fbpx

Pernahkah Anda menghitung banyaknya poster iklan yang ada di sekitar Anda? Ada berapa macam, dan apa saja manfaatnya? Mudahnya, jenis-jenis poster iklan dapat dibagi sesuai dengan tujuan dan isinya. 

Promosi dengan iklan adalah kunci dalam membangun bisnis. Dan poster berisi iklan adalah salah satu alat komunikasi terbaik untuk menyampaikan pesan pada khalayak. Secara garis besar, tujuan utama dari poster iklan adalah untuk menginformasikan sesuatu, meskipun informasi ini akan terbagi lagi sesuai dengan  maksud Anda sendiri. 

Jenis-jenis Poster Iklan Menurut Tujuannya: 

Poster Informatif atau Komersial

Informasi pada poster telah dirancang untuk memberitahu kepada publik tentang acara tertentu, peluncuran produk, atau layanan baru. Poster komersial berguna untuk berbagi manfaat dari produk yang diiklankan kepada audiens. Konten yang dibuat harus menawarkan informasi yang diperlukan agar audiens tertarik dengan apa yang dipromosikan.

Poster informasi memiliki strukturnya tersendiri. Pada poster  harus terdapat pesan utama, slogan, dan gambar. Meski begitu, poster jenis ini juga bisa disajikan dengan teks saja, dan Anda perlu memperhatikan tipografi yang kontras dan jelas. 

Poster Formatif

Poster formatif tidak seperti poster informasional, tidak bertujuan untuk menjual produk atau jasa. Umumnya sering digunakan sebagai sarana untuk mengundang pembaca agar menyadari masalah tertentu.

Dalam poster jenis ini, gambar memainkan peran yang jauh lebih penting daripada teks. Gambar yang ada pada poster juga harus bisa mempengaruhi. Oleh karena itu, pesan biasanya diekspresikan tidak dalam kata-kata tetapi dengan grafik yang membangkitkan emosi dan memberikan ide yang lebih jelas untuk disampaikan. 

Jenis-jenis Poster Iklan Menurut Isinya

Poster Show

jenis-jenis poster iklan yang pertama; poster iklan

Ini adalah salah satu jenis poster yang paling sering digunakan. Poster pertunjukan memiliki beberapa jenis dan yang paling populer adalah bioskop dan konser, lalu ada pula teater dan sirkus.

Poster konser biasanya dari penyanyi atau grup musik, juga sering digunakan. Dalam kasus poster sirkus, biasanya hanya terbatas di sekitar tempat pertunjukan akan berlangsung. Begitu pula dengan poster teater yang biasanya dipajang pada situasi tertentu saja.

Poster Politik 

 poster politik termasuk ke dalam jenis-jenis poster yang bertujuan untuk mempengaruhi

Sumber: Callhub

Poster ini akan bertebaran saat terjadi konflik yang besar di waktu-waktu tertentu atau sedang dalam masa pemilu. Dari peristiwa-peristiwa inilah lahir apa yang sekarang dikenal sebagai poster politik yang kontennya memiliki pengaruh atau propaganda. 

Poster Fashion 

jenis-jenis poster selanjutnya adalah poster iklan

Sumber: Pinterest

Fashion poster adalah salah satu poster yang paling banyak digunakan saat ini. Bahan yang ada pada konten tercantum dengan sangat baik dan sering digunakan oleh merek besar di dunia mode dan toko ritel besar. Unsur utama dalam jenis poster ini adalah gambar model, logo pengiklan, serta slogan yang biasanya sangat pendek.

Poster Kecantikan dan Kesehatan

di antara jenis-jenis poster yang berhubungan dengan make up adalah poster kecantikan

Sumber: Postermywall

Poster iklan ini dicirikan oleh produk-produk kebersihan dan kecantikan seperti parfum, krim wajah, dan barang-barang lainnya. Biasanya digunakan untuk peluncuran produk baru atau sebagai promosi projek baru. 

Iklan kecantikan melalui poster biasa terbit di waktu-waktu tertentu yang menandakan promo atau hari penting. Oleh karena itu, biasanya sangat umum ditemukan pada tanggal-tanggal penting seperti tahun baru atau hari besar. 

Poster Corporate 

 

Sumber: designcrowd

Corporate poster berkaitan dengan korporasi atau perusahaan besar di berbagai sektor. Biasanya poster ini digunakan untuk mengiklankan merek secara umum. Selain itu dapat pula digunakan untuk meluncurkan beberapa jenis produk atau layanan baru. 

Poster Kampanye 

 

Sumber: News.tamansafari

Dalam poster ini, tujuan dari isinya adalah membuat pembaca paham. Poster kampanye biasanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang topik tertentu. Poster-poster ini mempromosikan tema-tema yang berkaitan dengan keselamatan, pencegahan kecelakaan, kesehatan, ekologi, dan lain-lain.