Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

cetak datar adalah

Teknik cetak biasanya digunakan dalam bidang seni grafis. Salah satu teknik yang sering dipakai adalah teknik cetak datar. Seni grafis erat kaitannya dengan dunia percetakan. Berikut ini adalah penjelasan tentang teknik cetak datar mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya. 

 

Teknik Cetak Datar Adalah

Teknik cetak datar atau planografi adalah sebuah teknik cetak yang menggunakan sebuah alat dengan permukaan datar seperti papan datar atau plat datar sebagai medianya. Dalam teknik cetak datar ketinggian dari bagian yang termasuk gambar dan yang tidak termasuk gambar berada di ketinggian yang sama. Teknik cetak datar ini memanfaatkan lapisan emulsi yang akan menarik tinta dan bagian yang tidak bergambar akan menolak tinta. 

 

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Cetak Datar

Kelebihan

Tentunya dalam segala hal memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah kelebihan dari teknik cetak datar saat diaplikasikan di dunia percetakan dan grafis. 

1. Produksi Lebih Cepat

Dibandingkan dengan teknik lainya, teknik cetak datar memiliki keunggulan yaitu proses cetak serta proses pengeringannya relatif lebih singkat dibandingkan dengan metode lainnya. Oleh karena itu, proses produksi dengan teknik cetak datar seperti ini tergolong lebih cepat.  

 

Baca juga: Billboard Atau Papan Reklame? Ini Dia Pengertiannya dan Manfaatnya!

 

2. Hasil Lebih Banyak

Proses cetak hingga proses pengeringan yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan teknik cetak lainnya yang tentu saja akan membuat jumlah produksi yang dihasilkan akan lebih banyak. Selain itu, teknik cetak datar juga akan memberikan efisiensi waktu dan tenaga yang lebih baik. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi. 

 

Kekurangan

Tentunya selain kelebihan, sesuatu pasti juga memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut ini adalah kekurangan dari teknik cetak datar saat diaplikasikan di dunia percetakan dan grafis.

1. Hanya Untuk Bidang Datar

Sesuai dengan namanya yaitu teknik cetak datar, teknik ini hanya bisa diaplikasikan dengan bantuan media cetak yang memiliki permukaan datar. Oleh karena itu, teknik cetak ini bisa dikatakan tidak sefleksibel teknik cetak lain karena teknik cetak ini harus menggunakan media cetak dengan permukaan yang datar. 

 

2. Membutuhkan Presisi yang Tinggi

Tingkat presisi saat menggunakan teknik cetak datar harus tinggi. Hal ini dikarenakan hasil cetak sangat berpengaruh pada hasil cetak. Maksudnya adalah jika media cetak yang digunakan tidak presisi atau miring sedikit saja akan sangat berpengaruh pada tinta warna yang dipakai. Dengan begitu, tinta akan lebih mudah melebar yang akan membuat hasilnya menjadi tidak optimal. 

 

Baca juga: Mau Desain Sertifikat? Perlu Perhatikan 4 Hal Ini!

 

Itu adalah pengertian dari teknik cetak datar beserta dengan kelebihan dan kekurangannya. Untuk kebutuhan cetak Anda, Anda bisa melakukan pemesanan dengan mudah melalui website Cipta Grafika, Shopee, Tokopedia, atau dengan menghubungi nomor di link ini

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist