Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

manfaat kemasan

Kemasan menjadi hal yang penting pada proses pemasaran dan pendistribusiannya. Tentunya penggunaan sebuah kemasan memiliki tujuan yang beragam. Kemasan menjadi barang yang tidak bisa lepas saat Anda memproduksi sebuah barang. Secara harfiah, sebuah kemasan digunakan untuk membungkus produk agar terlindungi dalam proses distribusi. Tetapi, sebuah kemasan tentu saja tidak hanya memiliki satu manfaat saja. Berikut ini adalah manfaat kemasan produk.

7 Manfaat Kemasan Produk

1. Melindungi Produk

manfaat kemasan

Kemasan dapat melindungi produk dari kerusakan selama proses pendistribusian sehingga bisa mempertahankan produk selama proses pendistribusian. Proses pendistribusian sendiri meliputi proses pengangkutan, handling, serta proses penyimpanan. Dengan begitu, mulai dari produsen hingga ke pengguna akhir produk yang diterima akan sampai dengan aman.  Adanya kemasan sebuah produk akan terlindungi dari berbagai macam faktor misalnya cahaya, panas, lembap, dan faktor lainnya. 

2. Daya Tahan Produk Lebih Panjang

Saat sebuah produk tidak dikemas dengan benar maka akan mempercepat masa pakainya. Misalnya, saat sebuah roti tidak di keramas dengan benar maka akan cepat rusak. Warna, bentuk, hingga rasa akan berubah kualitasnya. Sementara pada makanan kaleng daya tahan produknya bisa bertahun-tahun. Dengan adanya kemasan, kualitas produk akan lebih terjaga daya tahannya. Saat sebuah produk keadaannya masih terjaga dengan baik sampai ke pengguna akhir maka hak konsumen terlindungi. Serta produsen juga akan terhindar dari berbagai macam kerugian yang bisa timbul karena konsumen merasa dirugikan saat membeli produk. 

Baca juga: Macam-macam Jenis Kardus Biar Kamu Nggak Bingung!

3. Higienis

Adanya kemasan bisa membuat produk lebih terjamin kehigienisannya. kontaminasi dalam bentuk apa pun selama proses distribusi dapat merusak produk sehingga kualitasnya dapat menurun. Oleh karena itu, perlu untuk memastikan kemasan yang mempunyai daya tahan yang baik agar kebersihan produk tetap terjaga agar kualitas tetap terjaga. Kemasan juga menjadi sebuah bentuk perlindungan untuk konsumen agar produk yang sampai tetap terjaga kebersihannya. 

4. Estetika Meningkatkan Harga Jual

Dengan menggunakan kemasan yang memiliki desain yang bagus serta unik dapat meningkatkan daya tarik produk sehingga dapat meningkatkan harga jual. Ketika kemasan yang digunakan memiliki desain yang bagus dan unik akan lebih mudah untuk menarik banyak orang untuk membeli produk Anda. kemasan dan produk sama pentingnya. Ketika mendesain kemasan Anda perlu berpikir bahwa desain tersebut perlu untuk mencolok di rak atau pada situs web di antara yang lainnya. Kemasan bisa menjadi salah satu alat berkomunikasi antara perusahaan dengan konsumen sehingga pesan ataupun nilai-nilai yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan baik. 

5. Meningkatkan Branding 

manfaat kemasan

Sebuah kemasan juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan branding. Kemasan cukup efektif dan relatif lebih mudah untuk meningkatkan visibilitas merek dan penjualan. Hal ini bisa terjadi karena kemasan merupakan objek pertama yang dilihat pertama kali oleh konsumen. Dengan begitu, kemasan adalah hal pertama yang bisa membangun sebuah koneksi antara perusahaan dan konsumen. Secara tidak langsung sebuah kemasan cukup ampuh menjadi sarana branding sehingga produk Anda lebih mudah dikenal oleh publik. 

6. Pemberi Informasi Lengkap

Selain menjadi pelindung produk, kemasan juga bisa menjadi pemberi informasi yang lengkap kepada konsumen. Pada kemasan biasanya banyak informasi yang disematkan misalnya merek, bahan yang terkandung, berat bersih, nilai gizi, cara menyimpan, dan lainnya. Hal-hal tersebut menjadi informasi yang penting bagi konsumen sehingga konsumen lebih mudah untuk melakukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhan. 

7. Identitas Merek

Kemasan adalah sebuah identitas untuk sebuah merek. Hal ini disebabkan karena kemasan dapat mewakili sebuah brand maupun produk. Sehingga Anda dapat membedakan antara satu produk dengan produk lain atau satu merek dengan merek lainnya. Oleh karena itu Anda perlu memastikan bahwa kemasan yang dibuat sesuai dengan produk serta tujuannya.

Baca juga: Kemasan Ergonomis: Bentuk Sesuai Kebutuhan Anda!

Itu adalah penjelasan tentang manfaat kemasan. Ketika kemasan yang dibuat baik dan menarik desainnya serta dapat menyampaikan informasi yang relevan, penjualan produk Anda akan meningkat. Hal ini dikarenakan orang-orang tertarik dengan produk melalui kemasan sehingga mereka memutuskan untuk membelinya. Anda bisa memesan kemasan custom ke Cipta Grafika. Anda dapat menghubungi Cipta Grafika untuk mencetak kebutuhan kemasan Anda dengan menghubungi Cipta Grafika di nomor ini, atau Anda juga bisa memesan melalui website, Shopee, dan Tokopedia Cipta Grafika kapan saja dan di mana saja!

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist