fbpx

Di mana pun Anda akan mempromosikan produk, toko offline atau di platform online, penampilan produk Anda sangat berpengaruh pada penjualan. Dalam hal ini, kemasan dan label kemasan produk adalah 2 hal yang akan menentukan tampilan yang ciamik.

Walaupun kemasan sering dianggap hanya sebagai tempat untuk membuat produk aman dan terlindungi, faktanya tampilan yang diperlihatkan dari sebuah produk bisa mengubah behavior pembeli dan calon pembeli. Oleh karena itu, membuat produk yang stand out dan berkesan sangat penting agar mudah diingat orang lain. 

Baca juga: 3 Jenis Bahan Kemasan yang Sering Digunakan untuk Bisnis Makanan dan Minuman

Packaging dengan Stiker Label Eye-catching

Label custom membuat produk Anda mudah dikenal dan menarik perhatian orang lain untuk mendekat. Penelitian terbaru dari Luminer.com mengenai pola perilaku customer menunjukkan bahwa sebanyak 68% persen orang merasa ‘ngeuh’ pada stiker label adalah karena bagian ini paling menonjol di tengah kemasannya. 

Untuk produk yang akan ditampilkan di rak-rak penjualan secara offline, tugas pentingnya bukan hanya dari tampilan label yang stand out, tetapi juga dari tampilan teks. Jadi Anda juga harus mempertimbangkan teks yang efektif dan dapat menarik perhatian meskipun dilihat secara singkat.

Jika produk Anda memiliki komposisi yang beragam, ada baiknya untuk mencantumkan informasi selengkap mungkin. Teks yang berisi informasi yang cukup akan berpengaruh pada pembelian lho! 

Posisikan diri Anda sebagai pembeli 

Setiap bisnis pasti memiliki valuenya tersendiri. Penting untuk memastikan setiap hal dari kemasan, label, dan lainnya merefleksikan value Anda. Sebagai contoh, jika produk Anda mendukung pola makan yang sehat dan gerakan eco-friendly, Anda bisa memilih wana-warna alam untuk label kemasan.

Anda juga bisa memilih kemasan dan label yang mewah jika produk Anda merefleksikan hal tersebut. Packaging yang baik dan menarik akan membuat orang bertanya-tanya dan penasaran di mana bisa mendapatkannya. 

Pilih warna yang merefleksikan brand Anda 

Menjaga palet warna Anda secara konsisten untuk berbagai keperluan marketing sangatlah penting. Walaupun ukurannya kecil, label yang ada pada produk Anda tetap harus bisa menyampaikan nilai penting yang Anda yakini. Agar ketika orang lain melihatnya, mereka bisa memperkirakan produk yang Anda jual seperti apa. 
label kemasan produk harus sesuai dengan value bisnis Anda

Tentukan kesan yang ingin Anda bagikan melalui stiker label 

Salah satu hal yang perlu Anda coba sebelum membuat stiker adalah meminta pendapat orang lain terhadap produk Anda. Jika produk Anda berupa makanan, apakah isinya makanan sehat, atau cemilan yang garing? Jika berupa pakaian, produk Anda mengingatkan akan suasana yang meriah atau sendu? 

Beberapa hal ini dapat membantu Anda menentukan desain stiker yang tepat agar bisa menyampaikan pesan dan kesan tertentu. Hal sama juga berlaku untuk teks yang Anda akan tampilkan. 

Jika Anda menemui kesulitan saat akan membuat stiker, tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu. Cipta Grafika siap memberikan saran dan produk terbaik untuk membantu kelancaran bisnis Anda.