fbpx

Undangan nikah digital telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Seperti saat ini di mana banyak situs yang menawarkan undangan untuk disebarkan secara digital melalui gambar, video, atau website. Undangan ini tentu dapat dipersonalisasi dengan berbagai fitur lain sesuai dengan permintaan klien.

Di tengah pandemi seperti sekarang, penggunaan undangan digital bahkan lebih disukai. Jika Anda memutuskan untuk mengadakan acara yang mengharuskan kedatangan tamu, membuat undangan digital adalah pilihan yang tepat. 

Undangan Nikah Digital

undangan nikah digital, solusi saat pandemi

Menyesuaikan dengan keinginan setiap orang yang berbeda, ada berbagai opsi undangan digital yang bisa Anda pilih. Kalau sebelumnya undangan digital hanya berupa teks dan gambar, sekarang lebih beragam. Anda bisa membuat undangan dalam format video dengan audio ataupun dalam bentuk situs web. 

Pilihan ini bisa Anda sesuaikan dengan budget dan keinginan. Anda juga bisa membuatnya dalam dua versi seperti gambar dan video jika memungkinkan. Berikut adalah beberapa manfaat dari undangan digital untuk menjadi pertimbangan Anda:

Undangan dapat dibuat custom

membuat undangan digital mudah untuk disebarkan

Pinterest

Membuat undangan online yang kreatif dan sesuai dengan keinginan sendiri dapat membantu menambah hal yang personal di acara penting Anda. Tak seperti undangan yang dicetak, undangan digital custom bahkan masih bisa disunting dalam waktu yang dekat dengan hari undangan akan disebar. 

Anda bisa menentukan tema yang diinginkan untuk undangan mulai dari warna, foto, serta tata letak lainnya seperti bagian alamat dan kata penutup. Lebih asyiknya lagi, Anda bisa menyertakan lagu favorit atau pesan video yang interaktif dan sesuai dengan karakter Anda. 

Budget dapat disesuaikan 

Berbeda dengan undangan cetak yang mengharuskan Anda mencetak sampai ratusan bahkan ribuan, undangan digital hanya perlu satu untuk disebarkan ke banyak orang. Dengan begitu, Anda cukup menghemat biaya pengeluaran untuk undangan. 

Budget yang digunakan untuk undangan digital pun bervariasi sesuai dengan bentuknya dan pilihan fitur yang Anda inginkan ketika dibuat dalam situs web. Budget berlebih Anda dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak. 

Undangan nikah digital ramah lingkungan

membuat undangan digital minim sampah

Undangan digital bukan hanya mudah untuk dikelola dan dikirim ke tamu undangan saja, tetapi juga merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi pencemaran. Anda mungkin sering melihat undangan kertas yang berakhir di tempat sampah karena tak lagi diperlukan. Nah, undangan digital membantu Anda untuk menghindari hal tersebut. 

Bayangkan saja, Anda bisa menumpuk sampah kertas setidaknya puluhan sampai ratusan dari undangan kertas. Dengan undangan digital, tak ada sampah sama sekali. Anda jadi ikut berperan dalam mengurangi tumpukan sampah. 

Undangan digital selesai lebih cepat

Pertama, undangan digital tak perlu dibuat sampai berkali-kali untuk kemudian disebar. Kedua, untuk membuat undangan digital tak perlu melewati berbagai proses seperti desain, cetak, finishing, dan sebagainya yang dilakukan untuk undangan cetak. 

Setelah proses desain selesai, Anda hanya tinggal menunggu undangan digital selesai dibuat sesuai dengan keinginan. Setelahnya Anda pun bisa langsung menyebarkan undangan di waktu yang diinginkan seperti pagi, sore, atau bahkan malam. 

Sedang tren di tengah pandemi 

Membuat undangan nikah digital menjadi tren yang sedang digemari oleh pasangan yang akan menikah di masa pandemi. Saat ini, ada beberapa peraturan yang harus Anda patuhi ketika ingin mengadakan acara untuk mengurangi interaksi yang tak diperlukan. Nah, undangan digital menjadi sangat berguna karena Anda dapat menyebarkan undangan tanpa harus bertatap muka.

Jika Anda berencana membuat undangan dalam bentuk website, Anda dapat menambahkan link yang akan menayangkan acara pernikahan yang bisa dilihat secara online bagi tamu yang berhalangan hadir. Asyik sekali kan?