Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

macam-macam surat undangan

Mengundang seseorang atau sebuah kelompok untuk datang pada sebuah acara atau kegiatan tentunya perlu persiapan yang matang. Dengan mengirimkan surat undangan memberikan kesan sopan dan menghargai orang yang diundang tersebut. Selain itu, ketika Anda mengundang seseorang untuk datang tentunya Anda mengharapkan kedatangannya. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan mulai dari bahan, desain, hingga isi dari surat tersebut. Isi dari setiap surat undangan pun berbeda. Oleh karena itu, berikut ini adalah macam-macam jenis surat undangan.

Macam-macam Surat Undangan

Berdasarkan Isi Surat

Isi pada surat undangan tentunya berbeda-beda tergantung jenis dan tujuannya untuk siapa. Penulis atau pembuat surat bisa dari organisasi maupun perorangan. Struktur undangan tentunya berbeda tergantung konteks acara dan kebutuhan yang ingin dilaksanakan apakah formal atau informal.  

Pada bagian isi surat undangan harus ada nama acara, tempat, dan waktu pelaksanaannya. Surat undangan yang mau dikirimkan jauh-jauh hari sebelum acara atau kegiatan diadakan sehingga penerima undangan bisa mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Pembuatan surat undangan biasanya dilakukan dalam jumlah besar karena biasanya ditujukan untuk banyak orang. 

Baca juga: Jenis Lipatan Surat yang Perlu Anda Tahu!

Berdasarkan Jenisnya

Surat Undangan Pribadi 

Surat jenis pribadi ini dibuat oleh individu atau oleh kelompok orang untuk mengajak orang lain untuk datang ke acara yang dibuat yang bersifat pribadi atau private. Acara yang masuk dalam jenis surat undangan ini adalah undangan ulang tahun, pernikahan, syukuran, dan hal lainnya yang bersifat pribadi. Struktur surat pribadi ini cukup luwes tidak seketat dan tidak terlalu dibatasi seperti surat resmi. Hal yang paling penting adalah sopan dan santun dalam penulisan serta pemberian surat. 

Surat Undangan Setengah Resmi

Jenis surat undangan setengah resmi ini berada di tengah-tengah. Surat ini belum bisa masuk ke dalam surat resmi tetapi juga bukan surat yang tidak resmi.  Biasanya, surat jenis ini ditujukan untuk sebuah acara yang cukup formal namun bersifat sederhana tetapi bukan acara yang informal. Misalnya adalah surat undangan rapat RT atau RW, surat undangan dari Karang Taruna, dan lain sebagainya. Surat setengah resmi pun dikirimkan oleh individu atau organisasi. Bedanya, jika surat tidak resmi memakai kop surat, surat setengah resmi memakai kop surat tetapi bahasa yang digunakan bebas yang terpenting sopan dan santun. 

Surat Undangan Resmi

Jenis surat undangan resmi dibuat oleh sebuah organisasi, lembaga, atau instansi resmi yang nantinya akan diberikan kepada sekelompok orang maupun individu. Dalam surat undangan resmi, ada bagian tanda tangan serta stempel resmi atas nama instansi yang mengeluarkan surat tersebut. Surat resmi juga menggunakan bahasa formal karena bersifat profesional. Biasanya surat jenis ini digunakan  saat rapat kedinasan, instansi, dan lain sebagainya. Untuk tambahan, biasanya pada surat resmi memiliki lampiran ada bagian belakang surat undangan tersebut. 

Baca juga: Jenis Undangan Digital yang Lebih Praktis dan Hemat!

Itu adalah 3 jenis surat undangan yang biasanya ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Untuk mencetak berbagai macam jenis surat undangan, Anda bisa melakukannya di satu tempat. Cipta Grafika menawarkan jasa percetakan berbagai macam surat undangan, untuk pemesanannya bisa Anda lakukan melalui Shopee, Tokopedia, website, dan nomor .

Tagged

One Response

  1. […] Baca juga: Macam-macam Surat Undangan Sesuai Kebutuhan! […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist