Cipta Grafika

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
Istiana (customer service)

(+62) 877 0088 0463

digital printing
[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_row _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_text _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″]

Digital printing adalah sebuah metode dalam proses cetak dengan menggunakan teknik digital untuk media transfer dari file ke media cetaknya. Dengan menggunakan digital printing proses pembuatan biasanya lebih ringkas, oleh karena itu biasanya percetakan skala kecil menggunakan metode ini.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan dari metode digital printing:

  1. Proses pengerjaan lebih cepat karena dioperasikan menggunakan komputer.
  2. Banyak pengusaha yang berinvestasi pada mesin cetak digital karena mampu mencetak dari bahan yang sama dengan mesin cetak offset.
  3. Mengubah desain yang mudah.
  4. Dapat mencetak satu lembar dahulu untuk proofing sebelum melakukan cetak masal.
  5. Quantity yang ingin dicetak bisa di atur dalam software sehingga pelanggan bisa mencetak sesuai kebutuhan.
  6. Pengusaha percetakan tidak bergantung pada keahlian operator karena mesin digital tidak perlu tenaga ahli.
  7. Mudahnya pengoperasian mesin digital, membuat orang awam pun bisa mulai membuka usaha percetakan digital.

Kekurangan

Berikut adalah beberapa kekurangan dari metode digital printing:

  1. Memproduksi dengan mesin digital membutuhkan lebih banyak biaya modal cetak daripada offset atau sablon.
  2. Banyak yang membuka usaha serupa karena mudahnya mengoperasikan mesin digital sehingga pesaing semakin banyak.
  3. Perangkat yang lumayan mahal.
  4. Harga jual yang rendah untuk mesin yang sudah dipakai membuat pengusaha percetakan kurang meminati.
  5. Butuh maintenance yang lebih dibandingkan offset.
  6. Cepatnya perkembangan mesin cetak digital membuat sulit untuk mengejar omset dan balik modal.

 

 

Jenis Digital Printing

Inkjet Printer

Printer inkjet adalah printer yang sering digunakan di rumah maupun kantor. Printer Inkjet umum dijual dan biasanya digunakan untuk mencetak dari ukuran kecil hingga besar. Dengan menggunakan printer jenis ini, Anda bisa mencetak dokumen, gambar, dan stiker hanya tinggal sesuaikan saja dengan jenis tintanya.

Mesin Plotter

Mesin plotter adalah mesin digital printing yang diperuntukkan untuk mencetak media yang lebar karena memiliki area cetak dari 1,5 meter sampai 5 meter. Biasanya digunakan untuk mencetak spanduk, banner, magnetic backdrop, dan lainnya. Mesin ini menggunakan tinta seperti tinta Dye, Pigment, Solvent, eco solvent, dan UV yang digunakan sesuai kebutuhan cetak.

Digital Offset

Digital offset adalah mesin cetak digital dari inovasi mesin cetak tradisional. Biasanya digunakan untuk mencetak peta, buku, kalkir, dan lainnya. Mesin digital offset biasanya digunakan untuk cetak print on demand.

Flatbed Printing

Flatbed printing dikenal juga dengan nama printer UV karena mesin ini menggunakan teknologi tinta UV. Biasanya digunakan untuk mencetak di media yang tebal seperti kayu, kaca, keramik, kaca, logam, serta akrilik. Menggunakan mesin cetak flatbed membuat tinta cepat kering dan dapat bertahan lama. Selain itu flatbed juga bisa mencetak lebih dari satu media yang ingin dicetak secara bersamaan.

Sablon Digital

Sablon digital memiliki biaya operasional yang cenderung lebih murah untuk proses cetak yang lebih sedikit.  Dengan menggunakan printer DTG (Direct to Garment) dengan tinta Neo Pigment Kornit, sablon digital mampu menghasilkan kualitas cetak yang sempurna. Mesin ini dapat mencetak di atas permukaan kain seperti polyster dan katun.

3D Printing

3D printing adalah sebuah teknologi baru yang dapat mencetak dalam bentuk tiga dimensi yang dioperasikan oleh mesin dan komputer 3D printing. Mesin 3D printing bisa menggunakan berbagai macam material seperti photopolymer, resin plastik cair, kaca, keramik, nilon, metal filament, dan lainnya.

Contoh Produk Digital Printing

Sablon Kaos digital

Dengan adanya printer DTG, membuat sablon kaos bisa dilakukan secara digital. Sablon kaos bisa digunakan untuk media promosi juga dengan memasukan logo, tagline, atau produk Anda pada kaos tersebut. Dengan begitu akan semakin mudah dan banyak orang yang tahu tentang produk Anda.

Sablon mug

Selain media kertas, mesin cetak digital juga bisa mencetak di media seperti mug atau gelas. Dengan begitu anda bisa mencetak sesuai keinginan Anda. Mug yang di sablon juga bisa menjadi sebuah merchandise dari acara seperti seminar, ulang tahun perusahaan, pernikahan, dan lainnya.

Stiker

Salah satu produk digital printing yang paling diminati adalah stiker. Contohnya seperti stiker crhomo dan stiker vinyl. Penggunaan stiker bisa di berbagai tempat contohnya laptop, casing ponsel, stiker label, stiker fragile, dan lainnya. Meski terlihat sederhana, stiker juga bisa menjadi sarana media promosi.

Baca: Stiker Untuk Promosi Bisnis? Bisa Banget!

Kalender

Ada juga kalender salah satu contoh dari produk digital printing. jenis kalender yang dapat di cetak dengan digital printing seperti kalender poster, kalender duduk, kalender dinding, dan lainnya. Fungsi kalender saat ini juga tidak hanya sebagai penunjuk tanggal tetapi juga bisa sebagai media promosi.

Banner

Banner merupakan salah satu contoh dari hasil digital printing yang merupakan media promosi yang bentuknya sederhana dan mudah dipasang di mana saja. Ada beberapa jenis banner, contohnya x-banner, y-banner, rol-banner, dan sebagainya.

Cipta Grafika sudah menggunakan metode digital printing untuk mencetak produk. Anda dapat menghubungi kamu melalui WhatsApp dengan klik tombol hijau di bawah ini agar terhubung dengan customer service online kami.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section][et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_row _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_button button_url=”https://api.whatsapp.com/send/?phone=6287700880463&text&type=phone_number&app_absent=0″ url_new_window=”on” button_text=”Chat WhatsApp” button_alignment=”center” _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” custom_button=”on” button_text_size=”30px” button_text_color=”#FFFFFF” button_bg_color=”#7CDA24″ button_border_radius=”18px” button_letter_spacing=”4px” button_text_shadow_style=”preset3″ global_colors_info=”{}”][/et_pb_button][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]
Tagged

3 Responses

  1. […] banyak produk yang bisa di cetak dengan teknik digital printing dan offset printing adalah banner, kartu nama, stiker, agenda, kartu nama, undangan, sertifikat, […]

  2. […] printing merupakan metode lain yang digunakan di dunia percetakan selain digital printing. Metode cetak offset ini biasanya di gunakan untuk mencetak dalam skala besar. Teknik cetak offset […]

  3. […] di percetakan digital atau online. Secara umum, percetakan ada dua jenis yaitu offset printing dan digital printing. Untuk mengenal percetakan lebih jauh, Anda juga perlu mengetahui istilah-istilah yang ada di […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist