Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

resolusi tahun baru

Tahun baru sering diidentikkan dengan semangat, harapan, dan resolusi baru. Semua orang sibuk menuliskan resolusinya untuk setahun ke depan. Tapi apa sebenarnya resolusi itu? Apa manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya? Simak artikel berikut ini untuk mencari tahu jawabannya.

Apa Itu Resolusi Tahun Baru?

Cipta Grafika – Secara sederhana, resolusi tahun baru adalah komitmen atau janji yang dibuat untuk diri sendiri. Tujuannya yakni sebagai pedoman untuk melakukan perubahan positif dalam hidup. Umumnya resolusi yang dibuat adalah rangkaian rencana perubahan yang disusun untuk satu tahun ke depan. Oleh karena itu, isi resolusi bisa berupa langkah-langkah atau perubahan kebiasaan kecil yang ingin dilakukan untuk mencapai pencapaian yang besar.     

Contoh Resolusi 2024

Sebenarnya tidak ada pedoman khusus seperti apa resolusi tahun baru harus dibuat. Anda bisa membuat resolusi berdasarkan personal improvement, kesehatan, keluarga, relasi atau hubungan, dan lain sebagainya.

Contoh sederhana resolusi 2024 untuk diri sendiri yakni rutin melakukan latihan fisik untuk meningkatkan kesehatan. Resolusi dalam pendidikan misalnya meningkatkan literasi dengan membaca sekian buku dalam setahun, dan sebagainya. 

Manfaat Resolusi

Sejatinya ada banyak manfaat dari membuat resolusi di awal tahun, antara lain: 

Resolusi Tahun Baru Membantu Mengarahkan Tujuan Hidup

Menulis resolusi berarti merangkai atau menyusun kembali target atau tujuan yang ingin dicapai di tahun yang baru. Dengan resolusi menunjukkan bahwa Anda memiliki target atau tujuan hidup yang jelas. Sehingga lebih termotivasi untuk mencapainya selangkah demi selangkah.

Baca juga: Hadiah Perpisahan untuk Rekan Kerja, Ini 7 Rekomendasinya!  

Meningkatkan Produktivitas

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, resolusi adalah rencana atau janji untuk melakukan perubahan positif dalam hidup. Jadi bisa disimpulkan bahwa resolusi membantu seseorang untuk meningkatkan produktivitas dalam hidupnya. Sebut saja ada seseorang yang dulunya malas membaca buku, dan karena resolusi ia menjadi kutu buku. 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Resolusi mendorong diri untuk bertanggung jawab mencapai target yang dipasang. Dengan demikian, target yang berhasil dicapai pastinya menjadi nilai positif untuk diri sendiri karena mampu berpindah dari zona nyaman. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri, sehingga mendorong diri untuk menghadapi risiko atau tantangan yang lebih besar namun dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Resolusi Sebagai Refleksi Diri

Menulis resolusi untuk satu tahun ke depan tentunya diiringi dengan merefleksikan apa yang telah dilakukan selama setahun belakangan. Maka dari itu, membuat resolusi artinya memberikan kita waktu untuk merefleksikan segala kegiatan atau momen-momen tertentu. Sehingga sedikit membantu untuk kembali menyadari sejauh apa kita telah menyimpang dari tujuan atau target yang sebenarnya ingin dicapai.

Baca juga: Butuh Buku Agenda? Kenali Dulu Jenis-jenisnya!    

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru

Jika ada pertanyaan seperti apa resolusi yang baik? Maka jawabannya adalah resolusi yang mudah untuk dicapai secara efektif. Untuk membuat resolusi yang efektif Anda bisa membuatnya berdasarkan metode SMART seperti di bawah ini: 

Specific

Ketimbang membuat target yang ambigu seperti menurunkan berat badan, lebih baik mengganti targetnya menjadi lebih spesifik. Misalnya berkomitmen menjadi lebih sehat dengan menurunkan lima kilogram berat badan. 

Measurable 

Measurable artinya terukur. Untuk itu, ketika membuat resolusi, buatlah targetnya yang jelas dan tidak digambarkan secara general. Contohnya, daripada menyebutkan “ingin kurus” lebih baik menggantinya dengan “saya ingin menurunkan lima kilogram berat badan dalam waktu tiga bulan”.

Achievable

Selanjutnya buat resolusi yang memang bisa Anda capai dan bukan hal yang sangat sulit untuk dicapai. Misalnya ketimbang ingin langsung kurus, lebih baik jika ada target turun dua kilo berat badan setiap bulannya.

Baca juga: Berapa Ukuran Standar Sebuah Buku? Cek Faktanya di Sini 

Relevant

Relevant artinya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan sampai membuat resolusi yang targetnya hanya ikut-ikutan orang lain dan belum tentu akan bermanfaat di masa depan. 

Time Bound

Terakhir, buatlah resolusi dengan target waktu atau time bound. Agar lebih mudah, Anda bisa membuat resolusi  untuk setahun ke depan dengan target waktu yang spesifik. Misalnya, tiga bulan, sebulan, enam bulan, atau langsung setahun. Ketika membuat resolusi, pertimbangkan target waktu dengan kemampuan Anda sendiri.    

Nah, kini Anda bisa membuat resolusi tahun baru 2024 dengan menuliskannya pada buku agenda, notebook, ataupun planner. Buku agenda, notebook ataupun planner tersebut bisa di-custom di Cipta Grafika dengan desain pilihan Anda. Untuk pemesanan silakan klik link ini atau tombol di bawah agar terhubung langsung dengan customer service kami. 

Tagged

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist