fbpx

Standing banner adalah salah satu bentuk media informasi dan promosi yg hampir serupa dengan spanduk. Dengan tampilannya yang kokoh dan mudah terlihat oleh orang-orang, berbagai jenis standing banner dapat membantu kegiatan promosi bisnis Anda dengan efektif. Hal ini ditentukan pula oleh desain serta lokasi penempatan yang tepat.

Diberi nama standing banner karena banner ini dapat berdiri tegak dibantu oleh rangka yang beragam bentuknya. Penggunaan standing banner tidak terbatas hanya digunakan untuk media promosi. Anda juga bisa menggunakan banner jenis ini untuk acara spesial tertentu seperti hari ulang tahun atau hari pernikahan. 

Baca juga: Lejitkan Promosi Produk dengan Papan Reklame (Billboard)

3 Jenis Standing Banner yang Paling Sering Digunakan

X Banner dan Y Banner

x banner dan y banner merupakan jenis standing banner yang banyak digunakan

X banner sebenarnya hampir serupa dengan produk spanduk untuk media promosi, namun perbedaannya terletak pada tiang penyangga agar dapat berdiri dengan tegak. Jika dilihat dari belakang, tiang penyangganya dapat menyerupai huruf x dan y. Terbuat dari bahan yang ringan, tiang penyangga ini akan membantu banner agar berdiri dengan seimbang dan tegak.

Satu yang harus diperhatikan saat menggunakan x banner dan y banner di luar ruangan adalah keadaan cuacanya. Saat cuaca berangin, biasanya banner jenis ini akan sedikit kesulitan untuk berdiri dengan benar sehingga Anda harus menyiapkan beban yang cukup berat untuk mengganjalnya agar tidak tersapu angin. 

Roll Banner

Banner jenis ini dapat dikatakan hampir serupa dengan X standing banner namun dibuka dengan menggunakan semacam gulungan. Karena menggunakan gulungan, penggunaannya cukup praktis dan mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Penyangga di bagian atas dan bawahnya memiliki beban yang cukup kuat sehingga dapat bertahan dari angin lebih baik dibandingkan x banner. Roll banner dapat Anda letakan untuk keperluan indoor maupun outdoor. 

Tripod Banner

Tripod sendiri sering dikenal sebagai penyangga yang membantu menyesuaikan tinggi kamera untuk merekam. Pada tripod banner pun berlaku hal yang sama, hanya saja yang diletakan di bagian atas adalah bannernya.Tripod banner memiliki 3 kaki penyangga yang berada di bagian bawah untuk memastikan banner dapat berdiri seimbang. 

Standing banner juga memiliki keunggulan tersendiri dari spanduk dan jenis banner yang lain, seperti di bawah ini: 

Standing banner mudah dibawa

Karena dapat dibongkar pasang dengan mudah, standing banner dapat Anda bawa ke mana saja baik itu indoor maupun outdoor. Anda akan diberikan tas untuk menaruh banner yang memungkinkan bagian-bagian penting untuk memasang banner tidak tercecer ke mana-mana dan lebih terjaga. 

Alat promosi yang cukup efektif

Standing banner memiliki ukuran yang cukup besar dan berpengaruh untuk membangun awareness. Karena ruangnya luas, tulisan yang dapat dimuat lebih leluasa. Anda hanya tinggal menyesuaikan desain dan warna yang sesuai agar khalayak dapat membaca pesan Anda dengan mudah.

Penyimpanannya mudah dan tidak memakan tempat

Standing banner dapat dibongkar pasang dengan mudah. Jika Anda tidak menggunakannya, bagian banner bisa digulung, sedangkan rangka penegaknya dirombak lalu disimpan ke tas khusus. Tas banner tidak memakan banyak tempat sehingga lebih praktis saat Anda akan membawanya ke mana-mana. 

Kualitas gambar cetak baik 

Dengan menggunakan mesin cetak yang tepat, kualitas cetakan dari X banner akan terlihat dengan jelas. Bahan pvc banner memiliki tekstur yang halus dan dapat menyerap tinta untuk cetakan dengan baik sehingga warna tulisan dan gambar akan tajam dan kentara. Anda dapat menambahkan lapisan doff atau glossy agar warna tidak mudah luntur dan visualnya terlihat lebih halus.

Baca juga: Serba-serbi Neon Box untuk Branding yang Anda Perlu Tahu