fbpx

Sekilas wallpaper dan wall sticker seperti tidak ada bedanya. Namun, tahukah Anda bahwa jika dilihat lebih seksama, perbedaan wallpaper dan stiker cukup signifikan. Atas alasan tersebut, keduanya memiliki nama masing-masing. Simak ulasan singkat berikut untuk membantu Anda memutuskan pilihan yang terbaik dalam mendekor ruangan.

Perbedaan Wallpaper dan Stiker 

Secara singkat, keduanya dibedakan berdasarkan cara pemasangan, bahan perekat, serta media untuk merekatkannya. Dari tampilan, wallpaper dan stiker cenderung sama dan memiliki berbagai motif.

Wallpaper

perbedaan wallpaper dan stiker

Sumber: Wallpapertip

Wallpaper adalah bahan yang digunakan untuk mendekor interior ruangan baik itu untuk di dalam maupun ruang publik. Biasanya wallpaper dijual dalam bentuk gulungan dengan jenis bahan dan motif yang beragam. Motif pada wallpaper dapat dicetak melalui mesin print. 

Wallpaper bertujuan untuk membuat dinding lebih berwarna dan mengisi ruang kosong yang ada pada ruangan di rumah. Penempatan wallpaper tidak terbatas dan bisa ada di ruang mana saja seperti kamar tidur, ruang keluarga, atau dapur sekalipun.

Wallpaper dipasang dengan menggunakan lem perekat tertentu dan tahan hingga bertahun-tahun. Beberapa bahan wallpaper memiliki kemampuan untuk tahan terhadap air bahkan api sehingga mampu melindungi dinding agar tidak menghitam saat ada kebakaran. Ada juga wallpaper yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan suhu ruangan yang panas atau dingin.

Kelemahan dari wallpaper adalah harganya yang cukup mahal karena untuk memasang wallpaper dibutuhkan peralatan yang khusus. Jika wallpapernya akan diletakan di tempat yang sulit dijangkau, Anda pun harus menggunakan jasa pasang wallpaper agar hasil akhirnya bersih dan rapi. 

Kekurangan lain dari wallpaper adalah media yang bisa menjadi tempat melekatnya terbatas yaitu hanya pada dinding. Karena itulah wallpaper dijual dalam bentuk gulungan agar memudahkan ketika harus direkatkan di dinding.

Cara Memasang Wallpaper

setelah paham perbedaan wallpaper dan stiker, ikuti cara pasangnya

Sumber: hgtv

  1. Bersihkan dinding dari noda serta objek lain
  2. Ukur ketinggian dan lebar dinding yang akan dipasang wallpaper
  3. Gambar garis pada dinding 
  4. Oleskan lem perekat wallpaper
  5. Pasang perlahan dan ratakan wallpaper

Sticker

Sticker pada umumnya adalah gambar yang memiliki lem perekat di belakangnya untuk dipasang pada permukaan tertentu. Tidak jauh berbeda dengan wallpaper, sticker juga memiliki karakteristik yang hampir serupa yaitu mampu merekat kuat pada dinding. 

Tidak seperti wallpaper yang dijual dalam bentuk gulungan, sticker biasanya sudah berupa potongan dari motif tertentu. Karena sudah dalam bentuk potongan, stiker bisa diletakkan di mana saja termasuk pintu dan lemari. 

Salah satu kemudahan memasang stiker adalah Anda tidak memerlukan lem perekat khusus, hanya tinggal melepaskan gambar dari perekatnya, Anda bisa memasang stiker di mana saja. Akan tetapi, lem pada sticker tidak sekuat lem perekat yang digunakan untuk wallpaper sehingga akan mudah mengelupas setelah waktu yang cukup lama.

Karena sifatnya yang temporary atau sementara, Anda bisa memindahkan posisi sticker ke permukaan yang lain. Namun, pastikan lem perekatnya masih cukup kuat untuk menempel pada permukaan tertentu ya! 

Sekarang, Anda sudah paham beberapa perbedaan wallpaper dan stiker. Saat Anda membutuhkan keduanya dan ingin mendapat informasi yang lebih jauh, datanglah ke percetakan terdekat, seperti percetakan Cipta Grafika yang berpusat di Karawang untuk membantu Anda memutuskan yang terbaik.