar antara 100 gr sampai dengan 150 gr. Jenis kertas ini sering digunakan untuk majalah, cover majalah, kalender dinding, dan brosur.

Kertas Ivory

Jenis kertas ini sering digunakan di percetakan sebagai kemasan makanan dan undangan. Warna dasar kertas ivory adalah putih, hampir serupa dengan art cartoon namun lebih buram. Permukaan licinnya hanya ada di satu sisi saja, tidak seperti art carton yang ada di kedua sisi. 

Kertas ivory memiliki gramatur yang bervariasi dari 100 gr sampai dengan 310 gr. Anda bisa menyesuaikan ketebalannya dengan jenis packaging yang ingin dibuat.

Kertas Kraft

kertas kraft paling sering digunakan untuk membuat paper bag

Anda mungkin akan mudah mengenal kertas ini karena ciri khasnya. Tekstur kertas ini termasuk yang berbeda sendiri karena sedikit kasar dan tidak memiliki permukaan yang mengilap. Warnanya coklat alami dan memiliki karakter yang unik dan klasik. 

Kertas kraft paling banyak digunakan sebagai paper bag karena selain ramah lingkungan, kertas ini termasuk kertas yang mudah didaur ulang. Karena bahannya cukup kuat, kertas kraft dapat digunakan untuk membawa benda yang cukup berat seperti buah-buahan. Beberapa kemasan makanan ringan seperti standing pouch pun dapat menggunakan jenis kertas kraft.

Baca juga: Kemasan Makanan Ringan Kekinian untuk Usaha F&B Anda