fbpx

Desain interior skandinavia ditandai dengan konsep minimalis, sederhana, dan mengedepankan fungsionalitas. Konsep scandinavian sudah ada sejak tahun 1950-an, dan tetap populer di kalangan masyarakat sampai saat ini. Karena fokus terhadap dua hal yaitu fungsionalitas dan kesederhanaan, nuansa alam banyak digunakan di rumah gaya skandinavia. 

Penggunaan bahan alam dan warna earth tone serta netral mendominasi rumah bergaya scandinavian. Karenanya, tak heran gaya ini cocok digunakan di daerah mana saja. Tak terbatas pada sebagian wana saja, Anda tetap bisa menyesuaikan dan mendekornya dengan tambahan gaya yang diinginkan. 

Hacks Mudah untuk Dekor Rumah Gaya Scandinavian 

Tambahkan Aksesoris Tekstil yang Hangat 

throw blanket sebagai ornamen wajib di rumah gaya skandinavia

Sumber: Livefreecreative

Kebanyakan rumah bergaya scandinavian di daerah asalnya terletak di tempat yang beriklim dingin dan suhunya rendah. Oleh karenanya, penggunaan tekstil yang berfungsi untuk menghangatkan akan mudah ditemukan di sini. Throw blanket atau selimut tipis yang umum diletakkan di sofa dan karpet bulu adalah salah dua contohnya. Bahan wool, mohair, serta bahan hangat lain adalah bahan yang paling sering digunakan. 

Pilih Aksen Dekorasi yang Sederhana 

pilih dekorasi rumah gaya skandinavia yang sederhana

Sumber: MyMove

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desain interior skandinavia menekankan kesederhanaan. Untuk itu, pilihlah aksen dekorasi yang tidak terlalu mencolok dan terkesan simple. Canvas print dan stiker sederhana dapat menjadi pilihan. Jika Anda ingin menambah penekanan tertentu di beberapa sudut, maka menggunakan dekorasi yang agak nyentrik pun sah-sah saja, kok. 

Gabungkan Sentuhan Kayu dan Besi 

Gaya scandinavian tidak hanya menggunakan kayu pada bagian lantai saja, tetapi pada langit-langit dan furniture juga. Nah, saat ini, ornamen kayu banyak digabungkan dengan besi untuk menghadirkan kesan clean dan tegas. Anda dapat menggunakan sentuhan besi pada lampu gantung atau letakan di pojok ruangan

Percantik dengan Tanaman dan Bunga 

Tak jauh berbeda dengan gaya dekorasi yang lainnya, penambahan tanaman juga diperlukan di bangunan bergaya skandinavia. Tanaman bukan hanya berguna untuk menghias ruangan saja, penambahan elemen hidup akan mewujudkan poin fungsionalitas pada ruangan Anda. Hal ini karena beberapa tanaman berfungsi menyaring udara pada ruangan Anda. Bermanfaat sekali, bukan? 

Fokus Pada Warna Netral 

Ada warna tertentu yang sering diasosiasikan dengan gaya skandinavia; hitam, putih, dan coklat. Fokuslah pada warna-warna ini saat memilih cat ruangan Anda. Beberapa desainer interior pun menekankan warna-warna lebih hidup yang bisa Anda gunakan seperti tosca atau fuschia. Pada dekorasi skandinavia yang biasa ditemukan, dinding, jendela, dan lantai sering diberi warna putih agar furniture dan ornamen lain lebih menonjol.

penggunaan warna netral sering ada di rumah gaya skandinavia

Buat Ruangan Anda Tetap Rapi

Salah satu kunci pada interior skandinavia adalah ruangan tak penuh sesak oleh barang. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membersihkan dan merapikan kembali saat ruangan mulai berantakan. Mantra “less is more” harus Anda ingat baik-baik jika ingin memiliki gaya rumah skandinavia.