Cipta Grafika

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
Istiana (customer service)

(+62) 877 0088 0463

jenis undangan digital

Jenis undangan yang banyak orang tahu adalah blangko dan custom. Untuk undangan blangko, undangan yang dipakai sudah mempunyai desain dari percetakan. Sedangkan untuk undangan custom adalah undangan yang Anda kreasikan sesuai dengan keinginan Anda mulai dari bahan, desain, hingga bentuk. Undangan tidak hanya berbentuk fisik saat ini. Semakin berkembangnya teknologi, bentuk undangan pun hadir dengan inovasi baru yaitu undangan digital. Undangan yang tidak bisa Anda lihat secara fisik tetapi tetap bisa di desain dan bisa dikirim kepada orang-orang yang ingin Anda undang. 

 

Credit to: freepik.com (freepik)

 

Pengertian Undangan Digital

Undangan digital merupakan undangan yang memanfaatkan teknologi saat ini yang dapat berbentuk gambar, video, maupun website. Jenis undangan digital ini tidak bisa disentuh secara fisik seperti undangan konvensional seperti undangan blangko dan custom. Meski begitu, undangan digital dapat menjangkau ruang lingkup penerima undangan lebih luas karena penyebarannya yang lebih mudah dibandingkan dengan undangan konvensional.

 

Jenis Undangan Digital

1. Undangan Digital Grafis

jenis undangan digital -undangan digital grafis

Credit to: freepik.com (freepik)

Undangan digital grafis dapat berbentuk 2D atau 3D dapat ditampilkan dalam bentuk gambar yang terlihat seperti undangan konvensional. Perbedaannya ada di cara menyebarkan undangannya, untuk undangan digital grafis penyebaran bisa melalui media sosial atau email, atau media digital lainnya tidak perlu mengirimkan langsung ke rumah-rumah seperti undangan konvensional. Kelebihan menggunakan undangan digital grafis adalah harganya terjangkau, praktis, awet, tidak merusak lingkungan, serta ukuran file yang kecil sehingga penyebarannya pun mudah dan cepat. 

 

2. Undangan Digital Video

jenis undangan digital - undangan digital video

Credit to: freepik.com (freepik)

Bentuk undangan digital video memberikan kesan lebih kreatif dan intimate karena bentuknya yang adalah gambar bergerak yang bisa diberikan efek video maupun musik yang mendukung. Kelebihan menggunakan undangan digital jenis undangan digital video adalah lebih menarik perhatian, catchy, dan berwarna serta dengan menggunakan undangan digital jenis ini dapat mempengaruhi penerimanya dalam hal visual sehingga dapat mempengaruhi mereka untuk datang ke acara pernikahan Anda. 

 

3. Undangan Digital Website

jenis undangan digital - undangan digital website

Credit to: freepik.com (freepik)

Jenis undangan digital terakhir ada undangan digital website yang lebih kompleks daripada jenis undangan digital lainnya. Undangan digital website berbentuk grafis yang disertai dengan berbagai fitur yang menarik seperti website pada umumnya. Jenis undangan ini juga praktis untuk disebarkan dan untuk mengetahui kehadiran penerima undangan. Penerima undangan hanya tinggal klik link untuk mengkonfirmasi kehadiran pada website. Selain itu, karena undangan berbentuk website, Anda bisa menampilkan informasi yang diinginkan lebih banyak dan lebih komplit daripada undangan konvensional. Dengan menggunakan undangan digital website Anda bisa memanfaatkan kelebihan fitur yang ada di undangan website seperti konfirmasi kehadiran, kartu ucapan online, hingga fitur tanda tangan kehadiran saat pernikahan. 

 

Baca juga: Finishing Percetakan Ini Perlu Anda Tahu Biar Nggak Salah Pilih!

 

5 Manfaat Undangan Digital

Tidak ada yang salah dengan menggunakan undangan digital karena banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut ini adalah manfaat undangan digital.

 

1. Hemat Biaya

Kok bisa hemat biaya? dibandingkan dengan undangan konvensional undangan digital lebih hemat budget karena Anda hanya perlu memesan satu jenis undangan dan Anda tinggal menyebarkannya. Anda  tidak perlu membuat banyak salinan seperti undangan konvensional, undangan digital hanya perlu satu salinan dan Anda tinggal menyebarkannya ke para tamu undangan Anda. Alokasi dana yang tadinya digunakan untuk undangan bisa dialokasikan ke hal lainnya. 

 

2. Ramah Lingkungan

Undangan konvensional seperti blangko dan custom berbahan dasar kertas dan saat pesta pernikahan usai hanya akan berakhir di tempat sampah karena kebanyakan orang tidak akan menyimpan undangan tersebut. Oleh Karena itu, hadirnya undangan digital memberikan sebuah solusi agar undangan tidak menjadi sampah pada akhirnya. Undangan digital adalah undangan yang berbentuk file, saat Anda menghapus undangan ini akan berakhir pada sampah di ponsel saja.

 

3. Bebas Berkreasi

Sama seperti undangan konvensional, undangan digital pun punya template yang bisa Anda ikuti. Bedanya Anda bisa berkreasi lebih dengan undangan digital. Anda bisa menyisipkan lagu, video, gambar, bahkan QR code dompet digital untuk gantinya amplop. Selain itu, penyebarannya pun lebih mudah karena tidak perlu menyuruh seseorang untuk datang ke rumah-rumah, Anda bisa menggunakan media sosial yang ada saat ini untuk penyebarannya.

 

4. Lebih Up Date

Memiliki tampilan yang inovatif serta bisa juga menjadi undangan yang interaktif membuat undangan digital ini memberikan kesan yang lebih up to date. Jika Anda adalah orang yang selalu mengikuti tren atau Anda ingin terlihat up to date, Anda bisa menggunakan undangan digital sebagai pilihan untuk mengundang teman, sanak saudara, dan tetangga untuk datang ke acara pernikahan Anda. 

 

5. Cepat

Jika Anda tipe orang yang tidak ingin lama dalam proses persiapan pernikahan tapi tetap ingin mempunyai undangan yang proper Anda bisa memilih untuk menggunakan undangan digital. Anda tidak perlu menunggu ratusan undangan dicetak lalu menunggu untuk disebarkan satu-satu sesuai alamat rumah penerima undangan. Dengan menggunakan undangan digital Anda hanya perlu membuat satu undangan Anda sudah bisa menyebarkannya dengan cepat menggunakan smartphone Anda. 

 

3 Style Undangan Digital 

Style undangan banyak jenisnya yang bisa Anda pilih dan gunakan. Berikut ini adalah  3 jenis style undangan yang bisa Anda coba gunakan untuk undangan digital Anda.

1. Simple Style Design

Credit to: freepik.com (freepik)

Jika Anda suka dengan hal-hal yang tidak banyak ornamennya, Anda bisa memilih simpel style desain untuk undangan digital Anda. Meskipun sederhana, undangan dengan style simple juga tetap bisa menarik perhatian orang-orang. Kesan clean yang diberikan style ini membuat undangan enak untuk dipandang.

 

2. Elegant Style Design

Credit to: freepik.com (freepik)

Desain elegan adalah desain yang memberikan kesan elok, rapi, mewah, dan berkelas. Tidak melulu tentang banyaknya ornamen atau elemen yang ada pada desain elegan, karena desain yang sederhana pun bisa menciptakan kesan elegan.

 

3. Rustic Style Design

Credit to: freepik.com (freepik)

Rustic sendiri adalah style yang fokus untuk memperlihatkan kesan alami dari sebuah desain. Style ini cocok untuk Anda yang suka dengan sesuatu hal yang terlihat alami yang tetap menampilkan kesan elegan, Anda bisa memilih  desain rustic sebagai pilihan style undangan Anda.

 

 

Baca juga: Psikologi Font: Pengertian, Pentingnya, dan Contoh

 

Setelah mengetahui seluk beluk tentang undangan digital, Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk memesan undangan digital untuk hari pernikahan Anda. Anda tidak perlu bingung ingin memesan undangan digital di mana, Anda bisa memesannya di Cipta Grafika.

Yuk, pesan undangan digitalmu sekarang

Tagged

2 Responses

  1. […] seorang bridesmaid harus membuat acara pernikahan dengan sesedikit mungkin drama. Mungkin saja bridesmaid tidak saling kenal karena bisa datang dari […]

  2. […] Baca juga: Jenis Undangan Digital yang Lebih Praktis dan Hemat! […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist