fbpx

Fungsi utama undangan pernikahan adalah untuk mengundang tamu yang ada di berbagai tempat berbeda. Selain itu, benda yang kelihatannya sederhana ini bisa menjadi bocoran (sneak peek) dari acara besarmu lho! Dengan menyertakan info yang penting di dalamnya dan semakin unik desainnya, undangan untuk pernikahan Anda akan semakin menarik perhatian tamu. 

Ada banyak yang harus Anda siapkan saat membuat undangan. Jika ada satu saja yang terlewat, maka rencana yang sudah Anda buat untuk hari spesial mungkin akan gagal. Tak ingin hal ini terjadi kan? Simak rangkuman pentingnya di bawah ini yuk!

Baca juga: Undangan Pernikahan Digital, Praktis dan Minim Budget 

Perhatikan 6 Hal Penting ini Saat Membuat Undangan untuk Pernikahan

1.Tentukan Jenis Undangan

Secara umum, ada dua jenis undangan yang tersedia saat ini yaitu undangan cetak atau undangan digital. Walaupun undangan digital sempat menjadi salah satu yang paling diminati karena adanya pandemi, bukan berarti undangan ini jadi kurang peminat setelah keadaan membaik. 

Anda yang ingin undangan lebih efisien dan bisa disampaikan pada siapapun tanpa harus mengantar ke tempat, pilih saja undangan digital yang lebih hemat. Namun, jika Anda merasa lebih nyaman menggunakan undangan dalam bentuk fisik, undangan cetak tetap bisa menyesuaikan kok. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertimbangkan dengan baik sebelum memilih ya!

2. Pilih Tema yang Diinginkan

Saat akan membuat undangan, di benak Anda pasti terbayang ingin bentuk yang seperti apa. Nah, keinginan-keinginan Anda dan calon pasangan harus diutarakan agar dapat menemukan tema yang pas. 

Tema yang dipilih tentunya harus sama dengan konsep pernikahan Anda seperti apa. Saat undangan disebar, tamu undangan bisa memperkirakan akan seperti apa acara Anda nantinya. Hal ini juga bisa membantu tamu untuk menyesuaikan pakaian yang akan digunakan untuk menghadiri acara nanti lho!

3. Mulai Cari Vendor yang Sesuai 

Sudah menentukan jenis dan tema undangan? Selanjutnya cari info vendor secukupnya yang sesuai dengan budget. Tidak perlu terlalu banyak vendor, karena Anda akan kebingungan untuk memilih satu yang pas. 

Hal yang harus dipertimbangkan saat memilih vendor:

– Track record

(Cari tahu testimoni tentang vendor dari orang yang merekomendasikan. Seperti apa pelayanannya, ketepatan waktu, serta hal lain yang bisa Anda gali)

– Range harga

(Dapatkan informasi mengenai kisaran harga yang ditawarkan, paket yang tersedia, dan sebagainya agar sesuai dengan budget Anda)

– Fleksibilitas

(Tanyakan ketersediaan vendor untuk melakukan penyesuaian pada undangan agar mengantisipasi perubahan mendadak menjelang hari H)

4. Sesuaikan Desain dengan Tema

sesuaikan desain dengan tema acara pernikahan

Setiap undangan akan sangat bergantung pada seorang desainer di baliknya. Konsultasikan keinginan Anda dengan jelas pada desainer untuk meminimalisir kesalahan pada undangan. Agar lebih mudah, Anda mungkin bisa menunjukkan contoh undangan yang diinginkan sehingga Anda tak perlu menjelaskan terlalu banyak.

5. Sertakan Detail Informasi yang Dibutuhkan 

Selalu ada hal-hal yang penting untuk disertakan di undangan seperti nama pengantin, tanggal pernikahan, serta informasi lainnya. Jika Anda ingin menambahkan hal lain seperti dresscode dan cara menuju tempat acara, pastikan untuk menulisnya di tempat yang jelas dan terlihat oleh pembaca.

6. Siapkan Plan B untuk Antisipasi Undangan

Saat menentukan berapa banyak tamu yang akan diundang, Anda mungkin mengalami kebingungan karena jumlahnya yang tak pasti. Belum lagi, Anda mungkin saja melewatkan beberapa nama. Untuk mengantisipasinya, jika Anda menggunakan undangan cetak, beri kelebihan jumlah undangan agar tamu yang mendadak harus diundang tak ketinggalan berita tentang pernikahan Anda. 

Sudah siap untuk mengundang tamu ke hari spesial Anda? Libatkan Cipta Grafika untuk undangan yang sesuai dengan impian. Baik undangan cetak ataupun undangan digital custom, Anda bisa membuatnya di sini.