Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

spanduk dan baliho

Spanduk dan baliho merupakan media promosi luar ruang yang sering digunakan dalam kampanye pemilu. Fungsi kedua media tersebut dalam kampanye adalah untuk meningkatkan popularitas calon kandidat serta mempengaruhi pemilih. Umumnya, informasi yang ditampilkan berupa foto, nama partai, nomor urut, serta tagline calon kandidat. 

Namun, pernahkah Anda berpikir, media apa yang lebih efektif digunakan untuk kampanye pemilu? Spanduk atau baliho? Simak artikel berikut ini untuk mencari tahu jawabannya. 

Apa Itu Spanduk? 

Pengertian spanduk adalah kain berukuran besar yang memuat slogan, propaganda, atau berita. Spanduk dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengumuman, promosi produk atau jasa hingga menjadi media kampanye politik. Singkatnya, spanduk dapat diartikan sebagai media informasi sekaligus promosi yang berukuran besar pada kain yang membentang.  

Perbedaannya Baliho dan Spanduk

Lantas, apa yang dimaksud dengan baliho?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, baliho adalah sebuah publikasi yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat. Ukurannya lebih besar dan memuat informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan spanduk. Karena ukurannya yang besar, baliho lebih sulit untuk dipasang maupun dipindah-pindahkan. 

Lokasi Pemasangan 

Perbedaan baliho yang pertama adalah lokasi pemasangannya yang berbeda. Baliho ditempatkan di lokasi yang banyak dilalui masyarakat atau diakses oleh banyak orang. Misalnya, jalan raya, taman kota, atau bangunan bertingkat tinggi.

Baca juga: Promosi Menggunakan Stiker Custom? Kenapa Tidak?

Sedangkan spanduk kampanye dipasang di tempat-tempat umum yang ramai dilalui orang namun dalam ruang yang terbatas. Maksudnya, ruang yang tidak memungkinkan baliho dipasang tapi tetap menarik perhatian orang-orang yang melewatinya. Contohnya tepi jalan, pagar atau tembok, bangunan atau fasilitas umum, dan lain sebagainya. 

Ukuran yang Berbeda

Baik baliho maupun spanduk memiliki ukurannya masing-masing. Ukuran baliho cukup bervariasi, yakni 2×3 meter, 3×4 meter, atau 4×6 meter tergantung bahan dan rangka yang digunakan. Nah, agar baliho kokoh terhadap cuaca ekstrem, rangka yang digunakan dibuat dari besi atau kayu.  

Ukuran standar untuk baliho adalah 4×6 meter dan 1,5×6 meter. Terlihat perbedaan yang jelas bahwa spanduk memiliki ukuran yang lebih kecil dari baliho.  Sedangkan spanduk memiliki ukuran minimal 2×3 meter, tetapi ukurannya bisa lebih besar sesuai kebutuhan.    

Bahan yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya adalah bahan yang digunakan saat proses mencetak. Baliho maupun spanduk bisa dicetak menggunakan bahan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari bahan dengan harga termurah hingga bahan berkualitas premium.

Bahan yang digunakan untuk mencetak baliho yakni Poly A, Poly B, Flexy Chine, Flexy Korea, dan Flexy Jerman. Bahan terbaik untuk mencetak baliho minim biaya dan penggunaan waktu singkat adalah Poly A dan Poly B. Flexy China cocok digunakan untuk kebutuhan indoor dan Flexy Korea untuk penggunaan outdoor. Apabila ingin mencetak baliho dengan bahan premium dan kualitas terbaik, maka bahan Flexy Jerman adalah jawabannya.

Baca juga: Apa Itu Roll Up Banner dan Kelebihannya?

Nah berbeda dengan baliho, spanduk justru menggunakan kain seperti Tetoron Cotton (TC) untuk mencetak. Selain itu, bahan lain seperti PVC dan Flexy Jerman juga bisa digunakan untuk mencetak spanduk meskipun tidak sesering bahan TC. 

Perbedaan Harga

Berbicara mengenai harga, tentunya ada perbedaan yang signifikan antara baliho dengan spanduk. Harga baliho cenderung lebih mahal dari spanduk karena ukurannya yang besar dan bahan yang digunakan lebih tahan lama. Selain itu, biaya pemasangan, pajak, desain dan rangka juga dapat memengaruhi harga baliho. Harga spanduk di pasaran mulai dari puluhan ribu dan harga baliho ratusan ribu belum termasuk biaya pajak.

Berdasarkan beberapa perbedaan yang telah disebutkan sebelumnya, baliho dinilai lebih efektif untuk kampanye pemilu. Hal ini disebabkan baliho mampu menampilkan lebih banyak informasi kepada masyarakat. Di sisi lain, spanduk juga tetap bisa digunakan sebagai media kampanye untuk menyampaikan informasi yang singkat dan padat. 

Dapatkan spanduk atau baliho kampanye yang berkualitas dan terjangkau hanya di Cipta Grafika! Hubungi kami di link ini atau klik tombol di bawah sekarang juga! 

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist