fbpx

Dari tahun ke tahun, tren packaging produk yang tersebar di masyarakat selalu mengalami perubahan. Entah dari segi warna yang berubah sesuai karakter, atau bentuk kemasan yang semakin disesuaikan dengan kebutuhan. Di tahun ini, trend packaging 2021 juga menjadi gambaran dari keinginan dan perilaku pembeli yang semakin bervariasi dengan adanya platform belanja secara online. 

Agar memenuhi kriteria untuk bersaing dengan produk lain di pasaran, produk Anda harus eye catching dengan ciri khasnya sendiri. Jika produk diibaratkan dengan pakaian di suatu acara, pakaian yang paling unik dan berbeda pasti lebih mudah diingat. Nah, sama halnya dengan kemasan unik yang eye catching untuk produk Anda. 

Karena pandemi, tren kemasan yang ada di masyarakat berubah. Pada awalnya, tidak banyak pelaku usaha yang mementingkan kemasan, namun seiring beragam usaha tumbuh makin bercabang, pengemasan makanan yang aman menjadi lebih diperhatikan. Untuk Anda yang penasaran packaging seperti apa yang tepat untuk menarik perhatian konsumen, ini 4 trend kemasan yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Trend Packaging 2021 untuk Inspirasi Kemasan Produk 

1. Kemasan transparan 

Pengemasan secara transparan bisa dibilang tak pernah ketinggalan zaman. Desain kemasan yang sederhana dengan bagian transparan memungkinkan pembeli untuk mengintip isi produk dari luar. 

Sederhananya, jika produk Anda memang sudah menarik untuk diperlihatkan dari luar kemasan, maka tak perlu ditutup dengan gambar dan sebagainya lagi. Dengan desain kemasan yang berkesan bersih dan jelas, produk Anda jadi punya kesempatan buat ‘pamer’. 

2. Kemasan eco friendly  

 

Kalau kita amati, beberapa waktu belakangan ini, eco friendly sudah menjadi gaya hidup. Beberapa orang menjadi jauh lebih aware terhadap apa yang mereka beli dan pakai. Jika produk Anda memungkinkan untuk dikemas dengan bahan-bahan eco friendly, maka kemasan ini bisa jadi pilihan. 

Kemasan eco friendly umumnya menggunakan bahan seperti craft paper atau cardboard. Kedua bahan ini lebih mudah terurai saat sudah tak digunakan. Dengan kemasan yang eco friendly, secara tak langsung Anda juga punya peran yang membantu bagi lingkungan lho! 

3. Kemasan personalized 

 

Kemasan yang biasa ada di pasaran jelas akan terlihat berbeda dengan kemasan yang dipersonalisasi. Kemasan ini dibuat untuk memberikan rasa percaya dari pembeli ke penjual dengan menambahkan hal-hal yang bersifat personal seperti nama atau ukiran huruf.  Biasanya kemasan ini dicetak untuk waktu-waktu tertentu yang khusus bagi customer. Anda juga bisa menambahkan ruang kosong pada saat mencetak kemasan untuk ditulis sesuka hati oleh pembeli.

4. Kemasan aman dan higienis

Di saat pandemi, kirim mengirim barang lebih sering dilakukan karena adanya pembatasan interaksi di luar rumah. Peningkatan pemesanan keperluan sehari-hari seperti makanan membutuhkan kemasan yang terjamin aman. 

Karena itu, memperhatikan keamanan dan kehigienisan kemasan yang akan menjaga produk akan membuat pembeli semakin percaya dengan Anda. Ada banyak cara untuk mengamankan kemasan produk Anda, contohnya dengan seal, sticker label, pita, atau tali yang juga semakin mempercantik kemasan Anda. 

Itu tadi 4 trend packaging 2021 yang diperkirakan masih tetap hits sampai tahun depan. Jika Anda berusaha untuk mengoptimalkan kemasan, tentu costumer akan semakin senang dan ingin membeli produk Anda.