Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

ciri-ciri poster

Poster menjadi media untuk menyampaikan pesan dengan ciri khasnya sendiri. Dulu, poster bisa dikoleksi dengan ditempelkan pada dinding kamar. Poster tersebut memuat gambar tokoh atau suatu barang seperti foto idola, mobil, motor, hingga kutipan inspiratif. Selain poster yang ada ditempel di kamar, ada juga yang dipasang pada ruang publik. Tidak hanya berbentuk poster cetak, saat ini poster juga bisa berbentuk digital. Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang poster, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, hingga jenis-jenis poster.

 

Pengertian Poster

Poster adalah sebuah media pengumuman atau iklan dalam bentuk gambar atau tulisan yang biasanya berisi ajakan. Sebuah poster bisa dipasang di dinding atau di ruang publik yang strategis karena sering dilalui oleh banyak orang dan memiliki permukaan yang datar. Poster juga bisa disebut sebagai karya seni desain grafis yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. 

Fungsi Poster

Poster memiliki fungsi untuk menarik pembaca terkait informasi yang ada di dalam poster tersebut. Dengan memadukan warna, gambar, serta kata menjadi menarik diharapkan pembaca dapat lebih peduli pada informasi yang disampaikan di poster. Berikut ini beberapa fungsi poster yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebagai media menyampaikan informasi
  2. Menjadi media promosi barang atau jasa
  3. Tempat untuk menuangkan kreativitas

Tujuan Poster

Tujuan dari poster adalah membuat pembaca paham dengan apa yang disampaikan di poster. Selain itu, poster bertujuan untuk mengajak, membujuk, atau menghimbau masyarakat. Berikut ini adalah tujuan dari poster.

  1. Sebagai media publikasi agar masyarakat menjadi lebih tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan 
  2. Tujuan komersil untuk memperkenalkan jasa maupun produk ke  masyarakat luas
  3. Sebagai media informasi untuk pengingat masyarakat tentang berbagai hal seperti ajakan untuk hidup sehat atau menjaga kebersihan lingkungan serta untuk tidak melakukan hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain

Baca juga: Manual Book Adalah dan Fungsinya!

Ciri-ciri Poster

Sebuah poster memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga akan lebih mudah untuk dikenali. Berikut ini adalah ciri-ciri poster yang perlu Anda ketahui.

1. Memuat visual dan tekstual

Sebuah poster dapat menghubungkan visual dan tekstual atau gambar dan tulisan. Kombinasi dari gambar dan tulisan ini harus mudah untuk dipahami oleh masyarakat. Sehingga ketika orang-orang melihat poster tersebut akan langsung paham dengan apa yang  ingin disampaikan. Gambar yang dibuat harus menarik perhatian orang karena untuk mengkomunikasikan pesan pada poster. Selain itu, pesan yang ditulis pun harus jelas dan mudah dipahami.

2. Satu Pesan

Pesan dalam sebuah poster haruslah satu agar tersampaikan dengan baik dan tidak membuat bingung pembaca. Misalnya ketika pesan yang ingin Anda sampaikan adalah tentang menjaga kebersihan, maka Anda bisa menampilkan gambar yang mendukung pesan tersebut.  

3. Berwarna

Poster memiliki perpaduan warna yang kreatif agar terlihat lebih mencolok sehingga banyak orang yang melirik ke arah poster tersebut. Warna yang dikombinasikan tentunya harus kontras dan harus saling melengkapi dan seimbang.  

4. Tulisan singkat, padat, dan jelas

Tulisan pada poster perlu jelas dan tidak terlalu panjang dan tetap padat informasi. Kejelasan dalam sebuah poster sangat penting karena agar orang-orang dapat melihat bahkan dari jauh sekalipun. Selain itu, pesan yang ingin disampaikan bisa dibuat singkat untuk mempertegas pesan yang ingin disampaikan. 

5. Ukuran

Ukuran poster disesuaikan dengan tempat pemasangannya. Hal ini membuat ukuran poster bervariasi dengan berbagai ukuran tergantung tujuan dari poster tersebut apa. Biasanya ukuran poster untuk promosi lebih besar  dari poster untuk produk di toko. 

Baca juga: Ukuran Pamflet yang Sesuai Agar Promosi Kamu Efektif!

Jenis-jenis Poster

Poster dapat disesuaikan dengan kebutuhannya, oleh karena itu poster memiliki berbagai jenis variasi. Berikut ini adalah beberapa jenis poster beserta penjelasannya. 

1. Poster Niaga

poster niaga
Poster Niaga

Sebuah poster niaga berisi informasi tentang promosi barang dan jasa. Bisa juga poster niaga berisi mengenai penawaran barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

2. Poster Layanan Masyarakat

poster layanan masyarakat
Poster Layanan Masyarakat

Berisi tentang  informasi layanan masyarakat apa saja yang ada di masyarakat. Misalnya seperti poster layanan kesehatan atau layanan pendidikan dan lain sebagainya. 

3. Poster Kegiatan

poster kegiatan
Poster Kegiatan

Seperti namanya, jenis poster ini berisi tentang informasi kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga akan lebih banyak orang-orang yang tahu mengenai kegiatan tersebut. Harapannya akan semakin banyak orang yang daftar atau mengikuti kegiatan tersebut. Misalnya seperti kegiatan jalan sehat, kerja bakti, dan lain sebagainya. 

4. Poster Pendidikan

Poster Pendidikan

Jenis poster selanjutnya adalah poster pendidikan tentunya harus berisi tentang hal-hal yang mendidik ataupun yang berhubungan dengan pendidikan kepada masyarakat.  Jenis poster ini tentunya bertujuan untuk mendidik. 

5. Poster Propaganda

poster propaganda
Poster Propaganda

Jenis poster ini memiliki tujuan untuk membangkitkan kembali semangat atau motivasi masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan bersemangat dalam menjalani kehidupan. 

6. Poster Kampanye

poster kampanye
Poster Kampanye

Pada masa pemilu, biasanya poster pemilu akan muncul dimana-mana. Tujuan dari penyebaran poster kampanye ini adalah untuk menarik simpati masyarakat sebanyak mungkin sehingga mereka akan memilih orang tersebut saat pemilu. 

7. Poster Afirmasi

Poster Afirmasi

Adanya poster afirmasi  bertujuan untuk  memotivasi pembaca dengan kata-kata yang bisa mempengaruhi pikiran mereka. 

8. Poster “Dicari”

Poster Dicari

Jenis poster ini bertujuan untuk mencari seseorang atau benda yang sedang dibutuhkan atau dicari. Misalnya ketika Anda membutuhkan pekerja baru, mencari orang hilang, mencari barang yang hilang, dan lain sebagainya.  

9. Poster “Cheesecake”

poster cheesecake
Poster “Cheesecake”

Jenis poster “cheesecake” ini bukan berarti poster yang mempromosikan makanan cheesecake, tetapi maksudnya adalah poster yang dibuat untuk menarik perhatian masyarakat. Biasanya poster ini berisi gambar orang terkenal seperti penyanyi, aktor, dan lainnya sehingga bisa menarik perhatian banyak orang. 

Baca juga: Pin/Bros/Badge Bisa Jadi Promosi Hingga Identitas!

Itu adalah pembahasan tentang poster mulai dari pengertian hingga ciri-ciri poster. Jika Anda ingin mencetak poster kampanye  pemilu, poster niaga, poster layanan masyarakat, hingga poster “cheesecake”, Anda bisa mencetaknya di Cipta Grafika dengan klik link ini atau dengan klik tombol yang ada di bawah ini, ya!

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist