fbpx

Souvenir biasa diberikan kepada pengunjung toko, acara, atau kegiatan tertentu lainnya yang diadakan untuk berbagai kepentingan. Souvenir dapat dibagikam secara cuma-cuma atau berbayar, bergantung pada kegiatannya. Walaupun tidak begitu dianggap serius, ternyata manfaat membuat souvenir tidak bisa disepelekan lho!

Souvenir atau merchandise memiliki manfaat yang cukup signifikan untuk bisnis Anda. Karena itulah, berbagai pelaku bisnis dari yang sudah besar sampai masih pemula menggunakan souvenir untuk kegiatan promosi bisnisnya. 

Baca juga: Menyambut 2022, Buat Buku Agenda Custom  

Manfaat Membuat Souvenir yang Bisa Anda Dapatkan di Antaranya: 

1. Menambah Daya Tarik Bagi Konsumen

manfaat membuat souvenir di antaranya sebagai media promosi

Saat membuat souvenir, pastikan Anda menggunakan desain yang menarik dan mampu diingat oleh para penerima. Hal ini karena souvenir akan diterima oleh orang lain yang mungkin saja berpotensi menjadi salah satu target pasar. 

Anda harus memperhatikan hal-hal apa saja yang akan ada pada souvenir. Selain hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan seperti logo dan tagline, tak ada salahnya menggunakan gambar dan tulisan yang mampu menarik perhatian.

Menambahkan lirik lagu yang sedang ngetop atau kutipan terkenal juga mampu menjadi ide unik yang akan diingat oleh penerima souvenir Anda. Yang paling penting, tulisan atau gambar yang Anda pilih harus sesuai dan mencerminkan kegiatan yang Anda lakukan ya. 

2. Meluaskan Brand Awareness

 

Salah satu fungsi dari souvenir adalah sebagai brand awareness. Saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis, ada banyak kesempatan untuk mengundang orang baru agar mengunjungi tempat Anda. Nah, ini adalah kesempatan untuk semakin membuat orang aware pada Anda. 

Untuk menargetkan orang baru agar semakin kenal dengan Anda, pilihlah souvenir yang praktis dan memiliki kegunaan yang sudah pasti seperti tumbler. Hal ini agar orang baru yang mengenal bisnis Anda tidak membuang souvenir yang sudah diberikan dan dapat menggunakannya sesering mungkin. 

3. Sebagai Media Promosi Jangka Panjang 

Souvenir dapat berupa benda-benda yang sering dipakai setiap hari. Tidak seperti flyer atau brosur yang digunakan hanya jangka waktu tertentu, souvenir dapat Anda gunakan sampai waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, memilih souvenir yang bertahan cukup lama dan bisa selalu digunakan juga akan menghemat budget Anda.

4. Wujud Apresiasi untuk Konsumen 

manfaat membuat souvenir lainnya adalah untuk wujud apresiasi customer

Selain sebagai media promosi yang cukup ampuh, souvenir juga bisa menjadi wujud apresiasi untuk konsumen Anda lho! Dengan mendapat souvenir yang bagus dan bermanfaat, konsumen akan merasa diperlakukan spesial dan terdorong untuk berlangganan dengan Anda. Anda pun bisa memberikan souvenir yang berbeda untuk loyal customer agar semakin merasa betah.

Buat souvenir custom terbaik Anda di Cipta Grafika. Anda bisa membuat desain sesuai keinginan agar tampilan souvenir Anda lebih berkesan.