Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

perbedaan thermal water base

Anda perlu mengetahui tentang perbedaan dari laminasi thermal base dan water base. Hal ini penting untuk diketahui agar Anda tidak salah memilih laminasi. Nantinya akan berdampak pada hasil cetak yang tidak sesuai dengan keinginan. Ketika Anda tahu mengenai perbedaan laminasi thermal base dan water base, Anda bisa menyesuaikan budget, ketebalan, penggunaan, hingga kualitas hasil cetak. Berikut ini adalah perbedaan dari laminasi thermal base dan water base.

5 Perbedaan Laminasi Thermal Base dan Water Base

1. Berdasarkan sistem laminasi

Seperti namanya, tentunya laminasi thermal base dan laminasi water base memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari sistem lemnya. Pada sistem laminasi thermal base, plastik yang digunakan sudah memiliki lem thermal yang akan menjadi lengket dengan bantuan pemanasan saat akan ditempelkan pada media tertentu. Oleh sebab itu, pada sistem laminasi thermal ini hanya butuh satu jenis bahan saja yaitu bahan plastik laminasi thermal atau biasa juga dikenal dengan nama BOPP Thermal. 

Tidak seperti bahan laminasi thermal base yang menyatu dengan lem, pada sistem laminasi water base lem beserta plastik terpisah. Oleh karena itu, saat menggunakan laminasi water base ini perlu untuk membeli lem dan plastik secara terpisah.

Baca juga: Apa Itu Laminasi Panas dan Laminasi Dingin?

2. Biaya Produksi

Pada biaya produksi sebenarnya relatif sama antara laminasi thermal base dan laminasi water base. Untuk laminasi thermal base, biaya produksi juga bisa tergantung dari bahan plastik BOPP thermal yang dipilih. Sedangkan untuk laminasi water base, biaya produksi bisa Anda atur. Hal ini dikarenakan pada laminasi water base plastik dan lem terpisah, sehingga ketika membeli plastik dan lem tersebut harganya bisa Anda sesuaikan dari pemilihan ketebalan lem. Oleh sebab itu, harga dari laminasi water base lebih variatif dibandingkan dengan laminasi thermal base. 

3. Ketebalan Plastik

Ketebalan plastik pada laminasi thermal base dan laminasi water base tentunya berbeda juga. Plastik pada laminasi water base lebih tipis dan tidak memiliki lem karena lem dan plastik terpisah. Untuk laminasi thermal base plastik yang digunakan lebih tebal daripada plastik untuk laminasi water base. Plastik thermal base lebih tebal karena plastik dan lem menyatu. Ketebalan plastik thermal base berada di 22 micron karena adanya dua lapisan yaitu lapisan plastik dan lem. Ketebalan plastik nya sendiri berada di 10 micron sedangkan ketebalan lem thermal berada di 12 micron. Untuk ketebalan plastik laminasi water base hanya berada di 16 micron karena tidak ada lapisan lem. 

4. Perawatan Mesin

Tentunya sebuah mesin perlu adanya perawatan agar dapat memperpanjang penggunaan mesin agar kapasitas serta kualitas dari hasil mesin tetap terjaga. Untuk mesin laminasi thermal base, perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan perawatan mesin laminasi water base. Hal ini dikarenakan pada mesin laminasi water base ada sebuah bak yang digunakan untuk lem perlu dicuci setiap habis digunakan. Sedangkan untuk mesin laminasi thermal base, agar tidak mudah dan rusak dan tetap rata perawatan mesinnya cukup dengan meregangkan roll press ketika sedang tidak digunakan.

5. Mengoperasikan Mesin

Pengoperasian mesin laminasi thermal base hanya perlu memperhatikan 1 hal yaitu kekuatan roll press. sedangkan untuk mesin laminasi water base, selain memperhatikan kekuatan roll press Anda juga perlu memperhatikan tebal atau tipisnya lem. Oleh karena itu, pengoperasian mesin laminasi thermal base lebih mudah daripada pengoperasian mesin laminasi water base yang perlu memperhatikan 2 hal. 

Baca juga: Merchandise Menarik Untuk Branding!

Itu adalah lima perbedaan dari laminasi thermal base dan water base yang Anda perlu tahu. Setelah paham, Anda sudah tidak perlu kebingungan takut salah memilih antara laminasi thermal base atau water base. Tentunya kedua laminasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan cetak Anda. Anda dapat menghubungi Cipta Grafika untuk mencetak kebutuhan cetak Anda dengan menghubungi Cipta Grafika di nomor ini, atau Anda juga bisa memesan melalui website, Shopee, dan Tokopedia Cipta Grafika kapan saja dan di mana saja!

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist