Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

jenis lipatan surat

Seni melipat tidak hanya melipat dari ujung ke ujung. Apalagi ilmu melipat surat termasuk ke dalam pembelajaran administrasi perkantoran. Untuk lipatan surat sendiri memiliki 8 jenis lipatan yang bisa Anda gunakan. Sebelum membahas tentang apa saja lipatan surat yang ada, Cipta Grafika akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu lipatan surat.

 

Lipatan Surat

Lipatan surat adalah sebuah bentuk lipatan yang Anda lakukan pada surat saat Anda ingin mengirim surat tersebut agar surat pas di amplop. Tujuannya adalah agar surat yang diterima nantinya tetap dalam keadaan baik. Baik surat formal atau non formal sebaiknya tidak dilipat secara asal-asalan. Lipatan surat yang tidak rapi akan memberikan kesan tidak menyenangkan untuk penerima surat apalagi ketika surat tersebut untuk antar instansi. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari melipat surat secara asal-asalan. 

 

8 Jenis Lipatan Surat

Melipat surat dengan rapi saja tidak cukup, karena ada beberapa jenis lipatan surat yang biasa digunakan dengan peruntukannya masing-masing.  

1. Lipatan Surat Baku atau Standard Fold

Jenis lipatan surat ini merupakan jenis lipatan standar yang biasanya digunakan seperti namanya yaitu standard fold. Biasanya penggunaan lipatan surat ini bisa dengan berbagai kesempatan dan tujuan. Untuk melipat surat dengan standard fold ini cukup mudah, Anda cukup untuk melipat surat menjadi 3 bagian sama besarnya. 

 

2. Lipatan Setengah Baku atau Semi-Standard Fold

Lipatan setengah baku ini mirip dengan lipatan baku yang sudah dijelaskan di atas. Hanya saja lipatan setengah baku ini memiliki perbedaan sedikit di bagian atasnya. Jenis lipatan ini juga bisa Anda gunakan pada berbagai peruntukan dan tujuan. Cara melipatnya pun cukup mudah dan sedikit mirip dengan lipatan baku dengan melipat surat menjadi 3. Hanya saja, untuk lipatan setengah baku ini Anda melipat bagian 1 dan 2 dengan sama besar sedangkan yang bagian 3 memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan bagian 1 dan 2. 

 

Baca juga: Branding Low Budget? Bisa! Pakai Stiker Label Aja!

 

3. Lipatan Akordeon

Jenis lipatan ini merupakan versi lainnya dari lipatan baku. Bentuk lipatan akordeon ini mirip seperti alat musik tuts asal Jerman yaitu akordeon yang bentuknya berlipat. Untuk membuat lipatan surat akordeon ini, Anda perlu membagi 3 bagian sama besar. Bagian pertama Anda lipat ke atas sedangkan bagian bawah atau bagian ketiga Anda lipat ke bawah. Lipatan surat akan membentuk seperti akordeon. 

 

4. Lipatan Surat Semi-akordeon

Jenis lipatan semi-akordeon ini mirip seperti lipatan akordeon hanya saja memiliki perbedaan di salah satu ukuran lipatan. Cara melipat surat semi akordeon ini sama seperti lipatan akordeon yaitu melipat surat menjadi 3 bagian. Hanya saja pada bagian ketiga lipatan tersebut lebih kecil dari dua lainya. Sehingga 2 lipatan akan sama besar sehingga satu lipatan lainnya akan lebih kecil. 

 

5. Lipatan Tunggal

Lipatan surat yang paling mudah adalah jenis lipatan ini yaitu lipatan tunggal atau single fold. Melipat jenis lipatan surat ini sangat mudah karena Anda hanya perlu melipat surat menjadi dua dengan sama besar. Proses melipat ini bisa Anda lakukan sangat cepat dan mudah.

 

6. Lipatan Surat Ganda

Seperti namanya, jenis lipatan ganda ini tentunya surat dilipat ganda. Untuk mendapatkan lipatan ganda atau parallel double fold adalah dengan melipat surat menjadi dua bagian dengan sama besar seperti halnya melipat surat untuk lipatan tunggal. Setelah itu, Anda perlu melipat lagi menjadi dua bagian. Dengan begitu hasil akhirnya nanti akan menjadi 4 bagian lipatan. 

 

7. Lipatan Surat Perancis atau French Fold

Awalnya, lipatan jenis French fold ini digunakan oleh bangsawan Eropa dan raja. Saat ini lipatan surat Perancis biasanya dipakai untuk keperluan surat niaga dan saat ini mulai dipakai untuk keperluan surat dinas. Untuk membuat lipatan surat Perancis ini Anda perlu melipat surat menjadi dua bagian yang sama besar. Setelah itu Anda dapat melipat kembali lipatan surat yang tadi menjadi dua bagian, sehingga akan menghasilkan 4 bagian lipatan yang sama besar. Bagian surat yang paling atas menghadap ke depan dan bagian lainnya mengikuti.

 

8. Lipatan Baron

Lipatan baron atau baronial fold biasanya diaplikasikan untuk surat-surat penting seperti surat dinas.  Baronial fold ini akan menghasilkan lipatan yang panjang, oleh karena itu amplop yang digunakan juga harus yang panjang agar surat bisa masuk ke dalam amplop. Untuk mendapatkan lipatan surat baron ini Anda perlu melipat surat menjadi dua dengan sama besar. Lipat sedikit bagian ujung kanan dan kiri memanjang. Lipatan ini akan memberikan hasil seperti bentuk bingkai atau frame. 

 

Baca juga: Pengertian Personal Branding, Pentingnya, dan Tujuannya

 

Itu adalah delapan jenis lipatan surat yang bisa Anda aplikasikan saat mengirim surat. Dengan begitu, surat yang nantinya akan diterima si penerima akan tetap rapi. Selain itu dengan melipat surat dengan benar, itu juga menjadi sebuah perwujudan dari etika mengirim surat terutama dalam pengiriman surat bisnis.

Tagged

One Response

  1. […] Baca juga: Jenis Lipatan Surat yang Perlu Anda Tahu! […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist