Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
stempel

Stempel atau cap merupakan salah satu alat penunjang administratif sebuah perusahaan, lembaga pendidikan, maupun bisnis. Makna cap secara harfiah adalah alat yang permukaannya terukir tulisan, angka, ataupun gambar. Jadi singkatnya, cap adalah alat yang digunakan untuk membubuhkan stamp atau cap pada sebuah dokumen.

Fungsi Stempel

Apa saja fungsi cap? Berikut fungsi cap yang perlu Anda ketahui:

Stempel Sebagai Alat Pengesahan Dokumen

Cap umumnya digunakan dengan tinta untuk membubuhkan cap pada dokumen/berkas. Pembubuhan ini untuk mengesahkan dokumen yang bersifat resmi karena tanda tangan saja dinilai masih belum cukup. Contoh dokumen yang membutuhkan cap yakni ijazah, surat resmi, transkrip nilai, dan lain-lain.

Memperkuat Keputusan

Fungsi kedua dari cap adalah untuk memperkuat sebuah keputusan yang tertulis di lembar kertas. Pemberian cap dianggap mampu memperkuat keputusan dan menjadikan putusan tersebut sah di mata hukum.

Bentuk Pertanggungjawaban

Selain menjadi “bukti” sahnya keputusan dalam lembar kertas, pemberian cap juga bisa menjadi bentuk pertanggungjawaban seseorang. Karena pembubuhan cap itulah, seseorang dianggap bersedia bertanggung jawab sepenuhnya atas dokumen atau berkas tersebut.

Alat Branding

Fungsi lain dari cap yakni dapat membantu branding perusahaan ataupun bisnis Anda. Cap yang tertera pada dokumen tentunya bisa dilihat pihak lain. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness perusahaan atau bisnis Anda. 

Baca juga: Pengertian Numerator dan Cara Menggunakannya

Jenis Stempel

Stempel Runaflek/Manual

Cap runaflek merupakan jenis cap yang paling sering kita temui. Runaflek biasa disebut dengan cap kayu karena pegangannya yang terbuat dari kayu atau plastik. Sedangkan bagian bawahnya terbuat dari bahan karet yang diukir tulisan atau logo. Kata runaflek sendiri diambil dari nama merek karet yang digunakan untuk membubuhkan cap.

Kelebihan cap runaflek adalah mampu menghasilkan cetakan yang tajam dan jelas. Selain itu runaflek dapat digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan yang kompleks. Misalnya tulisan dengan ukuran kecil, logo, dan sebagainya. Sedangkan kekurangan cap runaflek yakni masih membutuhkan bak tinta sebagai pasangannya. Anda juga harus menambahkan tinta pada bak jika tinta mengering.

Cap Tanggal

Sesuai dengan namanya, cap tanggal merupakan jenis cap yang digunakan untuk mencetak tanggal pada suatu permukaan. Cap tanggal sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni cap tanggal manual dan cap tanggal otomatis.

Cap tanggal manual adalah cap yang pengaturan tanggalnya harus Anda tekan secara manual. Sedangkan cap tanggal otomatis dapat memberikan stamp tanggal secara otomatis. Cap tanggal dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari penunjukkan tanggal jatuh tempo, kadaluarsa, dan semisalnya.

Cap Flash

Cap flash dikenal sebagai cap warna atau cap otomatis karena bahan pegangannya terbuat dari plastik atau akrilik. Kelebihannya, cap flash dapat menggunakan beberapa warna dalam satu cap. Selain itu cap ini tidak membutuhkan bantalan cap karena tinta yang sudah menyatu ke dalam cap.  

Secara sekilas, cap flash dan cap tanggal otomatis terlihat serupa. Sebab keduanya memiliki cara penggunaan yang sama, yaitu langsung membubuhkan cap tanpa perlu mengisi bantalan tinta.

Cap Wax

Pernahkah Anda melihat cap amplop surat kerajaan Inggris atau cap surat di film Harry Potter? Jika iya, maka seperti itulah cap wax.

Cap wax atau cap lax termasuk jenis cap yang paling unik dan terlihat artistik. Karena proses pembuatannya yang menggunakan lilin yang dibakar, kemudian lilin yang sudah cair diteteskan pada dokumen. Sebelum lilin mengering, cap yang terbuat dari logam ditekan pada lilin tersebut. Hasilnya muncul relief cap yang unik dan terkesan mewah. 

Baca juga: Ini Manfaat Kemasan Produk yang Bisa Bikin Bisnismu Laris!

Cap Emboss

Jenis terakhir ada cap emboss yang tidak membutuhkan tinta ataupun lilin untuk pemakaiannya. Cap emboss merupakan jenis cap yang tercetak timbul pada dokumen sesuai bentuk alatnya. Biasanya cap emboss digunakan untuk dokumen penting yang rawan dipalsukan seperti ijazah atau sertifikat. 

Kelebihan cap emboss dibandingkan jenis lainnya adalah cap emboss awet digunakan bertahun-tahun. Sebab bahannya yang terbuat dari logam dan tidak membutuhkan bantalan. Sangat praktis digunakan untuk sekolah, perusahaan, maupun instansi pemerintahan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai stempel. Butuh stempel untuk keperluan administrasi bisnis atau perusahaan Anda? Anda bisa membelinya di CIpta Grafika dengan klik link ini, ya.

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist