Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
jenis kertas foto, foto album, cetak foto karawang

Mengabadikan momen-momen berharga dalam bentuk foto adalah cara yang sempurna untuk menjaga kenangan agar terus dapat dinikmati kapan pun. Oleh karena itu, mencetak foto dengan kualitas terbaik menjadi langkah penting untuk mempertahankan kenangan tersebut. Penggunaan kertas foto yang tepat dapat meningkatkan keindahan, ketahanan, dan kepuasan hasil cetak foto. Nah, artikel ini akan menjelaskan berbagai pengertian, jenis kertas foto hingga ukuran yang ideal.

Pengertian Kertas Foto

Cipta Grafika – Sebelum memilih jenis kertas yang tepat, penting untuk memahami apa itu kertas foto. Kertas foto adalah jenis kertas khusus yang digunakan untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi. Kertas ini memiliki karakteristik unik, seperti permukaan yang halus atau bertekstur, tebal, dan tahan lama. Selain karakteristik tersebut, kertas foto biasanya dilapisi dengan bahan kimia khusus agar warna pada foto cerah dan tajam. 

Jenis Kertas Foto

Ada beberapa jenis kertas foto berbeda yang sesuai dengan kebutuhan cetak dan hasil akhir yang diinginkan. Berikut jenis kertas foto yang ideal untuk cetak foto.

Kertas Glossy

Jenis ini paling umum digunakan untuk mencetak foto. Kertas ini memiliki permukaan yang mengkilap dan halus. Glossy sangat cocok untuk mencetak foto-foto dengan warna yang cerah dan kontras tinggi. Glossy biasanya memberikan tampilan yang hidup dan cocok untuk foto-foto dengan detail yang halus.

Baca juga: Mengenal Jasa Restorasi Foto, Apa Itu?

Kertas Matte

Berbeda dengan glossy, kertas matte memiliki permukaan yang lebih halus namun tidak mengkilap. Kertas ini memberikan hasil cetak dengan tampilan yang lebih elegan, sehingga ideal untuk foto potret dan nuansa tenang.

Berbeda dengan glossy, kertas matte memiliki permukaan yang lebih halus namun tidak mengkilap. Kertas ini memberikan hasil cetak dengan tampilan yang lebih elegan, sehingga ideal untuk foto potret dan nuansa tenang.

Kertas Satin

Jenis kertas satin memiliki permukaan yang sedikit mengkilap namun tidak terlalu reflektif seperti kertas glossy. Sehingga cocok digunakan untuk foto yang ingin menonjolkan warna tanpa efek pantulan yang terlalu kuat.

Fine Art

Biasanya jenis ini digunakan untuk mencetak foto yang akan dijadikan karya seni visual atau fotografi. Fine art memiliki tekstur yang unik, sehingga dapat memberikan kesan artistik pada foto Anda.

Luster

Selanjutnya kertas luster dengan hasil cetak di antara kertas glossy dan matte. Permukaan kertas lebih halus daripada glossy namun sedikit mengkilap yang membuatnya menjadi primadona di kalangan fotografer.

Pearl

Jenis kertas ini menghasilkan efek mutiara pada gambar, menambah dimensi dan ketajaman pada foto. Efek ini membuatnya bagus untuk foto dengan unsur refleksi atau permainan cahaya yang menarik.

Baca juga: 6 Cara Menyimpan Foto Lebih Awet, Sudah Coba?

Metalik

Menghasilkan cetakan dengan efek metalik yang memperkuat warna dan kontras gambar, memberikan kesan yang dramatis dan berkilau. Kertas ini cocok untuk foto dengan detail yang halus dan tekstur kuat, karena memberikan kesan modern dan estetik.

Art Carton

Jenis kertas yang memiliki ketebalan cukup tinggi sehingga cocok untuk mencetak foto yang lebih tahan lama. Permukaannya yang halus dan berlapis memberikan hasil cetakan dengan detail dan warna yang tajam. Lain daripada itu, kertas art carton digunakan untuk mencetak foto yang akan dibingkai ataupun undangan karena ketebalannya.

Ukuran Kertas Foto yang Ideal

Setiap kertas foto memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kegunaannya. Berikut beberapa ukuran kertas yang ideal untuk cetak foto.

Ukuran 4R (10 x 15 cm)

Pertama ukuran standar atau yang umum digunakan untuk cetakan foto. Biasanya digunakan untuk cetak foto pribadi dan album keluarga.

Ukuran 5R (13 X 18 cm)

Sedikit lebih besar dari ukuran 4R. Ukuran 5R ini cocok untuk foto pemandangan untuk menampilkan detail-detail kecil dalam sebuah foto.

Baca juga: Ini Bedanya Foto Potrait dan Landscape

Ukuran 8R (20 x 25 cm)

Selanjutnya 8R, ukuran yang lebih besar dan cocok untuk cetakan foto yang ingin ditempatkan dalam bingkai atau dipajang.

Ukuran A4 (21 x 29 cm)

Terakhir, ukuran kertas yang standar digunakan untuk cetakan foto skala lebih besar, seperti pameran atau presentasi eksklusif.

Cetak Foto Karawang

Bagi Anda yang mencari layanan cetak foto yang terpercaya, percetakan Cipta Grafika menjadi pilihan tepat untuk Anda. Kami menyediakan berbagai jenis kertas foto dan melayani jasa cetak foto untuk mengabadikan kenangan Anda.

Untuk pemesanan silakan klik link atau tombol di bawah ini!

 

Penulis: Lidia Pratama
Editor: Raden Fathria

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist