Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

jenis format gambar

Gambar memiliki berbagai macam jenis format tergantung penggunaannya untuk apa. Tidak semua format bisa digunakan pada satu tempat karena akan ada ketidak cocokan dengan sistem. Memilih format yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja sebuah situs atau penggunaan lainnya sehingga Anda kana mendapatkan hasil yang maksimal. 

Jenis Format Gambar

Format gambar bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu format gambar raster dan format gambar vektor. Kedua jenis format gambar ini memiliki karakteristik dan tentunya kegunaan masing-masing. 

Format Gambar Raster

Format raster terdiri dari titik-titik kecil berwarna hitam dan putih yang biasa disebut dengan pixel. Titik-titik kecil ini baru bisa Anda lihat jika gambar diperbesar. Ketika angka sebuah pixel semakin besar maka kualitas gambarnya pun semakin baik. Berikut ini adalah format gambar raster yang biasanya digunakan. 

1. JPEG/JPG

jenis format gambar jpg

Joint Photographic Experts Group atau biasa dikenal dengan sebutan JPEG atau JPG merupakan jenis format yang ramah untuk penggunaan pada situs web maupun media sosial. Hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil jadi tidak membebani pada saat proses loading. 

2. PNG 

jenis format gambar png

Selain JPG, jenis format PNG juga merupakan format yang cukup populer. Format PNG biasanya digunakan untuk ilustrasi karena memiliki resolusi yang tinggi. Gambar PNG memiliki latar belakang yang transparan. Selain itu, format PNG juga mendukung lossless compression yang berarti saat Anda mengecilkan atau membesarkan gambar kualitasnya tidak akan menurun. Tidak hanya untuk kebutuhan ilustrasi, format gambar PNG juga biasa digunakan untuk komikus digital, aplikasi, dan lainnya. Tingginya kualitas dari format PNG bisa memudahkan Anda untuk mempertahankan kualitas gambar meski ukurannya berubah.  

Baca juga: Penting Tahu Tentang Pamflet, Biar Nggak Salah Lagi!

3. TIFF

jenis format gambar tiff

TIFF atau Tagged Image File Format adalah sebuah format gambar yang biasanya digunakan menjadi format gambar dalam proses cetak. Pemilihan jenis format ini karena resolusinya yang tinggi yang ketika dicetak tidak kehilangan kualitas dari gambar tersebut. Sayangnya, ukuran format TIFF cukup besar sehingga tidak cocok untuk penggunaan di situs web.

4. PSD

jenis format gambar psd

PSD merupakan bentuk format gambar dari Photoshop. Photoshop Document atau PSD hanya bisa dibuka melalui Adobe Photoshop. Kualitas gambar dari jenis format gambar PSD ini juga tinggi. Sehingga cocok menjadi gambar dalam berbagai proyek. 

5. GIF

jenis format gambar gif

Sebuah gambar animasi yang bergerak berukuran kecil dan bergerak berulang kali disebut GIF atau Graphics Interchange Format. Jenis format gambar bergerak ini cocok untuk dibagikan di media sosial karena format serta ukurannya yang memudahkan pengguna internet. Sayangnya, kualitas GIF cukup rendah dan tidak memiliki banyak warna seperti animasi yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, biasanya GIF akan terlihat buram. 

Format Gambar Vektor

Berbeda dengan gambar raster, format gambar vektor tersusun dari bentuk dan garis. Gambar vektor mempunyai formula yang matematis sebagai penyusunnya. Tidak adanya batasan pixel pada gambar vektor membuat jenis format ini tidak mengalami penurunan kualitas saat Anda memperbesar atau memperkecil gambar. 

1. AI

format gambar ai

AI merupakan format gambar yang hanya bisa dibuka di aplikasi Adobe Illustrator. Ukuran formatnya yang kecil memudahkan Anda menggunakan, membagikan, dan mengedit gambar dengan format ini tanpa menghilangkan kualitasnya. Sebenarnya, format gambar AI bisa berbentuk raster maupun vektor tergantung dari jenis desain apa yang dibuat. 

Baca juga: Memaksimalkan Fungsi Stiker Untuk Bisnis

2. SVG

format gambar svg

Ukurannya yang kecil membuat format gambar SVG atau Scalable Vector Graphics cocok untuk menjadi gambar di halaman situs web meskipun format SVG yang lama. Pertama kali jenis format gambar SVG muncul menjadi sebuah alternatif format gambar untuk situs tradisional. Biasanya jenis format ini hadir dalam berbagai macam misalnya seperti logo, diagram, ilustrasi, hingga grafik pada halaman situs. Pada prosesnya, gambar dengan format SVG cukup mudah dan kualitasnya relatif tidak berkurang.

3. EPS

format gambar eps

Selain AI dan PSD ada format gambar lain yang berasal dari Adobe yaitu Encapsulated Postscript atau yang biasa dikenal dengan EPS. Format ini hadir mulai tahun 1992. Jenis format ini sangat ideal untuk penggunaan di aplikasi dan pada perangkat lunak. Dengan ukuran filenya yang cukup ringan membuat jenis file ini menjadi jenis file yang universal. Dengan begitu cocok untuk kolaborasi membangun sebuah perangkat lunak atau teknologi lainnya. Sayangnya, format EPS tidak bisa dibaca pada browser biasa karena format gambar ini untuk industri teknologi informasi.

4. PDF

format gambar pdf

PDF juga menjadi bagian dari jenis file format Adobe. Format PDF atau Portable Document Format merupakan format yang ideal untuk tulisan, gambar, atau Anda bisa memadukan keduanya. Jenis format gambar ini juga menjadi sebuah standar universal sebuah file untuk menyimpan, mencetak, maupun untuk disebarkan. Hal ini dikarenakan apa yang terlihat di file PDF itulah yang akan keluar saat dicetak.

Format Gambar Lainnya

format gambar cdr

Selain sembilan jenis format gambar yang sudah disebutkan di atas, masih ada 4 jenis format gambar yang perlu Anda ketahui. Format pertama adalah PIC, sebuah format khusus Mac yang dapat menyimpan gambar hitam putih maupun gambar berwarna dengan pilihan pilihan 16 dan 32 bit. Lalu ada format gambar RAW yang adalah format hasil dari tangkapan kamera ponsel tanpa melalui proses kompres sehingga kualitasnya tidak akan menurun meski diperbesar atau diperkecil. 

Selanjutnya  ada format DCS atau Desktop Color Separations yang merupakan format proyek desain menggunakan beberapa perangkat buatan perusahan Quark, Inc. Lalu ada format CDR yang hanya bisa Anda buka melalui aplikasi CorelDraw dan termasuk jenis format Vektor.

Baca juga: File Untuk Cetak Pakai Format Apa?

Itu adalah 13 jenis format gambar yang perlu Anda tahu sebelum mencetak, mengirim, situs web, maupun mengedit gambar. Setiap format memiliki kelebihan, kekurangan, serta peruntukan yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan sebuah format gambar tentunya sangat penting agar gambar yang dihasilkan bisa maksimal penggunaannya. Anda dapat menghubungi Cipta Grafika untuk mencetak kebutuhan produk cetak  Anda dengan menghubungi Cipta Grafika di nomor ini, atau Anda juga bisa memesan melalui website, Shopee, dan Tokopedia Cipta Grafika.

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist