fbpx

Untuk setiap orang yang akan mencapai jenjang pernikahan, biasanya terdapat tradisi berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat yang dikenal dengan nama bridal shower. Di tengah pandemik seperti sekarang, tradisi bridal shower yang biasanya dilakukan di cafe menjadi berpindah tempat ke rumah.

Sejarah Singkat Tradisi Bridal Shower

Mengacu pada World Bride Magazine, jejak perayaan bridal shower pertama kali ditemukan pada abad ke-16 di Belanda. Cerita dimulai dari seorang gadis kelas atas yang ingin menikah dengan seorang petani yang sederhana. 

Kerabat dekat serta keluarga berlomba memberikan berbagai hadiah untuk membantu sang calon pengantin di awal kehidupan pernikahannya. Namun seiring berjalannya waktu, tradisi ini mengalami perubahan menjadi pemberian kado yang lebih sederhana dan acara makan bersama yang lebih spesial.

Untuk Anda yang juga akan merayakan bridal shower dalam waktu dekat, persiapkan 6 hal ini agar tradisi bridal shower lebih berkesan:

1. Tentukan tema tradisi bridal shower anda

Menentukan tema bridal shower harus dilakukan di awal karena Anda akan lebih mudah memperkirakan budget serta dekorasi yang sesuai. Dengan tema tertentu, tradisi bridal shower menjadi lebih menarik dan berkesan.

2. Buat undangan cetak 

Buat undangan cetak untuk tradisi bridal shower
Sumber: Brides

Mengundang kerabat dekat ke acara bridal shower akan lebih menyenangkan dengan undangan cetak. Cetaklah undangan yang sesuai dengan tema pilihan Anda dan buat desainnya semenarik mungkin.

3. Siapkan sash atau selempang

Biasanya, selempang menjadi hal yang selalu ada saat bridal shower setelah makanan. Calon pengantin adalah queen of the day yang akan diberikan selempang, namun tak jarang teman dan kerabat yang diundang juga mengenakan selempang dengan warna yang senada.

4. Buat banner bridal shower

Sebagai salah satu pertanda bahwa acara adalah milik Anda, buat banner dengan nama Anda dan ucapan selamat. Banner sangat ampuh untuk membuat acara Anda jadi lebih meriah. Banner yang diletakkan di tembok pun bisa jadi spot Instagrammable buat foto bareng lho!

5. Cetak nama undangan 

Jika Anda berencana mengundang lebih banyak orang, Anda bisa mencetak nomor meja yang akan membedakan satu kelompok dengan kelompok lainnya. Namun, jika Anda ingin mengundang lebih sedikit untuk suasana yang lebih private, Anda bisa mencetak nama setiap undangan lalu meletakkannya di dekat piring mereka. 

6. Buat custom tumbler 

Membuat tumbler custom dengan warna yang sesuai tema untuk souvenir akan membuat kesan yang berbeda bagi bridal shower Anda. Tumbler untuk masing-masing orang juga akan membuat acara Anda mimin sampah. Siapa saja bisa mengisi ulang tumbler untuk minuman yang mereka inginkan. 

7. Dekor ruangan dengan photo print

Mendekor bridal shower tidak akan lengkap tanpa kehadiran foto, entah dalam bentuk bingkai foto yang disimpan di atas meja atau disusun bersama ornamen lain di tembok. Jika Anda berencana merayakqn di rumah, foto kenangan manis Anda bersama teman dan pasangan akan menambah kesan yang semakin hangat.

Saat Anda sudah mempersiapkan 7 hal di atas, Anda bisa menambahkan berbagai ornamen lain seperti bunga, pita, kain untuk dekor, dan yang lainnya untuk melengkapi hiasan. Tidak lupa untuk melibatkan Cipta Grafika dalam acara bahagia Anda. Mulai dari mencetak undangan dengan beragam pilihan, membuat souvenir custom, banner, dan photo print yang akan semakin membuat bridal shower Anda meriah, Cipta Grafika selalu siap untuk terlibat.