fbpx

Saat ini, paper bag mulai marak penggunaannya di tengah masyarakat. Tas yang terbuat dari bahan kertas ini ternyata kuat untuk menanggung beban yang cukup berat. Mulai dari pakaian, sampai buku dan buah-buahan. Hal ini karena kertas yang digunakan disesuaikan dengan fungsi paper bag dan memiliki ketebalan yang cukup kuat.

Anda mungkin mulai cukup sering menerima kantong belanja dari kertas saat membeli barang di luar. Tas kertas ini memang sedang banyak digunakan sebagai pengganti dari kantong plastik. Awal kemunculan paper bag sendiri didorong oleh maraknya pencemaran lingkungan yang disebabkan karena plastik.

Bahan untuk Membuat Paper Bag

Seperti namanya, paper bag adalah tas dengan bahan dasar kertas. Umumnya, kertas yang digunakan merupakan jenis tertentu seperti white kraft, brown kraft, dan art carton. Berbagai bahan dasar ini akan disesuaikan dengan fungsi khusus dari tas itu sendiri agar dapat menahan beban dari barang yang akan dibawa. 

4 Fungsi Paper Bag untuk Anda Ketahui 

1. Tas Jinjing Serbaguna 

fungsi paper bag yang pertama sebagai tas jinjing

Fungsi utama dari paper bag tentu menjadi jinjingan yang serbaguna. Jika bahannya cukup tebal, Anda bisa membawa banyak barang di dalamnya tanpa khawatir tas mudah jebol. Karena itulah paper bag biasa digunakan untuk jinjingan belanjaan yang isinya beragam. 

Kalau Anda perhatikan, merek-merek besar pun sering menggunakan paper bag untuk pengunjung counter. Tentunya paper bag dibuat spesial dengan logo merek. Bahan tas yang cukup tebal dengan desain yang menarik juga bisa Anda jadikan tempat untuk hadiah lho! 

2. Kemasan Makanan 

fungsi paper bag kedua adalah sebagai kemasan makanan

Paper bag untuk mengemas makanan terbuat dari bahan kraft yang berwarna coklat. Kertas kraft yang umumnya berwarna coklat alami terbuat dari pulp kayu yang mudah untuk terurai sehingga lebih baik untuk lingkungan. Bahan kraft juga termasuk ke dalam bahan kemasan food grade, di mana kemasan ini sudah dinyatakan aman untuk makanan dan minuman. 

3. Souvenir Event

fungsi paper bag lainnya adalah sebagai souvenir

Fungsi lain dari paper bag adalah sebagai tas souvenir untuk acara tertentu. Event besar seperti konser, gelar wicara (talkshow), seminar, sampai event yang lebih khusus seperti perayaan pernikahan bisa menggunakan paper bag sebagai souvenir. Buat paper bag custom dengan desain yang menggambarkan event spesial yang Anda gelar. 

4. Alat Promosi

Paper bag punya ruang yang cukup besar untuk menjadi alat promosi. Anda bisa mencetak tulisan atau logo yang ingin dipromosikan di kedua sisinya atau bagian tertentu yang dipersonalisasi. Pilih desain yang mencerminkan apa yang Anda iklankan agar paper bag semakin menawan. 

Nah, tadi adalah 4 fungsi paper bag yang perlu Anda ketahui. Ternyata cukup banyak ya? Jika Anda akan menggelar acara tertentu, Anda bisa membuat paper bag custom. Butuh membuatnya untuk kemasan bisnis F&B? Bisa juga, segera hubungi Cipta Grafika untuk info yang lebih lengkap.