fbpx

Saat mendengar kata sticker, apa yang ada dalam pikiran Anda? Beberapa orang mungkin terbayang sticker di jendela, sebagian lainnya memikirkan sticker mobil dan motor yang sering mencuri perhatian saat sedang macet-macetan. Nah, berdasarkan bentuknya, sticker yang sering kita temui terbagi ke dalam dua jenis; yaitu sticker printing dan sticker cutting. Perbedaan cutting dan printing sticker juga dapat dikenal dengan mudah. Agar semakin tahu, baca dulu artikel ini yuk!

Perbedaan Cutting dan Printing Sticker

Singkatnya, perbedaan dua sticker ini terletak di mesin pencetaknya. Sebelum mengenali perbedaannya yang lain, Anda perlu tahu terlebih dahulu pengertian dari sticker cutting dan sticker printing.

Sticker Cutting 

salah satu perbedaan cutting dan printing sticker adalah dari bentuknya

Sticker cutting adalah jenis sticker yang sudah mengalami pemotongan agar dapat memiliki bentuk tertentu yang diinginkan, seperti karakter animasi atau berupa huruf dan angka. Jenis sticker ini dibuat dengan cara dipotong melalui teknik pemotongan tertentu. Setelah desain dibuat melalui komputer, kemudian sticker akan dipotong dan untuk memotongnya, digunakan mesin cutting khusus. 

Untuk desain sticker, Anda bebas menentukan ingin gambar apa saja. Biasanya saat akan dipotong, dibuat garis dan titik halus mengelilingi desain gambar agar lebih mudah saat dipotong melalui mesin.

Harga sticker cutting terhitung lebih mahal karena membutuhkan bantuan manual untuk merapikan bagian sticker yang berantakan, namun Anda dapat langsung menggunakannya tanpa dipotong kembali. Keutamaan lainnya adalah sticker ini dapat menggunakan bahan kertas seperti scothlite sehingga warna terlihat lebih terang di tempat gelap. Lebih praktis!

Sticker Printing

Sesuai namanya, printing sticker adalah sticker yang dibuat dengan cara dicetak melalui mesin komputer dengan kertas tertentu. Jadi sticker ini masih dalam bentuk yang utuh karena tidak terpisah melalui mesin pemotongan. Harganya cukup murah jika dibandingkan dengan sticker cutting. 

Anda dapat mencetak desain dengan beragam warna, termasuk warna gradasi karena sticker printing dapat mencetak warna apa saja. Karena tidak mengalami cutting sticker terlebih dahulu, Anda harus memotong manual jika hanya ingin menempel bagian gambar yang dicetak. Namun, jika Anda tidak masalah dengan bentuk persegi dari cetakan kertasnya, Anda bisa langsung menempelkan sticker saja. 

Mana yang Lebih Baik? Sticker Cutting atau Printing?

Jawabannya terletak dari keinginan dan kebutuhan Anda sendiri. Jika Anda ingin sticker yang sudah siap tempel dalam bentuk tertentu, maka sebaiknya memilih sticker cutting karena sticker ini sudah siap pakai. Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya , Anda harus siap dengan harganya yang lebih mahal dari sticker printing.  Hal ini karena dibutuhkan tenaga manual untuk memotong dan merapikan bagian tertentu dari sticker. 

Tinggal tentukan desain sticker yang ingin dicetak dan pilih proses pencetakan yang diinginkan. Di Cipta Grafika, proses pencetakan apapun bisa dilakukan karena sudah dilengkapi dengan mesin cutting dan printing yang memadai.