fbpx

Di masa sekarang, meskipun kantor sudah berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi, berbagai peralatan kantor seperti alat tulis tetap dibutuhkan dan berguna untuk menunjang keperluan kerja setiap hari. Mungkin Anda berpikir alat tulis adalah hal yang kecil, tetapi sebenarnya alat tulis dan yang lainnya sangat dibutuhkan dan mudah ditemukan di mana-mana. Meja kerja Anda, ruangan meeting, sampai di lemari kantor pasti memiliki daftar peralatan kantor ini.

Menggunakan peralatan kantor dasar dapat mempermudah tugas-tugas yang sedang dijalankan di kantor dan dapat membantu mengelompokan dokumen lebih cepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk melengkapi kantor Anda dengan berbagai peralatan kantor yang memadai.

Lantas, apa saja peralatan yang dibutuhkan? Mana saja benda yang harus diutamakan? Simak 11 peralatan yang harus ada di kantor atau meja kerja Anda berikut ini.

Bolpoin 

pulpen adalah urutan pertama yangf harus ada di daftar peralatan kantor

Ketika sedang rapat atau ada ide yang muncul secara tiba-tiba di kepala, Anda butuh segera menuangkannya pada sesuatu agar tetap ingat. Untuk Anda yang ketika bekerja tak selalu memegang handphone untuk mengetik di memo, keberadaan bolpoin di sekitar akan sangat membantu.

Bolpoin yang hanya tinggal diklik dan disertai pengait adalah pilihan yang tepat karena akan mempermudah untuk disimpan. Selain itu, Anda tak harus kehilangan tutupnya berkali-kali saat selesai digunakan. 

Notebook dan Kertas Lainnya

daftar peralatan kantor kedua yang penting adalah notebook dan kertas lainnya

Sudah ada bolpoin, selanjutnya yang dibutuhkan adalah media seperti notebook atau kertas lainnya. Beberapa catatan tempel juga sangat membantu saat anda butuh diingatkan karena Anda bisa meletakkannya di mana saja yang terjangkau mata Anda.

Spidol 

spidol harus ada dalam daftar peralatan kantor

Spidol menjadi penting saat Anda harus menjelaskan alur yang ditulis di papan tulis kepada tim Anda. Dengan permukaan yang lebih besar, spidol mampu membuat orang lain menangkap tulisan Anda dengan lebih jelas dibandingkan hanya menuliskan lewat kertas dengan bolpoin. 

Papan Tulis Putih 

papan tulis adalah peralatan kantor yang juga penting

Saat Anda memilih spidol, tentu papan tulis putih sebagai pasangannya harus ada. Baik ukuran yang kecil (portable) atau yang besar dan terpaut di dinding, papan tulis akan sangat berguna untuk diskusi kelompok.

Stabilo atau Highlighter

stabilo harus ada dalam daftar peralatan kantor Anda

Stabilo atau highlighter lainnya berguna untuk menandai hal yang penting ketika Anda sedang membaca dokumen rapat. Ia juga berguna untuk menandai poin-poin kunci ketika sedang membaca karena warnanya yang mencolok.

Tipe-X (Correction tape)

correction tape atau tipe x sebagai pelengkap pulpen yang ada dalam daftar peralatan kantor

Sumber: Edding

Bermanfaat untuk menghapus tulisan yang salah, keberadaannya akan selalu dicari-cari. Terdapat dua pilihan yaitu cair dan roll, tinggal Anda sesuaikan saja lebih suka yang mana.

Lem Kertas

Anda harus menyediakan lem di daftar peralatan kantor

Beberapa catatan kertas butuh untuk direkatkan pada media lain agar tak mudah lupa dan selalu terjaga. Nah, lem kertas akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dengan merekatkan kertas jadwal ke dinding, misalnya.

Gunting

gunting di kantor

Meskipun tidak setiap saat diperlukan, Anda mungkin akan membutuhkan gunting untuk memotong kertas, kardus, kawat, atau tali saat sedang di kantor. Gunting memudahkan urusan Anda saat memperbaiki ukuran yang dirasa terlalu besar untuk mendapat ukuran yang pas. 

Landline Phone

landline phone untuk komunikasi staff di kantor

Bagaimana cara Anda memberitahu staff lain yang berada di lokasi berbeda di kantor? Dengan telepon landline! Telepon jenis ini langsung berdering sehingga siapa saja sigap untuk menjawab. Selain itu, landline phone sudah digunakan sejak lama di lingkup perkantoran karena memudahkan komunikasi antar pekerja tanpa harus terlalu sering berpindah tempat.

Klip Kertas dan Stapler

stapler harus ada di daftar peralatan kantor

Untuk mengumpulkan dokumen menjadi satu bundel, Anda akan perlu bantuan dari stapler dan klip kertas. Keduanya akan sangat membantu saat anda harus menggabungkan berbagai dokumen penting agar tak terpisah.

Box file

box file

Membedakan berbagai dokumen adalah suatu keharusan di kantor. Agar bagian yang satu tidak terpisah dengan yang lainnya, Anda bisa mengelompokkan dokumen ke dalam box file dan membuat nama yang berbeda untuk setiap sekat. Semuanya jadi lebih teratur dan mudah saat dicari. 

Brankas

brankas sangat penting untuk kantor

Setiap kantor pasti memiliki dokumen rahasia yang aksesnya hanya terbuka bagi sebagian orang. Untuk memastikan keamanan dokumen ini, Anda harus menyimpannya di dalam brankas.

Mesin Pencacah Kertas

mesin pencacah kertas

Sumber: eezee

Beberapa dokumen penting hanya boleh dilihat oleh orang tertentu dan ketika akan dibuang, Anda harus memastikan orang lain tidak ada yang punya akses terhadap informasi yang tertera. Karena hal ini, mesin pencacah kertas menjadi pemegang peran yang krusial yang akan membantu melindungi dokumen rahasia. 

Dari tiga belas daftar peralatan kantor di atas, Anda bisa memilih dari yang paling dasar seperti kertas, bolpoin, dan stabilo sampai benda yang lebih kompleks seperti landline phone dan mesin pencacah. 

Sebenarnya ada banyak benda yang bisa Anda sediakan di kantor bergantung pada bidang yang digeluti, tinggal tentukan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa membuat list daftar peralatan kantor yang dibutuhkan dan mendapatkannya di Cipta Grafika, mulai dari alat tulis sampai brankas yang mendukung keamanan, Cipta Grafika akan membantu menentukan yang paling tepat.