fbpx

Ada berbagai jenis stiker kemasan yang masih menjadi favorit banyak orang sampai saat ini. Salah satu di antaranya adalah stiker kemasan transparan atau stiker bening. Stiker yang tembus pandang ini dapat membuat produk atau kemasan yang digunakan memiliki kesan yang ‘clean’ dan lebih rapi. 

Stiker transparan biasanya terbuat dari jenis kertas vinyl yang bening dan sifatnya tembus pandang. Walaupun transparan, ternyata stiker ini terdiri dari 2 lapisan. Pertama, lapisan plastik yang mengandung perekat, dan di baliknya adalah lapisan yang melindungi bagian perekat agar tetap kuat saat akan digunakan. Cocok untuk digunakan di berbagai kemasan termasuk di kemasan makanan dan minuman. 

Baca juga: Ini Perbedaan Wallpaper dan Stiker yang Harus Anda Tahu

Jenis stiker kemasan transparan berdasarkan perekatnya 

stiker kemasan transparan dibagi menjadi 2 jenis

Cipta Grafika

Water based adhesive

Jenis stiker ini menggunakan campuran air sebagai perekatnya atau  biasa disebut water based adhesive. Water based sticker paling banyak digunakan karena memiliki kualitas yang baik dan lebih hemat budget. Salah satu kekurangan stiker transparan water based adalah ketika sudah ditempelkan pada permukaan tertentu, saat terkena air stiker jadi mudah terlihat berembun. Pada objek yang berwarna gelap, desain stiker terlihat kurang jelas. 

Oil based adhesive 

Stiker transparan oil based menggunakan minyak sebagai perekatnya. Penggunaan air sebagai perekat dikenal kuat. Namun, meskipun tidak menggunakan air, minyak cukup kuat untuk digunakan dalam waktu lama sebelum stiker ditempelkan pada permukaan tertentu. 

Stiker transparan cocok untuk direkatkan pada permukaan kemasan yang beragam. Stiker ini akan terlihat lebih bagus saat ditempelkan pada permukaan yang bening seperti tempat minum transparan. 

Kelebihan dari Stiker Transparan 

Karena dicetak pada kertas yang tembus pandang, meskipun ditempelkan pada objek yang bermacam-macam bentuknya, stiker ini tidak akan menutup objek di belakangnya. Berbeda dengan stiker vynil biasa yang dasarnya putih dan dapat menutupi objek yang ditempel.

Stiker transparan memiliki ketahanan yang kuat, tidak mudah sobek, dan tahan terhadap air. Daya rekat stiker juga cukup kuat dan gambar mudah meresap dengan baik pada lapisan ini. 

Kekurangan Stiker Transparan 

Stiker jenis ini terlihat bagus di permukaan dengan warna tertentu seperti objek berwarna putih atau bening. Jika ditempelkan di permukaan berwarna gelap seperti hitam, abu atau lainnya, gambar pada stiker dapat terlihat sedikit kabur.

Untuk membuat stiker transparan versi Anda, serahkan pada Cipta Grafika. Dengan pengalaman puluhan tahun, kemasan bisnis Anda siap tampil lebih menarik menggunakan stiker transparan.