fbpx

Sebagai salah satu hari besar umat Islam, perayaan Idulfitri sering diwarnai dengan saling memberikan kartu ucapan Idulfitri. Tak jarang, beberapa orang menggunakan kartu ini sebagai media untuk memberikan amplop yang sangat ditunggu oleh anak-anak. 

Di zaman digital sekarang, Anda bisa menggunakan opsi kartu ucapan digital dalam bentuk file yang dikirim melalui berbagai media. Namun, kartu ucapan Idulfitri dalam bentuk kertas masih sering digunakan oleh beberapa orang. Perusahaan pun masih sering menggunakan kartu ucapan untuk karyawan serta klien yang sudah menjadi langganan (loyal customer).

Nah, menjalin kembali silaturahim dengan kerabat menggunakan kartu ucapan yang unik bisa menjadi pilihan! 

Kartu Ucapan Idulfitri (Eid Greeting Card)

Kartu ucapan Idulfitri merupakan kartu yang umumnya diberikan pada kerabat dan keluarga besar untuk memberikan ucapan selamat karena telah menyelesaikan puasa Ramadhan dalam sebulan dan bisa sampai di hari raya. Tak ada aturan khusus mengenai isi dan konsep dari kartu ucapan Idulfitri, yang pasti adalah kartu ini berfungsi sebagai media untuk kembali menyapa dan menjalin hubungan dengan orang lain. 

Inspirasi Bentuk Kartu Ucapan Idulfitri

Standard Fold Card (Kartu Lipat Standar) 

Bentuk kartu ucapan idul fitri yang paling sering ditemukan
Sumber: Custompaper

Dari bentuknya, standar fold card memiliki lipatan yang paling dasar karena teknik lipatnya sangat mudah. Anda bisa menentukan posisi lipatan baik secara vertikal maupun horizontal sehingga kedua sisi menjadi simetris. Bentuk ini adalah yang paling banyak ditemui  dan sering dijadikan kartu ucapan (greeting cards). 

Square Fold Card (Kartu Lipat Persegi) 

Kartu berbentuk persegi
Sumber: Etsy

Hampir serupa dengan standard fold card, kartu ini dibuka dengan cara yang sama. Yang berbeda hanyalah hasil akhirnya karena berbentuk persegi. Dengan bentuk kertas yang persegi panjang, lipatan akan terletak di tengah dan menjadikan bentuk akhirnya persegi. 

Gatefold Card (Kartu Lipat Terbuka)

kartu ucapan dengan bentuk seperti pintu terbuka
Sumber: Craftstash

Bentuk yang ketiga terbuka dengan dua lipatan di tengah seperti pintu. Jika Anda ingin bentuk yang unik dan berbeda namun tetap simple, cobalah untuk membuat kartu dengan model ini. Kedua lipatan yang menyerupai pintu pun bisa dibentuk sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik.

Tri-Fold Card (Kartu Lipat Tiga)

Jika anda ingin membuat kartu dengan tulisan yang cukup padat, bentuk kartu ini bisa menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan kartu dibuka dengan membuka bagian depan yang membagi kartu menjadi tiga panel, seperti pada contoh berikut:

Dengan ruang yang lebih luas, Anda pun bisa menyertakan foto atau hiasan lain di dalamnya dengan lebih leluasa. Cara membukanya yang mirip seperti saat membaca pamflet membuat kartu bentuk ini tak biasa.

Pop Up Card (Kartu ucapan Pop Up)

Ingin membuat kartu ucapan yang lucu dan berbeda? Pop up card harus dicoba! Pasalnya, bentuk ini akan membuat kartu ucapan Anda lebih menarik dengan berbagai hiasan yang seolah muncul ketika dibuka.

Bagaimana? Sudah menentukan akan membuat kartu ucapan dengan bentuk yang mana? Pastikan untuk segera menghubungi Cipta Grafika, dan setelah selesai, kartu ucapan Anda siap mendarat di tujuan!