Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

lomba 17 agustus

Setiap tanggal 17 di bulan Agustus diperingati sebagai hari Kemerdekaan Indonesia. Untuk memperingati hari kemerdekaan biasanya digelar perlombaan yang bisa diikuti dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.  Berikut ini adalah daftar perlombaan 17 Agustus yang bisa dijadikan referensi untuk lomba 17-an. 

lomba 17 agustus

Daftar Lomba 17 Agustus

1. Lomba Balap Karung dengan Helm

Sedikit berbeda dengan lomba balap karung yang biasanya. Lomba balap karung dengan hal ini dilakukan sambil jongkok. Seluruh badan Anda akan masuk ke dalam karung sehingga yang akan terlihat hanya bagian kepalanya saja. Selain itu, seperti namanya perlombaan ini Anda perlu memakai helm sebagai salah satu aksesoris. Anda akan memakai helm tersebut sambil melakukan balap karung jongkok hingga garis finish.

2. Lomba Karet Wajah

Perlombaan ini mengharuskan Anda untuk menggerakkan karet yang sudah dilingkari pada bagian hidung. Karet tersebut harus turun hingga leher dengan hanya menggerakkan wajah. Oleh karena itu, kadang orang-orang juga mengenal permainan ini dengan nama senam wajah.

3. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk merupakan lomba yang selalu ada dalam perlombaan 17an. Di lomba ini Anda perlu memakan kerupuk yang sudah digantung pada sebuah tali dengan tangan yang dilipat di belakang. 

4. Lomba Merias Wajah sambil Menutup Mata

Ada dua orang yang bermain setiap tim untuk lomba merias wajah dengan mata tertutup ini. Satu orang yang matanya ditutup adalah orang yang merias. Sedangkan orang yang satu lagi adalah orang yang didandani dan ia bisa memberikan arahan pada orang yang merias. 

5. Memasukkan Pensil ke Botol 

Selain lomba makan kerupuk, ada juga lomba memasukkan pensil ke botol yang tidak pernah absen dalam perlombaan 17 Agustus. Pensil yang sudah digantung dengan tali diikat pada pinggang. Lalu Anda mengarahkan pensil agar masuk ke botol dengan pinggang. Selian tidak boleh memasukkan pensil  tanpa tangan, Dan juga harus membelakangi botol sehingga Anda perlu melihat pensil masuk melalui celah kaki. 

Baca juga: Tumbler Adalah, Perbedaan, Hingga Manfaatnya!

6. Estafet Tuang Air

Permainan kelompok yang bisa dimainkan selain merias dengan mata tertutup, Anda juga bisa melakukan estafet tuang air. Jadi, jumlah peserta perlu di atas 3 orang dengan posisi berbaris memanjang ke belakang dengan memegang wadah di atas kepala. Wadah tersebut diisi air yang nantinya akan digunakan untuk estafet air dari peserta paling depan hingga belakang. Kelompok yang menang adalah kelompok yang mengumpulkan air paling banyak

7. Estafet Tepung

Jika Anda tidak ingin basah-basahan dengan bermain air, Anda bisa melakukan permainan kelompok estafet tepung. Sama seperti estafet air, semua anggota kelompok akan berbaris memanjang ke belakang dengan memegang wadah di atas kepala yang sudah diisi tepung. Peserta paling depan akan menuangkan tepung ke peserta di belakangnya tanpa menghadap ke belakang. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil memindahkan tepung paling banyak.  

8. Memukul Air

Pada lomba memukul air kamu bisa menggunakan plastik ataupun balon untuk menggantung air. Seperti namanya, Anda memukul air yang digantung dalam plastik maupun balon menggunakan sebilah kayu maupun batang pisang. Agar permainan lebih seru, mata dari orang yang memukul ditutup dengan kain. Penentuan pemenangnya adalah dari peserta pertama yang berhasil pertama kali  memukul air. Terkadang juga peserta diharuskan berjoget atau disuruh berputar dahulu sehingga akan lebih susah untuk mencari balon tersebut. 

9. Lomba Cabut Koin

Perlombaan cabut koin biasanya menggunakan buah. Buah yang digunakan pun bisa berbagai macam, misalnya buah pepaya, semangka, melon, hingga jeruk bali. Koin ditancapkan pada buah, jadi peserta akan mengambil koin dengan mulut. Agar lebih seru, biasanya buah akan dilumuri coklat atau kecap agar peserta yang berlomba akan celemotan wajahnya karena coklat atau kecap. Peserta yang menang adalah yang dapat mengumpulkan lebih banyak koin.  

10. Makan Biskuit  

Rekomendasi perlombaan 17 Agustus lainnya adalah makan biskuit tanpa menggunakan tangan. Jadi biskuit di taruh di wajah bagian atas dan harus digerakkan wajahnya agar biskuit bergerak turun hingga ke mulut. Agar biskuit tidak langsung jatuh meluncur ke bawah, maka posisi wajah agak lebih mendongak. 

Baca juga: Merchandise Menarik Untuk Branding!

11. Joget Balon

Lomba joget balon juga salah satu perlombaan yang biasanya ada di perlombaan 17 Agustusan. Perlombaan ini dilakukan secara berpasangan. Setiap pasangan akan menjepit balon di sisi wajahnya agar tidak jatuh kalau peserta akan joget mengikuti musik. Peserta yang menang dalam perlombaan ini adalah peserta yang berhasil mempertahankan balonnya tidak jatuh selama berjoget. 

12. Tebak Kata

Kalau Anda ingin permainan yang lebih modern dan berbeda dari jenis perlombaan yang biasanya dilakukan pada saat 17-an, salah satu perlombaan yang bisa Anda lakukan adalah tebak kata. Dalam lomba ini, peserta diminta untuk menebak kalimat yang diucapkan anggota kelompoknya. Hal yang membuat permainan ini lebih menarik adalah peserta har8s menggunakan earphone sehingga tidak akan mendengar kalimat yang diucapkan dengan jelas. 

13. Kelereng

Lomba lainnya yang bisa menjadi salah satu daftar lomba saat kemerdekaan adalah lomba kelereng. Selain kelereng Anda membutuhkan sendok. hal ini karena Anda akan memindahkan kelereng yang berada di atas sendok dengan menggigit sendok tersebut. Oleh karena itu, peserta harus menjaga keseimbangan agar kelereng tidak jatuh dari atas sendok saat berjalan.

14. Memasukkan Benang ke Jarum

Memasukkan jarum memang terasa gampang-gampang susah. tetapi, saat dijadikan perlombaan rasa grogi akan membuatnya lebih sulit. Lubang jarum yang kecil dan benang yang lembut dan tipis membuatnya agak sulit saat memasukkannya. Oleh karena itu, perlombaan ini membutuhkan kesabaran serta ketelitian karena ketika terburu-buru akan lebih susah masuk.

15. Mencari Koin di Tepung 

Permainan koin lainnya selain mencabutnya dari buah yang digantung dan dilumuri coklat atau kecap, ada juga perlombaan mencari koin dari tepung. Pada perlombaan ini, koin dimasukkan ke dalam tumpukan tepung pada bidang datar. Koin diambil menggunakan mulut bukan menggunakan tangan.

Baca juga: Elemen Dasar Logo: Logomark, Logotype, dan Logogram

Itu adalah daftar perlombaan 17 Agustus. Semoga bermanfaat!

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist