Cipta Grafika

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
Istiana (customer service)

(+62) 877 0088 0463

hard box

Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut hard box. Misalnya rigid box, kotak kado, kotak hampers, paper box, kotak suvenir, dan penyebutan lainnya. Hard box merupakan salah satu jenis kemasan yang sering digunakan. Terbuat dari bahan kertas daur ulang membuat bahan kertas ini memiliki karakter yang kaku, keras, serta tebal. Ada beberapa jenis paperboard yang biasanya digunakan untuk membuat kotak seperti ini. 

Jenis-jenis Papperboard

Kappa Board

Jenis kappa board ini merupakan jenis paperboard yang paling mahal diantara jenis paperboard lainnya. Kappa board yang dijual biasanya memiliki ketebalan 2 mm hingga 4 mm. Jenis kertas ini memiliki sertifikasi FSC® PEFC Sertifikasi dan EN71-3. Hanya ada 1 warna untuk kappa board ini yaitu abu-abu. Untuk ukuran planonya sendiri secara utuh sekitar 73 x 104 cm. Memiliki  karakteristik yang halus, tebal, tidak berbau, serta tidak mudah tertekuk meski diproses dengan hot print atau stamp oil.

Grey Board

Sama seperti namanya, grey board berwarna abu-abu gelap dan memiliki ketebalan 1-4 mm. Grey board memiliki kode nomor 40-25 dan setiap nomor ini mewakili ketebalannya dan semakin kecil angkanya maka semakin tebal pula grey board-nya. Memiliki karakteristik tebal, kaku, halus, solid, dan tidak berbau. Meski begitu, grey board tidak sehalus kappa board. Jika Anda membeli grey board utuh, ukuran plano utuhnya adalah 66 x 77 cm.

Yellow Board

Meski sedikit mirip dengan grey board, karakteristik yellow board cenderung lebih empuk dan tidak sekeras grey board. Yellow board cenderung lebih mudah bergelombang atau menekuk jika ditaruh di tempat yang cukup lembap. Warna dari yellow board ini cenderung ke arah kuning kotor meski begitu yellow board tidak berbau. Ukuran plano utuhnya lebih kecil sekitar 65×75 cm.

Baca juga: Merchandise Menarik Untuk Branding!

Kegunaan Hard Box

Hard box memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah menjadi kemasan untuk hadiah, suvenir, hingga kejutan. Biasanya orang akan mengkostumisasi penampilan dari box tersebut agar lebih terlihat cantik dan menarik. Penggunaannya juga sering digunakan untuk berbagai macam produk, misalnya pakaian, aksesoris, makanan, minuman, dan lainnya. Barang yang ada di dalam dapat terlindungi dari kerusakan hingga kotoran sehingga akan lebih awet dan terjaga dengan baik. Agar box terlihat lebih eksklusif Anda bisa menghiasnya dengan pernak-pernik seperti pita pada bagian penutup. Anda juga bisa menambahkan identitas brand seperti logo atau elemen grafis brand pada kotak tersebut agar hard box juga bisa berfungsi sebagai media promosi. 

Kelebihan Hard Box

Hard box memiliki kelebihan yaitu tidak mudah penyok atau lapuk. Meski terbuat dari bahan seperti kertas dan karton, kemasan ini tidak mudah rusak. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan barang yang ada di dalamnya seperti suvenir atau hadiah akan rusak. Hard box akan melindungi barang di dalamnya dari benturan hingga debu dan kotoran. 

Baca juga: Macam-macam Jenis Kardus Biar Kamu Nggak Bingung!

Untuk kustomisasi sebuah hard box tentunya Anda harus mempercayakan pada tempat yang terpercaya. Cipta Grafika adalah tempatnya. Dengan 28 tahun pengalaman di dunia percetakan tentunya kami sudah berpengalaman dalam membuat berbagai macam kemasan. Anda dapat menghubungi Cipta Grafika untuk mencetak kebutuhan kemasan Anda dengan menghubungi Cipta Grafika di nomor ini, atau Anda juga bisa memesan melalui website, Shopee, dan Tokopedia Cipta Grafika kapan saja dan di mana saja!

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist