Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

flyer - freepik

Pernah menerima kertas panjang yang terlipat menjadi beberapa halaman? Selebaran kertas inilah yang disebut dengan leaflet. Leaflet menjadi sebuah produk cetak yang umum penggunaannya sebagai alat promosi. Produk cetak ini penggunaannya biasanya oleh suatu badan usaha baik berbentuk perusahaan maupun perorangan. Berikut ini adalah pengertian leaflet, fungsinya, serta macam-macam bentuk leaflet.

 

Pengertian Leaflet

Leaflet adalah sebuah media atau alat promosi yang cetak pada selembar kertas yang nantinya akan dilipat yang memuat informasi secara singkat dan ringkas. Isi dari leaflet ini bisa dalam bentuk kata-kata, gambar, maupun kombinasi keduanya. Dalam penggunaannya, leaflet biasanya akan berisi informasi spesifik tentang salah satu produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, biasanya leaflet juga bisa untuk menginformasikan tentang suatu program, usaha, ataupun kegiatan sebuah badan usaha baik perusahaan maupun perorangan. 

 

Fungsi Leaflet

Setiap barang pasti memiliki fungsinya masing-masing, sama halnya dengan leaflet. Setelah mengetahui tentang pengertian leaflet, berikut ini adalah 3 fungsi yang bisa leaflet berikan untuk Anda.

 

1. Media Informasi

Fungsi leaflet yang pertama adalah sebagai media informasi. Leaflet dapat menjadi sebuah sarana untuk menyebarkan sesuatu yang sifatnya informatif. Misalnya seperti menawarkan sebuah produk atau jasa, sebuah program atau kegiatan yang akan Anda lakukan, atau juga bisa menjadi sebagai petunjuk arah atau denah. Leaflet bisa menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat tentang hal yang sulit Anda jelaskan tetapi mudah untuk menginformasikan dengan sebuah tulisan. 

 

2. Media Promosi

Selain menjadi media informasi, sebuah leaflet juga bisa menjadi sebuah media promosi. Menjadi media promosi adalah fungsi utama yang leaflet punya. Dengan menggunakan leaflet Anda bisa menarik perhatian banyak orang dan dengan ruang yang ada pada leaflet Anda bisa membujuk masyarakat sehingga mereka tertarik pada produk atau jasa yang kita tawarkan. Leaflet memiliki sifat yang mudah untuk membawa serta menyebar leaflet membuat akan membuat target konsumen menyadari keberadaan usaha Anda dan kegiatan yang Anda lakukan. 

 

3. Corporate Identity

Jangan lupakan juga fungsi leaflet sebagai corporate identity atau identitas perusahaan. Dengan menyebarkan leaflet, Anda bisa memperkenalkan perusahaan Anda. Desain pada leaflet pasti menggunakan logo, tagline, warna perusahaan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan perusahaan. Hal ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal tentang identitas perusahaan Anda. Dengan begitu masyarakat dapat membedakan perusahaan Anda dengan yang lainnya. 

 

Baca juga: Finishing Percetakan Ini Perlu Anda Tahu Biar Nggak Salah Pilih!

 

Bentuk Leaflet

Bentuk dari leaflet secara umum menggunakan teknik lipat teknik rel agar kertas tidak berantakan dan lipatan kertas tidak rusak. Hanya saja ada beberapa macam jenis lipatan yang biasanya leaflet gunakan.

 

Lipat dua

Jenis leaflet lipat dua ini adalah bentuk leaflet yang proses lipatnya menjadi dua bagian yang kedua sisinya sama luasnya. Biasanya juga dikenal dengan sebutan leaflet Single fold/half fold.

 

Lipat tiga

Sama dengan leaflet lipat dua, proses melipat leaflet lipat tiga cukup mudah hanya dengan melipat kertas leaflet menjadi 3 bagian yang ukuran setiap sisinya sama. Jenis leaflet ini juga dikenal dengan sebutan leaflet Trifold.

 

Lipat empat

Proses melipat leaflet nya sama antara jenis leaflet lipat empat dengan lipat dua dan tiga, yang membedakan hanya jumlah lipatannya saja. Untuk leaflet lipat empat, Anda bisa melipat kertas menjadi empat yang sama besarnya. 

 

Window fold

Untuk leaflet dengan lipatan window ini, kertas bagian kanan dan kiri dilipat ke arah dalam dengan ukuran yang sama. Untuk bagian dalam leaflet window fold Anda bisa membiarkannya tetap berukuran lebih besar. Dengan begitu saat proses membuka leaflet terlihat seperti membuka jendela atau gerbang. Oleh karena itu, biasanya leaflet window fold biasa disebut juga dengan leaflet gate fold.

 

Baca juga: 5 Tips Ini Bisa Bikin Jualan Online Kamu Laris!

 

Leaflet biasanya menggunakan bahan art paper dan art carton. Jumlah kata yang biasanya ada di dalam leaflet sekitar 200 hingga 400 kata. Selain itu, Anda juga perlu juga memperhatikan desain yang akan Anda buat. Anda perlu mengetahui jenis lipatan apa yang akan Anda gunakan untuk disesuaikan dengan desain yang akan Anda buat. Sehingga, gambar atau tulisan tidak akan terpotong saat Anda lipat. Anda bisa memesan leaflet di Cipta Grafika

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist