fbpx

Dengan begitu banyak periklanan yang dilakukan secara digital, bisnis di Indonesia banyak yang mulai beralih dan melupakan alat promosi cetak. Namun sebenarnya, penting untuk menyadari bahwa promosi secara cetak masih memiliki dampak yang cukup besar, seperti menggunakan banner. Hanya saja, Anda harus memperhatikan cara membuat banner yang benar. 

Bahan banner ada beragam. Banyak pelaku usaha yang memilih banner vinyl untuk mempromosikan bisnis karena lebih fleksibel. Spanduk dengan bahan vinyl dapat diletakan di berbagai tempat termasuk di bagian pintu, di pagar, dan dinding yang memungkinkan banner untuk tergantung dengan rata dan gambar terlihat jelas. Banner juga membuat iklan terlihat lebih memberikan kesan profesional, dan sangat serbaguna untuk diletakan di mana saja. 

cara membuat banner yang benar adalah memperhatikan isinya

Cipta Grafika

Namun, tak jarang saat mencetak banner ada beberapa kekurangan yang Anda dapatkan. Misalnya bahan yang cepat luntur, atau gambar yang tidak terlihat dengan jelas karena pecah. Hal ini tentu akan menghalangi iklan Anda untuk dapat terlihat oleh orang lain. Untuk menghindarinya, perhatikan beberapa hal berikut.

Berikut Cara Membuat Banner Agar Terlihat Jelas dan Efektif

Cara membuat banner yang efektif

  • Memilih ukuran yang sesuai

Yang pertama adalah memilih ukuran yang diperlukan. Anda harus menentukan tempat yang tepat untuk meletakan banner agar dapat memutuskan ukuran yang benar. Hal ini dikarenakan ukuran banner yang terlalu kecil tidak akan terlihat dan banner Anda tidak bisa menyampaikan isinya dengan baik. 

  • Pastikan desain menyampaikan pesan

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan desain yang sesuai. Desain yang sesuai maksudnya tidak terpaku pada satu karakteristik saja tetapi juga memperhatikan apakah desain tertentu cocok dengan letak penempatan banner. Gunakan grafik yang sewajarnya agar banner tidak terlihat berantakan saat dilihat dari jauh.

  • Buat tipografi yang jelas

Tulisan yang Anda buat saat mendesain banner juga perlu diperhatikan. Beberapa tulisan mungkin terlihat jelas dari dekat tetapi terlihat berjejal dari jauh. Nah, jika ukuran banner yang Anda pilih tak terlalu besar, maka usahakan tulisannya dapat terbaca dari jarak yang dilewati oleh orang lain ya.

  • Perhatikan tata letak banner

Penting untuk memperhatikan tata letak dari isi banner seperti tulisan dan gambar. Untuk tulisan, jika Anda menyertakan cukup banyak informasi maka pilih yang paling penting untuk dibaca dengan font yang lebih jelas dan ukuran yang cukup. Usahakan untuk mengurangi kalimat yang terlalu panjang dan gunakan pilihan bahasa yang ringkas agar efektif. 

  • Pilih bahan yang kuat

Untuk mencetak banner, ada banyak pilihan bahan dengan ketebalan yang berbeda. Umumnya banner menggunakan bahan flexy yang memiliki karakter variatif, seperti sedikit kasar atau halus. Pemilihan bahan akan berpengaruh pada ketahanan banner dan tulisan sehingga Anda dapat menghemat budget untuk kebutuhan alat promosi.