fbpx

Memilih packaging yang tepat untuk produk terkadang cukup membingungkan. Pasalnya, Anda perlu mengetahui jenis bahan yang cocok dengan produk yang Anda jual agar terjaga dengan baik. Jenis bahan kemasan pun ada banyak macamnya sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Fungsi utama dari berbagai kemasan ini tentu untuk melindungi produk. Nah, pemilihan bahan yang tepat akan memberikan fungsi lain yang akan berdampak baik bagi produk Anda. Termasuk mampu membuat produk Anda tahan lebih lama saat disimpan. 

Baca juga: Kenali Stiker Label untuk Pengiriman, Kirim-Mengirim Paket Lebih Gampang 

Berikut 3 Jenis Bahan Kemasan yang Umum Digunakan 

Bahan Kemasan Kraft

Bahan untuk kemasan yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda. Berbagai box makanan yang berwarna kecoklatan seperti sampul buku hampir dapat dipastikan terbuat dari kertas kraft. Biasanya bagian dalam dan luar kemasan akan memiliki tekstur yang sedikit berbeda. 

Kraft termasuk yang paling umum digunakan sebagai kotak makanan. Karakteristiknya lebih kuat dan tahan lama sehingga tidak mudah rusak saat digunakan. Warna coklat pada kraft terbuat dari bahan baku kayu pinus kemudian diolah menjadi bubur kertas atau pulp dan bahan kimia lainnya. 

Bahan Kemasan Ivory 

 

Jenis bahan kemasan yang selanjutnya berwarna putih pucat. Bahan ivory sudah lulus uji food grade sehingga aman digunakan untuk kemasan makanan. Bahan ivory perpaduan antara kertas matte dan art carton. Kedua sisinya memiliki finish yang berbeda, satu sisi memiliki tekstur glossy sementara sisi lainnya memiliki finish doff. Beberapa percetakan akan menawarkan berbagai finishing untuk kemasan Anda agar terlihat lebih menarik.

Harga kemasan produk berbahan dasar ivory pun beragam, bergantung pada ukuran dan ketebalan kertas. Karena ketebalannya yang bervariasi, bukan hanya makanan yang bisa dikemas dengan kardus ivory. Berbagai produk seperti skin care pun bisa menggunakan kemasan dari bahan ivory karena bisa menahan beban yang cukup berat.

Bahan Kemasan Duplex

 

Bahan duplex memiliki warna keabuan. Warna ini dihasilkan dari berbagai kertas daur ulang yang diolah kembali setelah hancur menjadi pulp. Warna keabuan ini menjadi salah satu karakteristik duplex yang paling mudah dikenal. 

Bahan duplex sering digunakan untuk membuat box makanan seperti catering. Anda juga mungkin pernah menemukan box duplex yang digunakan untuk mengemas kue-kue kering atau kue basah. Daya tahan bahan ini cukup kuat untuk menahan beban kue yang cukup berat. Harga box duplex juga beragam bergantung dengan ukuran dan ketebalan bahan yang digunakan. 

Kesemua bahan di atas sudah food grade sehingga aman untuk menjadi wadah makanan, baik itu makanan kering maupun berkuah. Bahan food grade juga tidak akan melepaskan zat yang berpotensi meracuni makanan sehingga Anda tak perlu khawatir meskipun makanan masih dalam keadaan panas. Untuk membuat kemasan yang Anda inginkan, serahkan pada Cipta Grafika yang sudah berpengalaman puluhan tahun menyediakan kebutuhan promosi dan bisnis.